Beberapa nama aktor besar Hollywood ini tolak peran besar di MCU yang ditawarkan kepada mereka. Menghadirkan aktor dan aktris yang populer dan berpengalaman menjadi sebuah strategi yang sering digunakan dalam setiap proyek film. Selain untuk memenuhi kriteria dari karakter yang ada di cerita filmnya, menggunakan aktor populer juga digunakan sebagai strategi marketing.

Nama-nama besar tentunya akan lebih mudah untuk menarik minat para penonton untuk menyaksikan filmnya. Dan hal ini juga yang kemudian MCU lakukan terhadap beberapa proyek film mereka. Namun, melakukan strategi ini nyatanya tidak selalu memberikan hasil yang baik bagi pihak studio. Pasalnya, ada beberapa aktor yang akhirnya tolak peran besar yang ditawarkan kepada mereka di MCU. Siapa saja mereka?

1. Margot Robbie

Margot Robbie adalah nama aktor baru yang memutuskan untuk tolak peran besar di MCU. Margot Robbie adalah bintang film yang sedang dalam puncak karirnya saat ini. Dia banyak membintangi judul-judul film besar blockbuster, seperti Suicide Squad, The Wolf of Wall Street, dan yang paling baru tentuny adalah film Barbie. Dengan popularitasnya saat ini, wajar jika bayaran Robbie begitu tinggi.

Hal ini juga yang membuat Margot Robie akhirnya batal untuk bergabung dengan pihak MCU. Sebelumnya, dikabarkabar jika Margon Robbie akan memerankan karakter Susan Storm untuk proyek Fantastic Four yang akan datang. Tetapi, kemudian Marvel Studios membatalkan Robbie untuk proyek film tersebut karena bayaran yang terlalu mahal melebihi budget yang mereka siapkan.

2. Adam Driver

Selain Margot Robbie, aktor yang juga akhirnya tolak peran besar di MCU khususnya dalam proyek film Fantastic Four adalah Adam Driver. Jika Margot Robbie menolak tawaran untuk berperan sebagai Susan Storm, maka Adam Driver menolak tawaran untuk peran utama sebagai Reed Richards. Masalah pembayaran yang terlalu besar juga jadi alasan utama akhirnya Driver menolak tawaran tersebut.

Banyak dari para fans yang menyayangkan batalnya Adam Driver dan Margot Robbie untuk berperan sebagai Susan Storm dan Reed Richards, karena mereka mengaanggap keduanya sudah sangat cocok untuk memerankan karakter tersebut. Hal ini pun akhirnya membuat pihak Marvel Studios kembali menunda proses produksi film Fantastic Four. Kabarnya, mereka berusaha mencari wajah baru untuk mengganti sosok Driver.

3. Joaquin Phoenix

Joaquin Phoenix dikenal sebagai aktor yang multitalenta dan luar biasa. Banyak film-filmnya yang cukup sukses di pasaran. Namun, nama Joaquin sendiri pada akhirnya melejit berkat penampilannya sebagai Arthur Fleck dalam film Joker garapan sutradara Todd Phillips yang rilis pada 2019 kemarin. Film tersebut meledak di pasaran dan banyak mendapatkan sambutan positif dari berbagai pihak.

Phoenix ternyata pernah ditawari peran besar oleh Marvel Studios. Dia sebenarnya merupakan salah satu pilihan Marvel Studios untuk memerankan karakter Stephen Strange pada 2014 kemarin. Namun, entah apa alasannya pada Oktober 2014 laporan menyebutkan jika kesepakatan yang mereka jalin akhirnya batal. Dalam sebuah wawancara, Phoenix sempat menyebutkan jika semua pihak senang ketika dia menolak tawaran tersebut.

4. Jason Statham

Aktor laga yang berperan sebagai Deckard Shaw dalam franchise Fast and Furious ini ternyata pernah ditawari peran besar oleh Kevin Feige. Hal ini terungkap dalam sebuah wawancara dengan sebuah media saat promosi film Homecoming. Feige menuturkan jika sempat ada pembicaraan yang terjadi antara Marvel Studios dan Jason Statham. Namun, kemudian Statham menolak tawaran itu.

Feige sendiri tidak memberikan bocoran apa pun terkait dengan alasan penolakan tersebut. Yang menarik adalah meskipun kemudian Statham mengaku sangat menyesal menolak tawaran tersebut, dalam kesempatan lain dia menjelaskan bahwa berperan di film MCU tidak memberikannya tantangan. Selain itu, budget yang besar, terlalu banyak penggunaan green screen, adalah beberapa alasan lain penolakan Statham.

5. Zooey Deschanel

Ant-Man adalah film yang memberikan warna tersendiri bagi timeline MCU. Selain Scott Lang, filmnya juga memperkenalkan sosok pahlawan lain yaitu the Wasp yang merupakan identitas pahlawan dari Hope Van Dyne. Evangeline Lilly adalah aktor yang memerankan karakternya, di mana sejauh ini banyak para fans yang senang dengan keputusan ini.

