Fast & Furious adalah salah satu waralaba film aksi terbesar dan tersukses di Hollywood. Film teranyarnya yang berjudul Fast X, saat ini bahkan sudah menjadi Film Ketujuh dengan Pendapatan Terbesar Tahun 2023, padahal penayangannya di bioskop masih belum genap seminggu. Berbagai kesuksesan inilah yang kemudian menjamin waralabanya berumur panjang, dengan beberapa sekuel dan spin off yang sekarang sudah mulai dikembangkan. Jika kalian termasuk penggemar yang masih belum puas dengan Fast X? Berikut ini adalah berbagai film sekuel dan spin off Fast & Furious selanjutnya yang bisa kalian antisipasi!

Fast X: Part II

Film Fast X: Part II, atau bisa juga disebut Fast 11 (bukan judul resmi), sebenarnya sudah diumumkan jauh-jauh hari bahkan sebelum sutradara Louis Leterrier mengambil alih kursi sutradara Fast X dari Justin Lin. Sebagai film sekuel dari film kesebelas yang saat ini tengah tayang di bioskop, tadinya film ini akan menjadi penutup ‘Final Saga’ Fast & Furious. Namun beberapa waktu lalu bintang sekaligus produser Fast & Furious, Vin Diesel, menyampaikan kabar gembira bahwa Fast X akan menjadi film trilogi, yang artinya Fast X: Part II bukanlah film penutup. Untuk sekarang masih belum diketahui akan seperti apa plotnya, yang jelas sekuel Fast X ini dijadwalkan untuk rilis pada tahun 2025 mendatang.

Fast X: Part III

Ada banyak sekali bintang veteran Fast & Furious yang kemungkinan besar akan kembali pada masa mendatang, khususnya para pemeran dari anggota Keluarga Balap Dom. Termasuk Diesel sendiri, Michelle Rodriguez, Tyrese Gibson, Christopher Bridges, Sung Kang, dan bahkan para pemain karakter tewas yang mungkin akan kembali suatu hari nanti. Nah walaupun sekuel Fast X mendatang sudah digadang-gadang akan lebih besar dari film sebelumnya, trikuel Fast X: Part III kemungkinan akan jauh lebih megah lagi karena merupakan film penutup dari waralaba utama Fast & Furious. Kabar baiknya, film keduabelas sekaligus final ini sekarang sudah resmi dikembangkan.

Hobbs & Shaw 2

Dari waralaba utama Fast & Furious yang masih punya dua sekuel, sekarang kita beralih ke spin off Hobbs & Shaw yang film pertamanya tayang pada tahun 2019. Alih-alih berfokus pada Keluarga Balap Dom, Hobbs & Shaw justru lebih menitikberatkan ceritanya pada petualangan agen Luke Hobbs dari Dwayne Johnson dan mantan villain Deckard Shaw dari Jason Statham. Pada tahun 2021, produser filmnya Hiram Garcia sempat mengungkapkan bahwa “Kami sudah mulai mengembangkan film keduanya, dan pihak studio sendiri sangat ingin kami melakukannya dengan cepat.” Sekarang nasib Hobbs and Shaw 2 bahkan telah didukung dengan kembalinya karakter Luke Hobbs di credit scene Fast X.

Spinoff Female Lead

Baru-baru ini selain mengumumkan bahwa Fast X akan mempunyai dua sekuel lagi, Vin Diesel juga telah menjamin bahwa setelah film keduabelas Fast & Furious rampung, dia dan studio akan mulai mengalihkan semua perhatiannya pada sejumlah tayangan spin off. Salah satunya adalah spin off yang akan berfokus pada karakter wanita Fast & Furious. Saat ini memang masih belum diketahui siapa saja karakter wanita yang dimaksud, tetapi para penggemar sudah mengantongi sejumlah nama potensial. Termasuk Letty Ortiz (Michelle Rodriguez), Mia Toretto (Jordana Brewster), Hattie Shaw (Vanessa Kirby), villain Cipher (Charlize Theron), atau mungkin semua karakter wanita ini sekaligus.

Spinoff Lainnya

Selain film sekuel dan spin off yang sudah cukup jelas di atas, bukan tidak mungkin Fast & Furious juga akan mengembangkan film lainnya yang tidak kalah menarik. Mengingat waralabanya yang selalu berhasil mendulang keuntungan fantastis, tidak aneh jika perusahaan film Universal nantinya akan memberikan lampu hijau pada film lain yang masih berlangsung di semestanya. Misalnya Tokyo Drift 2 yang kental dengan dunia malam dan balapan liar di Jepang, kemudian film yang berfokus pada duo Roman dan Tej, atau bahkan film tentang balapan versi masa depan yang lebih ajaib lagi. Apa pun itu selama menjanjikan sepertinya tidak ada yang tidak mungkin bagi waralaba Fast & Furious.

Itulah berbagai film sekuel dan spin off Fast & Furious yang akan datang. Perlu kita catat bahwa walaupun sebagian besar ide dan judul ini sudah dikonfirmasi, tetapi perubahan rencana bisa saja terjadi pada masa mendatang. Semuanya tergantung dari diskusi antara para eksekutif Universal dan tim kreatif Fast & Furious pasca penayangan film Fast X. Namun melihat keberhasilannya, pembatalan ide sepertinya akan menjadi pilihan nomor sekian. Apalagi sampai hari ini masih banyak penggemar yang menyukai adegan dan cerita yang ditawarkan oleh waralaba Fast & Furious, termasuk para penggemar di Indonesia.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.