Pada akhir tahun 2022, muncul kabar mengejutkan, di mana Kevin Conroy yang menjadi pemeran Bruce Wayne dalam Batman: The Animated Series dan sejumlah proyek lainnya dikabarkan meninggal dunia pada usia 66 tahun. Dan baru-baru ini, lawan main Conroy, Mark Hamill mengatakan bahwa dia tidak akan bisa memerankan Joker lagi tanpa kehadiran Batman versi Conroy. Hal itu diutarakan Hamill dalam acara Fan Expo San Francisco.

“Saya tidak akan mengisi suara peran itu (Joker) kecuali berlawanan dengan Batman versi Kevin Conroy.” Hamill juga mengutip kutipan Joker, “Tanpa Batman, kejahatan menjadi tidak berarti.” Mark Hamill telah berbicara lebih lanjut dengan Empire tentang kemungkinan memerankan Joker lagi di masa depan. Dan Hamill menjelaskan bahwa ia sudah merencanakan mundur dari peran tersebut sebelum kepergian Conroy, dan hanya setuju kembali dalam proyek-proyek tertentu selama lawan mainnya itu di Batman: The Animated Series juga kembali sebagai Bruce Wayne.

Dengan begitu, maka sudah dapat dipastikan bahwa Mark Hamill tidak akan kembali ke peran lamanya tersebut. Hamill jelas sudah yakin sekarang bahwa dia benar-benar telah selesai dengan peran Clown Prince of Crime. “Mereka akan menelepon dan mengatakan, ‘Mereka menginginkanmu untuk menjadi Joker,’ dan pertanyaan saya hanya, ‘Apakah Kevin menjadi Batman?’ Jika mereka mengatakan ya, saya akan mengatakan, ‘Saya ikut.’ Kami seperti pasangan. Kami seperti Laurel dan Hardy. Tanpa Kevin di sana, sepertinya tidak ada Batman bagi saya.” Ungkap Hamill.

Hamill dan Conroy memang berteman dekat. Keduanya adalah teman lama. Dan ketika Conroy meninggal dunia, Hamill merasa kehilangan yang teramat sangat. Hamill mengatakan bahwa Conroy adalah salah satu orang favoritnya dan sudah menganggapnya sebagai saudara. Disebutkan bahwa Conroy benar-benar peduli terhadap orang-orang disekitarnya, dan kebaikannya akan terus dikenang sepanjang masa.

Meski Mark Hamill tidak akan lagi memerankan Joker, tetapi sekarang kita bisa melihat dua aktor baru yang menjadi pemeran Joker. Dua aktor tersebut adalah Joaquin Phoenix dan Barry Keoghan. Joaquin Phoenix tampil dalam film solo Joker, sementara Barry Keoghan tampil dalam film The Batman. Kita tunggu aja ya Geeks siapa lagi aktor lainnya yang akan memerankan Joker di masa depan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/