Bintang Zooey Deschanel sebelumnya pernah hampir memerankan karakter tersebut. Namun, dia memutuskan untuk menolak tawarannya. Joss Whedon sendiri pernah menjelaskan hal ini, di mana dia sangat ingin Deschanel mendapatkan peran ini. Namun, peran Black Widow sempat belum terisi sampai kemudian Scarlett Johansson yang mengisi perannya. Whendon pun kemudian mencari kandidat lainnya, yang mana Evangeline Lily yang terpilih.

6. Emily Blunt

Jika sang suami, John Krasinki, pada akhirnya mendapatkan peran di MCU sebagai Reed Richards, maka nasib yang berbeda dialami oleh Emily Blunt. Sebenarnya, dia mendapatkan tawaran dari Marvel Studios untuk memerankan beberapa karakter. Menurut informasinya, Blunt sempat ditawari peran Black Widow, Captain Marvel, dan juga Peggy Carter. Tetapi, dia menolak semuanya.

Emily Blunt kemudian menjelaskan alasan mengapa dia menolak tawaran dari Marvel Studios. Blunt merasa bahwa dia tidak pernah cocok untuk berperan di berbagai film-film superhero. Blunt juga mengatakan bahwa dia tidak suka dengan film superhero. Pasalnya, film dengan genre superhero tersebut dia anggap jauh lebih melelahkan daripada film dengan genre biasa.

7. Amanda Seyfried

Gamora merupakan salah satu karakter populer di MCU, apalagi pasca kematiannya di film Avengers: Infinity War. Kematiannya dianggap tragis karena Gamora merupakan korban dari ambisi sang ayah, Thanos, demi mendapatkan Soul Stone. Apalagi, Gamora sendiri pada akhirnya mau untuk berubah jadi lebih baik demi menghadapi sang ayah. Zoe saldana sejauh ini berhasil menghidupkan perannya.

Namun, ternyata Amanda Seyfried pernah ditawari peran Gamora dan kemudian menolak tawaran tersebut. Menurutnya, dia tidak mau menghabiskan waktu sangat lama untuk hanya sekedar mengecat kulitnya menjadi hijau. Di sisi lain, Seyfried juga juga menolak tawaran menjadi Gamora karena dia tidak menyukai perannya tersebut.

8. Jennifer Aniston

Jennifer Aniston pernah membuat pernyataan kontroversial di mana dia menganggap jika film-film produksi Marvel Studios “tidak terlalu penting.” Pada 2019 kemarin, Aniston sempat diwawancarai oleh Variety. Jennifer kemudian mengaku bahwa dia lebih ingin kembali berperan untuk berbagai series TV daripada film. Kemudian, Jennifer mengatakan jika film-film Marvel menghilangkan nilai-nilai perfilman.

Menurutnya, berbagai hal yang ada di film Marvel menjadi alasan berkurangnya nilai di dunia perfilman, seperti penggunaan green screen yang berlebihan. Aniston pun mengatakan dia tidak pernah mau untuk berperan di sebuah film yang banyak menggunakan green screen.

9. Jason Momoa

Sosok Drax the Destroyer memang tidak banyak terlibat dalam peristiwa besar, meskipun dia selalu muncul dalam cerita tersebut. Drax lebih sering diperlihatkan sebagai karakter komikal atau karakter yang menghadirkan tawa segar dengan adegan atau leluconnya. Meskipun begitu, karakter Drax yang diperankan oleh David Bautista ini berhasil menjadi salah satu karakter favorit para fans.

Siapa yang menyangka jika sebenarnya Jason Momoa pernah ditawari peran ini sebelum kemudian jatuh ke tangan Bautista. Jason menjelaskan alasan penolakannya, karena dia merasa Drax adalah karakter yang mirip dengan karakter lain yang sudah dia perankan. Meskipun begitu, Momoa mengatakan jika dia berminat untuk berperan sebagai Wolverine dalam proyek Marvel lainnya.

10. Daniel Craig

Seperti halnya beberapa nama di atas, Chris Hemsworth menjadi aktor yang sukses dalam menghidupkan karakter yang dia perankan yaitu Thor Odinson. Hampir satu dekade Chris berhasil mempertahankan perannya di MCU. Banyak fans yang jatuh cinta dengan penampilan Chris sebagai dewa Asgard tersebut, karena dianggap sangat pas untuk memerankan karakter itu.

Tetapi, pihak Marvel Studios sebenarnya sempat memiliki pilihan lain untuk memeran karakternya yaitu Daniel Craig. Nama Daniel Craig lebih dikenal sebagai pemeran James Bond dan juga aktor yang memerankan seorang detektif pribadi bernama Benoit Blanc di film Knives Out. Dan alasan ini juga yang membuat Daniel menolak tawaran dari Marvel Studios, yaitu dia ingin lebih berkonsentrasi dalam memerankan karakter James Bond.

Marvel Studios merupakan salah satu studio film terbesar di industri Hollywood saat ini, di mana mereka berhasil menghidupkan karakter dan cerita dari komik ke layar lebar. Namun, popularitas besar dari Marvel Studios nyatanya tidak serta merta membuat para aktor mau menerima tawaran dari studios tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.