Dalam series Monarch: Legacy of the Monsters para fans diperkenalkan dengan sosok Titan baru yang bisa jadi pesaing bagi Godzilla yaitu Ion Dragon. Proyek terbaru yang jadi bagian dari MonsterVerse, Monarch: Legacy of Monsters, semakin memperluas mitologi tentang para Titan yang ada di bumi. Mereka juga memperkenalkan banyak Titan baru, di mana salah satunya adalah Titan terbesar dan cukup menarik perhatian para fans yaitu Ion Dragon.

Ion Dragon Di MonsterVerse

ion dragon godzilla

Ion Dragon merupakan monster atau Titan yang diperkenalkan di series yang tayang di Apple TV+ tersebut. Monster baru dan misterius ini muncul di akhir episode 2 kemarin. Dalam ceritanya, diperlihaatkan bagaimana Bill Randa muda beserta Lee Shaw dan Dr. Keiko Miura menemukan bangkai kapal USS Lawton. Namun, ada hal menarik dari penemuan bangkai kapal itu.

Bangkai kapal USS Lawton tersebut ditemukan di tengah-tengah lembah di wilayah Filipina, ribuan kilometer dari tempat awal tenggelamnya kapal tersebut. USS Lawton sendiri sebenarnya merupakan kapal angkatan laut yang pertama kali disebutkan di film Kong: Skull Island oleh sosok Bill Randa yang sudah tua. Dalam film tersebut, Bill Randa mengaku menjadi satu-satunya anggota kapal tersebut yang selamat.

Hampir tidak banyak orang yang juga tahu tentang keberadaan USS Lawton tersebut. Bill Randa sendiri meyakini bahwa kapal USS Lawton tidak begitu saja tenggelam, melainkan hancur oleh sesuatu. Dan dia mengaku jika dia sudah menghabiskan waktu selama 30 tahun untuk membuktikan apa yang dia percaya, jika kapal tersebut tidak serta merta tenggelam atau hancur.

Banyak yang meyakini jika Godzilla adalah monster yang bertanggung jawab atas tenggelamnyaa kapal tersebut. Namun, dalam episode 2 kemarin seriesnya memberikan petunjuk besar jika monster yang dimaksud oleh Bill Randa bukanlah Godzilla melainkan Ion Dragon. Meskipun belum ada konfirmasinya, namun implikasis yang mengarah pada Ion Dragon yang sudah menyerang kapal tersebut cukup kuat.

Hal ini berdasarkan fakta jika para kru atau tentara yang jadi bagian dari USS Lawton ikut tenggelam bersama kapaalnya di mana mereka terkubur dalam keadaan “terbungkus” material organik yang dihasilkan oleh Ion Dragon. Bagaimana kemudian Ion Dragon berhasil menghancurkan para pasukan USS Lawton, serta para karakter di seriesnya, menunjukan jika monster itu merupakan ancaman besar bagi bumi dan Titan yang jahat.

Dalam episode tersebut, pada tahun 1952, Bill Randa muda nampak berusaha untuk menelusuri jejak dari Ion Dragon. Setelah Keiko bergabung, mereka pun kemudian menemukan bangkai kapal USS Lawton. Kecurigaannya pun akhirnya terbukti dalam momen ini. Setelah menghancurkan USS Lawton, Ion Dragon kemudian bersembunyi di bangkai kapal tersebut.

Karena jadi salah satu Titan baru di MonsterVerse, sejauh ini belum ada informasi lengkap mengenai sejarah dan informasi lainnya dari Ion Dragon. Namun, jika kita menarik kesimpulan dari apa yang muncul sejauh ini dalam ceritanya ada beberapa hal penting dari monster ini. Pertama, seperti halnya Godzilla, Ion Dragon adalah Titan amfibi. Dari episodenya kita melihat bagaimana Titan ini memiliki sayap.

Artinya, Ion Dragon bisa terbang di udara, berjalan di darat, serta berenang di laut. Dalam wawancara dengan Newsweek, sang sutradara sempat menjelaskan jika tim produksi mendapatkan tugas untuk menciptakan Titan baru yang terinspirasi dari naga. Dan berdasarkan skripnya, Ion Dragon diadaptasi dari naga yang memiliki tubuh besar sehingga mampu menghancurkan kapal besar dengan mudah.

Ke Halaman 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.