Dunia dalam seri One Piece sangatlah luar biasa dan penuh dengan berbagai hal tidak terduga. Ada banyak hal-hal menarik yang juga muncul dalam serinya, seperti kru para Topi Jerami. Mereka adalah kru bajak laut utama yang muncul dalam serinya di mana Monkey D. Luffy, protagonis utama serinya, bernaung. Mereka bahkan saat ini menjadi salah satu kru terkuat di lautan.

Kru Topi Jerami berjumlah sembilan orang yaitu Nami, Usopp, Brook, Franky, Nico Robin, Sanji, Roronoa Zoro, Jinbe, dan Chopper. Mereka semua bekerja sama untuk bisa pergi ke Laugh Tale membantu Luffy mewujudkan mimpinya untuk menjadi raja bajak laut. Mereka memulai petualangan tersebut sejak dua tahun yang lalu. Namun, berapa sebenarnya usia mereka?

Usia Kru Topi Jerami

Eiichiro Oda pernah membahas mengenai usia dari para kru Topi Jerami ini di SBS Volume 4, di mana seorang fan bertanya tentang identitas dan usia kru Topi Jerami, khususnya Zoro, Nami, dan Shanks. Oda pun kemudian menjawab pertanyaan tersebut di mana menurut Oda usia dari Luffy saat itu adalah 17 tahun. Sedangkan, usia dari Nami adalah 18 tahun dan Zoro adalah 19 tahun.

Untuk usia Shanks sendiri ketika tinggal di desa Foosha adalah 27 tahun. Bagaimana dengan usia kru Topi Jerami lainnya? Usia dari Usopp sendiri saat bergabung dengan Topi Jerami adalah 17 tahun. Sedangkan, usia Sanji saat itu adalah 19 tahun. Usia Chopper adalah 15 tahun, Nico Robin 28 tahun, Franky 34 tahun, Brook 88 tahun, Jinbei 44 tahun, dan Nefertari Vivi adalah 16 tahun.

Yang perlu menjadi catatan penting adalah usia tersebut merupakan usia dari kru Topi Jerami sebelum timeskip terjadi selama dua tahun. Sekarang, usia dari kru Topi Jerami sendiri sudah bertambah dua tahun. Usia dari Luffy sekarang adalah 19 tahun, Nami 20 tahun, dan Zoro 21 tahun. Usia dari Sanji sekarang adalah 21 tahun, Chopper 17 tahun, Robin 31 tahun, Franky 36 tahun, Brook 91 tahun, Jinbe 46 tahun, dan Vivi 18 tahun.

Tidak Terpaut Usia

Namun, yang menarik adalah meskipun terdapat sosok yang lebih tua Luffy tetap menjadi yang terkuat. Bahkan, ada dua kru lainnya yang tidak kalah kuat yaitu Roronoa Zoro dan Sanji. Terlepas dari usia mereka, level kekuatan mereka pun sangat mengesankan. Hal ini bisa kita lihat dalam pertempuran di Onigashima kemarin di mana hampir semua kru bertarung menghadapi kelompok Beast.

Misalnya, kita melihat bagaimana Franky menghadapi salah satu Flying Six yaitu Sasaki. Franky sendiri adalah salah satu kru baru di Topi Jerami di mana dia bergabung di arc Water Seven. Kemudian, kita juga melihat kru paling baru yaitu Jinbe. Dia merupakan kru paling tua nomor dua setelah Brook. Dia memiliki keahlian sebagai Helmsman atau nahkoda dari kapal Sunny.

Satu hal yang juga luar biasa adalah bagaimana seluruh kru Topi Jerami memiliki hubungan yang sangat luar biasa satu sama lain. Mereka seolah sama sekali tidak memiliki jarak usia yang cukup jauh. Kita bisa melihat kedekatan antara Luffy dan yang lain dengan Jinbe. Atau bagaimana semua kru bisa melontarkan candaan yang sangat konyol dan tertawa bersama Brook yang notabene adalah kru paling tua.

Hal ini tentunya memperlihatkan bagaimana koneksi yang terjalin diantara mereka semua. Terlepas dari jarak usia yang cukup jauh, namun kebersamaan mereka tetap tidak pudar. Luffy sangat mengandalkan Franky untuk urusan kapal. Sedangkan, semua kru sangat mengandalkan Sanji untuk urusan makanan dan mengandalkan Robin untuk urusan pengetahuan. Semuanya saling melengkapi dan melindungi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.