Kreator dari seri One Piece, Eiichiro Oda, sudah mengatakan bahwa petualangan kelompok Jerami akan segera berakhir dalam waktu kurang lebih lima tahun kedepan. Saat ini, Luffy dan kelompok Topi Jerami sendiri sudah menyelesaikan arc terpanjang di serinya yaitu Wano Country. Dan dengan selesainya arc tersebut mereka pun tengah bersiap menuju petualangan baru.

Menjadi arc terpanjang dan terlama dari seri One Piece, Wano menjadi arc yang paling epik dan paling penting. Hal ini dikarenakan skala pertempuran yang dihadirkan di ceritanya jauh lebih besar dibandingkan pertempuran puncak di Marineford. Selain skala pertempuran, berbagai informasi penting juga dihadirkan dalam arc Wano, seperti kilas balik Kozuki Oden yang memperlihatkan sejarah nama pulau Laugh Tale dan membahas tentang hal penting lainnya.

Tetapi, sepertinya pertempuran yang terjadi di Wano saat ini masih akan kalah besar dengan pertempuran yang akan datang pasca arc Wano. Hal ini diketahui berdasarkan jawaban Oda Sensei dalam kolom SBS. Menurut Penjelasan Oda Sensei, akan ada sebuah pertempuran yang jauh lebih dahsyat dan lebih mengerikan lagi yang muncul pasca arc Wano.

BACA JUGA: One Piece: Mengenal Buah Iblis Anak Shanks!

Pertempuran Pasca Arc Wano

Dalam kolom SBS Vol. 97, Oda Sensei mengatakan bahwa perang terbesar dalam sejarah One Piece akan terjadi pasca arc Wano Country. “Akan ada perkembangan dalam skala global. Sebuah cerita yang mengesankan yang belum pernah dihadirkan sebelumnya, aku akan menggambar “pertarungan/pertempuran paling luar biasa” dalam sejarah One Piece.

Sejauh ini, ada banyak pertempuran/pertarungan hebat dalam seri One Piece. Salah satu yang paling populer adalah perang puncak yang terjadi di Marineford, di mana perang tersebut melibatkan seluruh angkatan laut dan kelompok bajak laut Whitebeard, yang mana pihak angkatan laut hendak mengeksekusi mati Portgas D. Ace setelah kalah dari Blackbeard.

Selain itu, mungkin pertempuran paling luar biasa yang terjadi sejauh ini di seri One Piece adalah pertempuran epik yang terjadi 800 tahun lalu yang melibatkan 20 kerajaan berbeda, untuk menaklukan Kerajaan Kuno. Berbagai kerajaan tersebut kemudian yang menjadi cikal bakal Pemerintah Dunia. Konflik yang terjadi kemarin di Wano pun memang sangat luar biasa.

Efek dari pertempuran yang terjadi di Onigashima ini akan mempengaruhi keseimbangan dunia, apalagi ketika kedua Yonko – Big Mom dan Kaido – berhasil mereka kalahkan. Dan yang menarik adalah akhir dari pertempuran di Onigashima ini mungkin akan terhubung dengan peristiwa “pertempuran luar biasa” yang Oda Sensei janjikan sebelumnya.

BACA JUGA: One Piece: Oda Ungkap Usia Topi Jerami!

Bahkan, kata yang digunakan oleh Oda Sensei untuk menulisan “pertarungan paling luar biasa” menggunakan huruf kanji yang sama dengan apa yang sudah dia tulisan sebelumnya dalam ceritanya. Misalnya, “Kerajaan Luar Biasa” atau kerajaan Kuno. Kemudian, dalam sebuah prediksi yang Kozuki Oden tulis dalam buku catatannya, dia menyebutkan bahwa akan ada sebuah perang “luar biasa” yang akan terjadi pada masa yang akan datang, melibatkan para bajak laut generasi baru.

Prediksi Yang Akan Datang

Jadi, kalimat “pertempuran/pertarungan paling luar biasa” yang Oda Sensei sebutkan di kolom SBS bisa jadi saling terhubung satu sama lain. Bahkan, mungkin Oda Sensei sendiri sudah memberikan petunjuk terkait hal tersebut sejak 5 tahun yang lalu. Dalam chapter 801, Doflamingo sempat berbicara dengan seorang angkatan laut, dan membuat sebuah prediksi mengerikan pada masa yang akan datang.

Dengan jumlah bajak laut yang terus bertumbuh, serta berbagai kekuatan besar yang ada di dunia mulai bergerak dan mulai goyah, para kaum naga langit harus waspada dengan apa yang akan terjadi selanjutnya, yaitu “perebutan kekuasaan” atau “Throne Wars” pertempuran yang akan menjadi pertempuran paling besar dalam sejarah.

BACA JUGA: One Piece: Posisi Sanji di Topi Jerami Terancam?

Jika kemudian “perang kekuasaan” yang Oda gambarkan sebagai “pertempuran paling besar dalam sejarah di seri One Piece” memang sesuai, artinya Oda Sensei mungkin sudah menghadirkan sebuah spoiler paling besar tentang apa yang akan terjadi di manganya. Apakah hal tersebut akan terjadi? Kita nantikan saja pertarungan selanjutnya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.