Politik merupakan sebuah tema cerita yang jarang muncul dalam series anime, namun ada beberapa rekomendasi yang bertema tentang politik. Dengan kerumitan dan berbagai intrik mengerikan dalam dunia politik, tidak jarang hal tersebut jarang muncul di sebuah cerita anime. Meskipun begitu, bukan berarti sama sekali tidak ada judul anime yang menghadirkan tema cerita tentang politik. Berikut adalah rekomendasi anime bertema politik.

9Moribito: Guardian Of The Spirit

Rekomendasi anime bertema politik yang pertama adalah Moribito: Guardian Of The Spirit. Anime ini pertama kali rilis pada 2007 silam dan berfokus pada sosok karakter bernama Balsa. Dia merupakan seorang bodyguard yang mempersenjatai dirinya dengan sebuah tombak. Balsa sendiri berusaha untuk mencari delapan orang untuk dia selamatkan nyawanya dari berbagai bahaya.

Hal tersebut Balsa lakukan sebagai bentuk penebusan dosa akibat sudah menghabisi delapan orang pada masa lalunya ketika dia masih menjadi seorang petarung. Balsa kemudian bertemu dengan sosok Pangeran Chagum, yang berhasil selamat dari berbagai upaya pembunuhan, termasuk oleh ayahnya sendiri. Ibu dari Chagum akhirnya berhasil meyakinkan Balsa untuk mau melindungi anaknya.

Series Moribito: Guardian of the Spirit cukup banyak mendapatkan ulasan yang positif di mana banyak orang yang beranggapan bahwa ini adalah anime yang hampir mendekati kenyataan. Seriesnya pun berhasil membangun dunia yang apik secara baik dan tepat. Para penontonnya akan disuguhkan dengan cerita yang menarik sambil belajar tentang sistem politik, motivasi, dan hal menarik lainnya. Meskipun begitu, series ini banyak mendapatkan kritik karena dianggap terlalu membosankan.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.