10Kemunculan Mutan dan Spider-Man

Adegan dihapus yang bisa mengubah MCU pertama adalah adegan yang bisa memperkenalkan para mutan dan Spider-Man di awal MCU. Sebenarnya, jika adegan yang dihapus di film Iron Man pada tahun 2008 tayang dalam versi theatrical maka petunjuk dari kemunculan Spider-Man dan X-Men di MCU bisa muncul lebih awal selain juga menjadi petunjuk kemunculan Avengers.

Dalam versi extended cut post-credit scene yang menghadirkan sosok Nick Fury, dia sempat menyebutkan “radioactive bug bites” atau “gigitan serangga radioaktif” dan “assorted mutants” atau “berbagai macam mutan.” Dua hal itu mereferensikan sosok Spider-Man dan juga tim X-Men. Namun, yang terjadi adalah justru kita harus menunggu hingga 2016 untuk memperkenalkan Spider-Man.

Spider-Man muncul dalam film Captain America: Civil War. Sedangkan, kemunculan dari para mutan sendiri masih jadi misteri. Yang menarik adalah dalam series Ms. Marvel sempat diungkap jika Kamala Khan adalah Inhumans. Meskipun begitu, series ini dan beberapa proyek MCU lainnya saat ini sudah mulai menghadirkan referensi mengenai kemunculan mutan.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.