Batman merupakan salah satu karakter superhero yang sangat populer seperti halnya Superman. Kepopuleran inilah yang kemudian membuat banyak pihak berusaha untuk menghadirkan alur cerita Batman keluar dari komik, seperti medium film. Namun pada akhirnya berbagai rencana film tersebut gagal dibuat. Apa saja? Mari kita simak berbagai film Batman yang gagal diproduksi.

6The Batman

Pasca mendapatkan penolakan dari berbagai studio di Hollywood, Michael Uslan sebenarnya sempat membuat perusahaan filmnya sendiri yaitu BatFilm Productions. Dia bahkan membeli hak cipta pembuatan film dari Batman, yang mana cukup beresiko pada saat itu. Mereka kemudian menyewa jasa penulis James Bond dan Superman, Tony Mankiewicz, untuk membuat cerita film The Batman di tahun 1983.

Rencana dari Tony terhadap film ini sebenarnya sederhana, yaitu menggabungkan elemen kesuksesan dalam film Superman dengan elemen yang kelam, gelap, dan realistis dari James Bond. Filmnya diumumkan di akhir 1983 dengan jadwal perilisan pada pertengahan 1985 dengan ongkos produksi sebesar 20 juta Dollar Amerika. Para cast dari film ini memang sempat jadi sorotan.

Karakter Batman diperankan olek aktor yang tidak dikenal. David Niven berperan sebagai Alfred, William Holden sebagai Jim Gordon, dan David Bowie sebagai The Joker. Pasca kesuksesan Ghostbusters, Ivan Reitman sempat ditunjuk untuk menjadi sutradara dan menunjuk Bill Murray untuk berperan sebagai Batman. Sayangnya, skrip yang dibuat film ini memiliki masalah dan Reitman memutuskan untuk pergi dari proyek ini. Naskahnya sempat ditulis ulang sebanyak sembilan kali oleh sembilan penulis berbeda, sebelum kemudian akhirnya berhasil dikerjakan oleh Tim Burton.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.