Banyak Geeks yang mungkin tidak sadar jika dalam franchise Dragon Ball ada beberapa versi jahat dari sang protagonis utama, Goku. Dragon Ball merupakan salah satu series paling pouler sepanjang masa, yang mana dalam ceritanya memperlihatkan sosok Goku yang merupakan petarung terkuat dari bumi. Dia bertarung demi melindungi bumi dari berbagai ancaman yang ada. Namun, dalam franchise Dragon Ball ternyata ada beberapa versi jahat dari Goku yang mungkin tidak banyak diketahui fans. Siapa saja?

5Goku Black

Versi jahat dari Goku di franchise Dragon Ball yang pertama dan paling populer adalah Goku Black. Karakter ini muncul dalam series anime Dragon Ball Super. Karakternya muncul di episode ke 47 yang mana dalam ceritanya para fans dikejutkan dengan kemunculan kembali sosok Future Trunks. Kemunculannya ke timeline utama Dragon Ball adalah untuk memberi tahu jika dunia di timelinenya hancur akibat Goku versi jahat.

Pada awalnya, banyak fans menduga jika series Dragon Ball Super akan kembali menghadirkan karakter lama. Namun, fans kemudian dikejutkan dengan kemunculan karakter baru yang kemudian kita kenal dengan nama Goku Black. Sosok Goku Black sendiri sebenarnya bukan merupakan satu pribadi, melainkan hasil fusion dari dua karakter, yaitu Zamasu, yang merupakan penerus dari Supreme Kai Universe 10, dan tentunya Goku.

Namun, dalam ceritanya dijelaskan jika Zamasu sengaja mencuri tubuh Goku dari timelinenya dan kemudian melakukan fusion yang menghasilkan sosok Goku Black. Ini bukan hanya dianggap sebagai “tiruan” dari Goku, namun merupakan Goku versi jahat yang paling kuat dalam cerita Dragon Ball. Goku yang asli sendiri sangat kesulitan untuk mengalahkan Goku Black dan Super Black Kamehameha adalah salah satu kekuatan yang dia miliki.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.