Batman merupakan salah satu karakter superhero yang sangat populer seperti halnya Superman. Kepopuleran inilah yang kemudian membuat banyak pihak berusaha untuk menghadirkan alur cerita Batman keluar dari komik, seperti medium film. Namun pada akhirnya berbagai rencana film tersebut gagal dibuat. Apa saja? Mari kita simak berbagai film Batman yang gagal diproduksi.

7Return of The Batman

Seperti yang disebutkan di atas, semenjak kemunculan karakter Batman di TV series yang dibintangi oleh Adam West banyak orang menganggap jika Batman bukan karakter yang cocok atau pantas untuk dihadirkan dalam sebuah film layar lebar. Inilah yang kemudian membuat Michael Uslan membuat sebuah skrip film yang berjudul Return Of The Batman yang direncanakan rilis pada akhir 1970an.

Menurut informasinya, naskah yang dibuat oleh Michael Uslan tersebut sebenarnya dibuat tidak dengan maksud untuk menghadirkan sebuah film layar lebar penuh seperti sekarang. Naskah skrip tersebut dihadirkan sebagai bukti jika Batman bisa jadi karakter yang muncul di film layar lebar. Naskah skrip ini yang kemudian jadi kunci untuk mengawali berbagai proyek film Batman hingga era sekarang.

Karena di era tersebut Batman masih lekat dengan citra sosok Adam West, sehingga pihak Hollywood tidak tertarik untuk mewujudkan konsep atau ide dari naskah yang sudah dibuat oleh Uslan. Bahkan, menurutnya, pihak Hollywood melihat sosok batman sebagai sosok karakter yang konyol seperti yang dihadirkan dalam cerita komik klasik. Untungnya, Tim Burton kemudian menggunakan konsep naskah ini untuk melahirkan film Batman di tahun 1989.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.