Salah satu pertanyaan besar yang mungkin muncul di benak banyak Geeks semua adalah dimana timeline film The Marvels di MCU. The Marvels menjadi film sekuel dari Captain Marvels yang rilis pada 2019 kemarin. Ini juga menjadi film selanjutnya yang rilis pada Phase 5 MCU yang sedang berjalan saat ini. Kisahnya sendiri masih akan berfokus pada sosok Carol Danvers.

Namun, kali ini, Carol Danvers tidak akan sendirian. Dia akan ditemani oleh dua karakter lainnya yaitu Monica Rambeau dan juga Kamala Khan. Mereka akan bekerja sama menghadapi ancaman kosmik lainnya. Hal ini tentunya membuat Geeks penasaran mengenai dimana sebenarnya timeline dari film The Marvels di MCU.

Setting Waktu The Marvels di MCU

Pasca apa yang terjadi di film Avengers: Endgame, timeline di MCU pun memang menjadi sedikit rumit. Banyak fans yang bingung dimana timeline cerita dari sebuah film atau series berlangsung. Hal ini juga yang mungkin jadi pertanyaan besar sebagian Geeks yang penasaran dengan timeline film The Marvels di MCU.

Besar kemungkinan jika Timeline The Marvels adalah pasca series Ms. Marvel yang tayang pada 2022 kemarin. Dalam post-credit scene episode terakhir seriesnya, diperlihatkan bagaimana Carol Danvers bertukar tempat dengan Kamala Khan. Di mana posisi Kamala Khan sendiri tidak diketahui. Namun, dalam trailer resmi film The Marvels kita melihat bagaimana Carol sudah bertemu dengan Kamala Khan bahkan Monica Rambeau.

timeline the marvels mcu

Artinya, Carol Danvers akan berusaha mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Ada hal menarik yang muncul dari film The Marvels ini, di mana kemungkinan akan ada jeda waktu yang muncul. Hal ini terbukti dari perubahan penampilan dari Carol Danvers. Ketika Carol muncul di kamar Kamala Khan, rambut dari Carol Danvers jauh lebih pendek dari sebelumnya. Geeks bisa membandingkannya antara trailer perdana dengan trailer kedua.

Yang juga paling mencolok dari perbedaanya adalah kostum yang Carol gunakan. Sebelum film The Marvels sosok Carol Danvers mengenakan kostum Captain Marvel yang muncul di film solonya dan juga film Avengers: Endgame. Namun, di film The Marvels ini diperlihatkan bagaimana kostum Carol Danvers mengalami perubahan mirip seperti yang muncul dalam cerita komiknya.

The Marvels Pasca Secret Invasion

Pertanyaan selanjutnya kemudian adalah dengan berjalannya Secret Invasion saat ini, apakah timeline dari The Marvels sebelum atau sesudah Secret Invasion? Dalam dua trailer resmi dari film The Marvels diperlihatkan bagaimana adanya keterlibatan atau kemunculan Nick Fury dalam film tersebut. Dan jika Geeks perhatikan, penampilan dari Nick Fury sendiri sama seperti sebelumnya.

Jadi, apakah timeline dari The Marvels sebelum atau sesudah Secret Invasion? Jawabannya adalah sesudah series Secret Invasion. Ada beberapa hal yang mendukung teori ini. Pertama, penampilan dari Nick Fury. Dalam series Secret Invasion diperlihatkan bagaimana Nick Fury tidak mengenakan penutup mata yang jadi ciri khasnya. Baru kemudian di episode kelima kemarin kita melihat Nick kembali menggunakan setelan yang jadi ciri khasnya, termasuk penutup mata.

Kedua, Nick Fury sendiri sering menggaungkan kalimat “one last fight” atau “pertarungan terakhir.” Kemungkinan Nick Fury mencoba untuk menyelesaikan masa lalunya dengan para Skrulls. Dan di series Secret Invasion sendiri diperlihatkan bagaimana kini Nick Fury sudah tidak memiliki apa-apa lagi, artinya dia sudah tidak memiliki tujuan untuk tetap berada di bumi. Karena itulah, dia kemudian memutuskan untuk tetap berada di stasiun ruang angkasa S.A.B.E.R. yang dia bangun.

timeline the marvels mcu

Petunjuk ketiga adalah berbagai sesi tanya jawab sebelum series Secret Invasion tayang. Dalam wawancaranya dengan Empire Magazine, Samuel L. Jackson sempat mengatakan bahwa ada koneksi kuat antara Secret Invasion dan juga The Marvels. “Series ini (Secret Invasion) harus muncul sehingga The Marvels bisa muncul. Semua hal yang ada saling terhubung satu sama lain dengan cara yag menarik.

Dan berdasarkan laporan dari Entertainment Weekly, film The Marvels, yang menghadirkan Samuel L. Jackson sebagai Nick Fury, merupakan cerita lanjutan dari Avengers: Endgame, WandaVision, Ms. Marvel, dan Secret Invasion. Jadi, bisa disimpulkan jika The Marvels memiliki timeline pasca Secret Invasion di mana filmnya bersetting setelah Nick Fury menyelesaikan permasalahannya dengan Gravik dan para Skrulls lainnya. Film The Marvels sendiri akan rilis pada 10 November 2023 mendatang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.