Jarang orang ketahui jika ada beberapa judul komik yang ternyata dibuat oleh para selebritis Hollywood bahkan musisi. Geeks mungkin lebih banyak mengenal jika judul-judul epik komik, baik DC atau pun Marvel, memang dibuat oleh nama-nama yang sudah lama berkecimpung di bidangnya. Contohnya Stan Lee, Jim Lee, Grant Morrison dan masih banyak lainnya.

Mereka memang memiliki spesialisasi dalam pembuatan alur cerita komik atau para karakternya. Namun, jarang orang-orang ketahui jika para selebritis di Hollywood juga ternyata bisa membuat atau menulis cerita komik. Bahkan, adaa beberapa judul komik yang memang dibuat oleh para selebritis. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

Occult Crimes Taskforce

Nama dari Rosario Dawson mungkin memang banyak dikenal sebagai aktris yang sering berperan sebagai karakter komik. Yang paling populer dan paling baru adalah bagaimana dia berperan sebagai salah satu Jedi populer, Ahsoka Tano. dalam series The Mandalorian. Salah satu alasan mengapa kemudian Rosario Dawson banyak memerankan karakter buku komik adalah karena dia juga merupakan penggemar komik.

Yang luar biasa adalah ternyata selain juga senang memerankan karakter komik dan membaca komik, Rosario Dawson pun ternyata pernah membuat sebuah buku komik dengan judul Occult Crimes Timeforce. Ceritanya mengisahkan tentang Sophia Ortiz yang merupakan seorang petugas kepolisian dan harus berurusan dengan hal-hal berbau mistis dan supranatural. Meskipun komiknya hanya memiliki empat volume, namun komik tersebut sempat dibeli hak untuk pembuatan film dan TV seriesnya.

House Of Gold & Bones

Nama Corey Taylor mungkin lebih familiar di telinga para penggemar musik, terutama musik metal. Corey merupakan vokalis dari band Slipknot. Selain pandai dalam hal mengarang musik dan lirik, Corey juga ternyata memiliki bakat dalam membuat cerita komik. Judul komik yang dibuat oleh Corey Taylor adalah House Of Gold & Bones. Yang menarik adalah komik ini menghadirkan cerita mendapat dari album band lain Corey.

Diketahui, selain band Slipknot, Corey juga merupakan vokalis dari band Stones Sour. Dia menulis lagu sebanyak 23 lagu di album band tersebut dengan judul House Of Gold & Bones. Judul dari album tersebut kemudian dia kolaborasikan dengan sebuah buku komik yang juga dia tulis sendiri di mana ceritanya menggali lebih dalam cerita-cerita yang ada di lagu-lagu album tersebut.

The Umbrella Academy

Geeks tentunya sudah pernah mendengar The Umbrella Academy. Ini merupakan sebuah series yang tayang di platform streaming Netflix, di mana series ini merupakan adaptasi dari buku komik dengan judul yang sama. Namun, nyatanya banyak yang tidak sadar dan tidak tahu jika sosok pengarang dari komik The Umbrella Academy ternyata adalah nama yang sangat populer yaitu Gerard Way.

komik dibuat selebritis

Gerard Way merupakan vokalis dari band emo, My Chemical Romance, di mana lagu populer mereka adalah ‘The Black parade’ atau ‘Teenagers.’ Komik The Umbrella Academy sendiri diketahui baru meluncurkan tiga judul komik di mana judul keempatnya sendiri adalah The Sparrow Academy. Yang menarik adalah ini merupakan tema di season 3 TV seriesnya. Dan masih belum diketahui kapan Gerard akan menyelesaikan buku komiknya tersebut.

Mother Of Madness

Aktor asal Inggris, Emilia Clarke, merupakan sosok yang memerankan Daenerys Targaryen dalam series Game of Thrones. Emilia juga bergabung dengan franchise Star Wars dan yang paling baru adalah dia bergabung dengan MCU serta memiliki peranan penting di series Secret Invasion. Namun, tidak banyak orang yang tahu jika Emilia Clarke merupakan penulis dari komik Mother of Madness yang dirilis oleh Image Comics.

komik dibuat selebritis

Seperti halnya Occult Crimes Taskforce, Mother of Madness ini hanya merilis tiga volume saja. Namun, yang menarik adalah tanggapan mengenai komik ini ternyata sangat positif. Salah satu alasannya adalah karena pahlawan super ini relate dengan para pembaca. Mother of Madness adalah komik yang menceritakan seorang pahlawan super wanit di man yang unik adalah sumber kekuatan supernya berasaal dari jadwal menstruasinya setiap bulan.

Thor Annual #1 dan Drax

Di tahun 2015, Marvel Comics sempat merilis sebuah judul komik yaitu ‘Tales of Thunder’ di mana komik ini terdiri dari tiga cerita dari tiga Thor berbeda. Yang menarik adalah salah satu penulis dari komik Thor tersebut ternyata adalah pegulat WWE yang populer, CM Punk. Dalam ceritanya, Thor diperlihatkan masih sangat muda dan masih belum mampu untuk menggunakan Mjolnir. Yang unik, Thor kemudian berusaha membuktikan bahwa dia layar dengan menantang Mephisto.

