Kemunculan sosok Wolverine dalam proyek film MCU Deadpool 3 memang banyak menghebohkan para fans dan kemungkinan karakternya berasal dari Earth-838. Aktor Hugh Jackman akan kembali memerankan karakter Wolverine setelah sebelumnya dia menyatakan pensiun dari karakternya. Kabar ini muncul pada tahun lalu, yang mana langsung membuat heboh para fans yang menganggap sudah tidak ada lagi kesempatan melihat sosok Wolverine.

Hugh Jackman akan kembali memerankan Wolverine dalam proyek film Deadpool 3. Ini merupakan proyek film pertama yang Marvel Studios hadirkan pasca akuisisi Fox. Proses produksinya sendiri sudah dimulai ditengah gelombang protes dan mogok kerja para penulis. Dan yang menarik adalah ada kemungkinan jika sosok Wolverine di film Deadpool 3 di MCU berasal dari Earth-838.

Berbagai Petunjuk Yang Ada

Kemunculan sosok Wolverine di film Deadpool 3 tentunya menjadi daya tarik sendiri bagi para fans untuk filmnya. Mereka tentunya sangat ingin melihat penampilan Wolverine yang berbeda antara versi MCU dan Fox. Namun, Geeks juga mungkin banyak yang bertanya bagaimana kemudian Wolverine – dan Deadpool – bisa bertemu? Dari mana kemudian asal Wolverine tersebut? Dan mengapa kemudian mereka bisa ada di universe tersebut?

Pertunjuk pertama mengenai hal ini tentunya ada di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Ketika Strange berusaha untuk kemudian menghentikan Wanda yang berusaha untuk mewujudkan realita yang dia inginkan, dia justru “tersesat” pergi ke universe lain yaitu Earth-838. Seperti dalam filmnya, Earth-838 memiliki perbedaan kontras di mana contohnya mereka memiliki Illuminati yang menjaga universe tersebut.

Di sana kita melihat Professor Xavier, Black Bolt, Captain Carter, Karl Mordo, Reed Richards, dan Captain Marvel. Wanda sendiri hampir menghabisi semua Illuminati kecuali Mordo. Petunjuk kedua ada di wawancara Hugh Jackman beberapa waktu lalu. Ketika dia berada di Paris, dia diwawancara dan menyebutkan bahwa dia akan memerankan dua karakter Wolverine yang berbeda.

wolverine mcu earth-838

Dia juga mengatakan jika kostum yang dikenakan sangat familiar dan menarik. Ketika kemudian ditanya bagaimana kemudian Wolverine bisa berada di MCU, Hugh Jackman sendiri mengatakan bahwa ini adalah “comic book thing” atau “hal buku komik” di mana ada perbedaan realita atau universe. Petunjuk ketiga kabar bahwa Elizabeth Olsen akan kembali memerankan Scarlet Witch untuk Deadpool 3.

Dan menurut laporannya pun sosok Scarlet Witch yang muncul nanti bukan berasal dari Earth-616 melainkan Earth-838. Dan bukti terakhir yang paling baru adalah munculnya gambar bocoran yang memperlihatkan Jackman dan Ryan Reynolds berada di lokasi shooting. Mereka mengenakan pakaian Deadpool dan Wolverine. Dan yang menarik adalah Wolverine mengenakan kostum yang jadi ciri khasnya.

Bukan Dari Logan

Sebelumnya, banyak fans yang menduga jika karakter Wolverine yang akan muncul di MCU adalah sosok karakter Wolverine yang berasal dari film Logan. Ini adalah film dari franchise X-Men yang menjadi film terakhir Hugh Jackman dalam memerankan karakter Wolverine. Spekulasi bahwa Wolverine yang muncul di di MCU berasal dari film Logan sebenarnya cukup masuk akal.

Hal ini karena Logan adalah film terakhir yang menampilkan Wolverine, sehingga film tersebut tentunya menjadi titik awal lagi bagi karakternya. Meskipun begitu, kecil kemungkinan spekulasi ini terjadi. Petunjuk pertama, dalam film Logan setting ceritanya sendiri adalah sebuah dunia yang tidak ada lagi mutan. Sedangkan, di film Doctor Strange 2 kita melihat ada karakter Black Bolt yang merupakan seorang Inhumans.

Di sisi lain, film Deadpool 3 dikabarkan juga akan menghadirkan beberapa karakter X-Men seperti Storm, Cyclops, dan Jean Grey. Artinya, para mutan tersebut masih ada. Kedua, usia Wolverine dalam film Logan sudah sangat tua. Sedangkan, berdasarkan foto bocoran yang beredar kemarin memperlihatkan sosok Wolverine yang lebih muda dan mirip dengan versi komiknya.

Wolverine Mungkin Anggota Avengers

Apakah kemudian Wolverine merupakan seorang anggota Avengers di Earth-838? Sejauh ini, tidak ada informasi mengenai hal tersebut. Belum ada laporan apakah Wolverine merupakan bagian dari tim pahlawan tersebut. Spelulasi ini wajar mengingat Wolverine memang pernah bergabung dengan tim pahlawan tersebut di komiknya. Hugh Jackman juga pernah mengatakan bahwa dia ingin bertarung bersama Avengers sebagai Wolverine.

wolverine mcu earth-838

Namun, berdasarkan petunjuk yang ada kemungkinan Earth-838 tidak memiliki tim Avengers. Meskipun begitu, mereka memiliki tim pahlawan lain seperti Illuminati atau bahkan X-Men. Mengapa demikian? Jelas petunjuknya adalah bagaimana Wolverine bukan jadi satu-satunya tim X-Men yang akan muncul. Artinya, Earth-838 memiliki tim pelindung bumi mereka sendiri yang akan kita lihat nanti di film Deadpool 3.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.