Salah satu fakta yang jarang diketahui oleh para fans adalah sebenarnya ada banyak lokasi dari Batcave milik Batman. Sejak pertama kali muncul dalam cerita Detective Comics dan kemudian muncul di seriesnya sendiri, Batman terkenal memiliki markas pribadinya yang bernama Batcave. Umumnya orang mengetahui Batcave terletak di bawah Wayne Manor di kota Gotham. Namun, sebenarnya, terdapat beberapa lokasi Batcave lainnya yang jarang diketahui. Di mana saja?

9Flying Batcave

Lokasi Batcave yang jarang diketahui pertama adalah di atas pesawat. Pada era kemunculan awal Batman di tahun 1940an, DC Comics banyak menghadirkan berbagai eksperimen terhadap karakternya. Salah satunya adalah dengan menghadirkan berbagai peralatan atau gadget canggih bagi Batman, yang kemudian jadi landasan karakternya bahkan hingga sekarang.

Salah satu hal yang DC Comics perkenalkan di awal kemunculan Batman adalah Flying Batcave atau Batcave melayang. Batcave melayang ini sendiri muncul dalam komik Detective Comics #186 di mana ketika Batman dan Robin diceritakan tidak boleh lagi menginjakan kaki di kota Gotham, mereka pun memiliki solusi untuk terbang di atasnya. Inilah alasan Batman untuk kemudian menciptakan Batcave terbang.

Sesuai namanya, Batcave terbang ini menjadi miniatur dari Batcave yang kita ketahui selama ini. Fasilitas yang ada di dalam Batcave Melayang tersebut juga bisa dibilang sangat lengkap di mana terdapat ruang analisis, tempat penyimpanan mini Batmobile, dan sebagainya. Meskipun begitu, Flying Batcave atau Batcave melayang ini memiliki bentuk yang aneh cenderung mirip pesawat alien.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.