Thor menantang Mephisto dalam sebuah kontes minum. Marvel Comics sepertinya melihat potensi besar dalam diri CM Punk, sehingga di akhir tahun yang sama merea memberikan kesempatan untuk menulis sebuah cerita komik dan bukan hanya cerita one-shot. CM Punk menuis komik Drax yang menghadirkan cerita petualangannya ketika dia tidak sedang bersama tim Guardians of the Galaxy. Diketahui jika komik Drax ini memiliki 11 volume.

BRZRKR

Sosok Keanu Reeves memang sudah menjadi primadona di industri Hollywood. Aktor pemeran John wick dan Neo ini dianggap sebagai salah satu selebriti yang paling ramah dan sederhana. Salah satu buktinya adalah bagaimana Keanu pernah terlibat dalam sebuah acara amal di sebuah situs urunan (crowdfunding). Reeves menulis sebuah buku komik yang berjudul BRZRKR dan komik ini bisa dibilang sukses besar.

komik dibuat selebritisKabarnya, penjualan komik ini berhasil mengumpulkan donasi sebesar 1.4 juta Dollar Amerika. Hal ini membuat BRZRKR menjadi salah satu komik paling sukses dan paling mahal di sepanjang sejarah. Ceritanya sendiri berfokus pada seorang tentara bayaran yang bekerja untuk pemerintah Amerika. Namun, dia terlalu brutal bekerja sama dengan yang lain. Ini merupakan komik yang menggabungkan elemen John Wick dan Wolverine. Serta, yang menarik adalah di tahun 2021 muncul kabar pembuatan film BRZRKR untuk platform Netflix di mana Keanu yang jadi bintangnya.

Cold Space

BOOM! Studios merupakan perusahaan penerbit komik di balik Power Rangers dan nama-nama lainnya, namun mereka juga pernah menerbitkan komik yang ditulis oleh selebritis yaitu Cold Space. Ini adalah judul komik yang dibuat oleh selebritis kawakan Hollywood, Samuel L. Jackson. Banyak Geeks yang mungkin lebih mengenal Jackson sebagai pemeran Nick Fury di franchise MCU.

komik dibuat selebritis

Samuel L. Jackson juga merupakan sosok inspirasi dari karakterr Nick Fury versi Ultimates. Banyak yang mungkin tidak menduga jika Jackson pun merupakan seorang pengarang komik. Cold Space sendiri mengisahkan seorang karakter bernama Mulberry yang penampilannya sangat mirip dengan karakater Nick Fury. Mulberry tiba di sebuah planet asing di mana ternyata dia terjebak dalam sebuah perang saudara para alien di planet tersebut.

The Black Pearl

Di Tahun 1996, sosok Mark Hamill pernah menulis sebuah naskah yang berjudul The Black Pearl. Seharusnya, naskah tersebut menjadi modal untuk debutnya sebagai sutradara. Namun, karena adanya perbedaan sisi kreatif dengan pihak studio film pada saat itu akhirnya Mark Hamill melakukan cara kreatif terhadap naskah tersebut yaitu membaginya dalam lima cerita komik.

Ceritanya sendiri berfokus pada sossok Luther Drake, seorang vigilante yang bertarung menghadapi para iblis jahat dalam dirinya sambil juga menghindari perhatian media massa. Hamill sendiri pernah menjelaskan mengenai komiknya tersebut di mana The Black Pearl tidak menghadirkan unsur pahlawan super dan justru menghadirkan elemen lainnya.

Voodoo Child

Nicholas Cage memang adalah salah satu selebritis yang merupakan penggemar berat dari buku komik. Bukti nyata dari hal ini adalah dia menamai salah satu putranya, Kal-El.  Dia juga bahkan hampir memerankan Superman dalam sebuah film yang disutradarai oleh Tim Burton. Dan kemudian dia memerankan karakter Johnny Blaze di dua film Ghost Rider.

komik dibuat selebritis

Nicholas Cage ternyata pernah menciptakan sebuah buku komik bersama salah satu putranya yang lain, Weston, berjudul Voodoo Child. Yang perlu jadi catatan adalah Cage dan anaknya hanya menjadi pencetus ide untuk komik tersebut. Sedangkan, ceritanya sendiri ditulis oleh Mike Carey. Komik horor ini bersetting di New Orleans dan mengisahkan seorang detektif bernama Robert Julien melakukan investigasi atas hilangnya beberapa gadis. Namun, dia justru menemukan sebuah energi misterius dan berbagai keanehan lain.

Para selebritis Hollywood ternyata memiliki bakat terpendam yang jarang orang ketahui mengenai menulis cerita komik. Hal ini terbukti dari beberapa judul komik yang ternyata dibuat dan bahkan ditulis oleh para selebritis. Meskipun pada akhirnya hal ini hanya mereka lakukan secara terbatas dan singkat, namun bukan tidak mungkin jika mereka akan kembali menulis cerita di masa depan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.