Meskipun adaptasi anime dalam versi live action bukan sebuah pekerjaan mudah, namun ada beberapa judul anime yang dirasa perlu untuk dibuat versi live actionnya. Melakukan adaptasi cerita anime dalam versi live action memang sudah dilakukan sejak beberapa dekade belakangan. Namun, dalam beberapa tahun belakangan adaptasi live action anime mulai banyak bermunculan.

Contohnya adalah Ruruouni Kenshin, Cowboy Bebop, Bleach, Death Note, dan masih banyak lainnya. Menghadirkan cerita live action anime memang bukan hal yang mudah karena, sering kali banyak reaksi negatif yang membuat proyek live action tersebut akhirnya gagal di pasaran. Namun, ada beberapa judul anime yang menarik jika dirasa perlu untuk dibuatkan versi live actionnya. Apa saja?

Blue Lock

Sepak bola merupakan sebuah olahraga yang sangat digemari di hampir seluruh dunia. Selain itu, cerita fiksi dengan tema survival sering kali mendapatkan respon yang positif seperti Squid Game. Blue Lock menggabungkan dua hal tersebut yang mana rasanya perlu jika anime ini dibuat dalam versi live actionnya. Jika ini terjadi, maka film atau seriesnya akan menghadirkan sesuatu yang unik.

Blue Lock sendiri menceritakan tentang sebuah program pemerintah Jepang untuk mempersiapkan tim sepak bola dalam menghadapi piala dunia yang akan datang. Seorang pelatih mempresentasikan sebuah program baru dan unik untuk menciptakan para pemain bola yang bermental menyerang. Banyak drama dan hal-hal unik yang tentunya akan menarik jika dihadirkan dalam versi live action.

Akira

Akira adalah salah satu anime klasik yang memperkenalkan industri anime ke para penggemar di luar Jepang, terutama wilayah Amerika. Akira sendiri merupakan film yang rilis pada 1988 dan diadaptasi dari manga karya Katsuhiro Otomo. Filmnya sendiri berfokus di sebuah dunia masa depan, di mana Tetsuo Shima dianggap sebagai ancaman besar berkat kemampuan telekinesis yang dia miliki.

Kemampuan telekinsesis Tetsuo dianggap sangat mirip dengan Akira, seorang ahli telekenisesis atau esper yang pernah menghancurkan Tokyo. Tetsuo pun kemudian diincar nyawanya oleh pihak pemerintah untuk mencegah kehancuran tersebut terjadi. Meskipun sudah lebih dari dua dekade, cerita Akira dianggap masih bisa sesuai dengan keadaan sekarang. Taika Waititi sempat akan menggarap proyek live action Akira, namun pada akhirnya batal.

Gundam

Gundam merupakan salah satu franchise populer yang sudah menjadi wajah dari industri anime Jepang. Dan faktanya, anime bergenre mecha sendiri sudah ada sejak era 1980an di Jepang. Meskipun begitu, Gundam tetap dianggap menjadi salah satu cerita yang mempopulerkan anime dan genre mecha. Franchise Gundam sendiri merupakan salah satu yang terbesar.

Dengan popularitas yang sangat luar biasa dari Gundam serta banyaknya peminat dari genre mecha, rasanya Gundam jadi salah satu anime yang perlu untuk dibuat versi live actionnya. Meskipun begitu, proyek adaptasi live action ini jelas akan memerlukan dana atau ongkos produksi yang besar. Dana tersebut sebagian besar akan dihabiskan untuk proses akhir dengan menghadirkan CGI untuk menghadirkan berbagai momen pertarungan mecha dan beberapa hal lain.

Black Lagoon

Black Lagoon merupakan salah satu anime yang unik karena, series ini terinspirasi dari berbagai film yang diproduksi oleh Quentin Tarantino dan juga John Woo. Quentin Tarantino menginspirasi berbagai hal-hal berbau kekerasan yang muncul dalam ceritanya, sementara John Woo menginspirasi banyaknya adegan aksi dan senjata yang muncul dalam ceritanya.

anime live action

Black Lagoon sendiri berkisah tentang seorang pebisnis yang tergabung dengan kelompok pembajak, pembunuh bayaran, dan penyelundup. Pria tersebut justru berubah menjadi brutal dan menjadi bagian dari mereka. Black Lagoon memiliki berbagai hal untuk diadaptasi dalam versi live action terutama untuk genre aksi. Dengan animenya yang terinspirasi dari berbagai film Hollywood tentunya akan jauh lebih mudah untuk diadaptasi dalam versi live action dibandingkan beberapa judul anime lainnya.

One-Punch Man

One-Punch Man menghadirkan hal yang juga unik dari kebanyakan cerita anime. Saitama merupakan sosok pahlawan yang bisa menghancurkan musuhnya atau apa pun hanya dengan satu kali pukulan. Berbagai serangan yang mengarah kepadanya hampir tidak pernah ada yang berhasil melukainya. ONE sengaja menciptakan karakter Saitama sebagai bentuk olok-olok dari berbagai karakter utama dalam anime genre Shonen.

anime live action

Adaptasi live action One-Punch Man dirasa akan sangat menarik dan unik, karena akan menghadirkan sesuatu yang baru. Yang mungkin akan sulit untuk dilakukan adalah mencari aktor yang bisa memerankan Saitama, di mana aktor tersebut perlu untuk menahan emosi wajahnya agar bisa terus terlihat datar seperti Saitama. Dan yang menarik adalah banyak fans yang juga berharap jika akan ada film dari One-Punch Man dalam versi live action.

Vinland Saga

Viking merupakan salah satu series yang cukup populer saat ini. Vinland Saga memiliki elemen yang sama engan Viking. Meskipun begitu, tentunya premis cerita dari kedua acara ini sangat berbeda. Vinland Saga sendiri merupakan anime yang berfokus pada sosok Thorfinn yang berusaha untuk membalas dendam kematian sang ayah. Namun, dia justru “terjebak” dalam berbagai petualangan yang ada.

anime live action

Thorfinn sendiri merupakan salah satu anggota dari bangsa Viking. Anime bertema Nordik ini banyak menghadirkan referensi sejarah, yang mana hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kemudian Vinland Saga perlu untuk dibuat versi live actionnya. Dan anime bertema sejarah apalagi dengan elemen Nordik dan Vikin tentunya akan mampu menarik minat para fans.

Spy X Family

Spy x Family merupakan salah satu anime baru yang berhasil merebut perhatian para fans. Popularitas dari anime ini benar-benar sangat luar biasa, di mana tidak butuh waktu lama bagi animenya untuk bisa populer di luar Jepang. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok karakter bernama Loid Forger yang membangun sebuah keluarga palsu untuk menyelesaikan misi besarnya.

anime live action

Spy X Family memiliki keunikan dari sisi setting waktu, di mana series ini menghadirkan momen perang dingin antara Jerman Barat dan Timur. Selain Loid, Anya dan juga Yor Forger serta Bond akan menjadi daya tarik tersendiri bagi film ini. Film bertema mata-mata tentunya bukan sebuah hal baru di industri film dan TV, sehingga tentu tidak akan terlalu sulit untuk mengadaptasi alur ceritanya dalam versi live action.

Beberapa anime dianggap memiliki kualitas cerita atau elemen lainnya yang dianggap pas untuk dibuat dalam versi live action. Dan berbagai judul di atas adalah contohnya. Anime-anime tersebut perlu untuk diangkat menjadi live action berkat karakter yang menarik dan juga premis yang unik. Sebagian dari proyek ini ada yang sudah sempat direncanakan untuk dibuat meskipun akhirnya harus gagal.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.