Berbagai tayangan animasi yang populer di Barat memang terlihat menarik, namun sebenarnya beberapa diantaranya justru lebih cocok dewasa. Sebagian orang mungkin berpendapat jika para penonton dewasa sudah tidak lagi menonton tayangan animasi seperti kartun. Namun, pada kenyataanya, ada cukup banyak serial kartun atau tayangan animasi yang memang khusus dewasa.

Alasan mengapa kartun tersebut ditujukan untuk penonton dewasa, biasanya terletak pada poin elemen cerita dan juga berbagai hal detail di dalamnya. Bagi para penonton di bawah umur, konteks dari alur cerita tersebut mungkin belum banyak dipahami atau bahkan membuat mereka pusing. Lalu, apa saja animasi barat yang memang khusus untuk penonton dewasa?

Beavis and Butthead

Beavis and Butthead merupakan animasi barat untuk penonton dewasa yang sangat ikonik di era 1990an. Bahkan, animasi ini jadi salah satu bukti puncak kesuksesan dari MTV pada saat itu dengan menggambarkan atau menjadi simbol kehidupan remaja. Seriesnya terkenal sering menghadirkan parodi dari nama-nama band populer dan mereka juga menjadi ikon dari gerakan heavy metal dan musik grunge.

Animasi Barat Untuk Dewasa

Itulah alasan mengapa Beavis and Butthead memiliki catatan sejarah diantara animasi barat untuk dewasa lainnya. Sempat akhirnya berhenti di tahun 2011, seriesnya akhirnya kembali rilis pada 2022 kemarin dan sampai saat ini masih berjalan. Yang jadi ciri khas dari series ini adalah gaya berbicara dari para dua karakter utamanya, serta bagaimana mereka memberikan komentar terkait band atau kehidupan sehari-hari.

Bob’s Burger

Meskipun animasi barat ini tidak memiliki tingkat popularitas yang tinggi seperti beberapa nama lain, namun Bob’s Burger memiliki keunikannya tersendiri. Misalnya, mereka tidak menghadirkan sebuah peristiwa “kartun” yang mustahil untuk terjadi. Mereka menghadirkan cerita dari keluarga pekerja kelas menengah yang menjalankan bisnis burger bersama-sama.

Inilah alasah mengapa kemudian Bob’s Burger dianggap menjadi jembatan antara sitkom keluarga versi live-action dan juga cerita animasi. Mereka menghadirkan tingkat keanehan (absurdity) dari sudut pandang realistis, meskipun ada juga hal yang cukup aneh. Karena itulah, Bob’s Burger memiliki segmentasi penonton tersendiri apalagi mereka yang senang dengan alur cerita sitkom.

South Park

Selain Beavis and Butthead, animasi barat dewasa yang ikonik adalah South Park. Rilis pertama kali pada 1997, South Park adalah salah satu animasi dewasa dengan lelucon yang khas. Mereka memiliki pendekatan yang berbeda dibandingkan dengan animasi barat dewasa sejenisnya. Komedi yang mereka hadirkan tetap pada alur ceritanya, yang mana hal ini banyak dipuji oleh orang-orang.

Animasi Barat Untuk Dewasa

Meskipun sudah tayang selama hampir tiga dekade, namun popularitas dari South Park belum hilang meskipun sudah cukup mulai memudar dibandingkan series lainnya. Mereka terus menghadirkan berbagai peristiwa yang relevan dengan peristiwa yang terjadi saat ini. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa South Park masih tetap bisa bertahan meskipun sudah hampir tiga puluh tahun.

Spongebob Squarepants

Salah satu animasi barat yang mengalami “pergeseran” penonton di Nickelodeon adalah Spongebob Squarepants. Popularitas dari kartun karya Stephen Hillenburg ini bahkan bukan hanya terjadi di Amerika, melainkan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Pada awalnya, kartun ini memang ditujukan untuk anak-anak yang mana justru kemudian para orang tuanya yang lebih menikmati acara tersebut.

Satu hal yang membuat Spongebob populer adalah gaya komedi dan alur cerita yang menarik serta musik yang dihadirkan. Sering kali mereka menghadirkan berbagai lelucon dewasa yang berhasil dibungkus secara apik, yang tidak disadari oleh anak-anak namun oleh para orang tuanya. Banyak yang berkomentar jika mereka yang tumbuh dengan Sponegbob baru menyadari cerita dan berbagai detail lain dalam ceritanya ketika mereka sudah dewasa.

King of the Hill

Animasi Barat Untuk Dewasa

King of the Hill memiliki kemiripan dengan Bob’s Burger dalam hal menghadirkan cerita kehidupan sehari-hari yang tentunya penuh komedi. Fokus ceritanya adalah keluarga Hill. Gaya komedi dari series ini memang tidak bisa diterima oleh semua orang, apalagi mungkin Geeks yang tinggal di Indonesia. Banyak hal yang mungkin tidak relate dengan kehidupan sehari-hari kita. Namun, gaya komedi tersebut yang membuat seriesnya populer diantara animasi dewasa barat lainnya.

Invincible

Animasi Barat Untuk DewasaSatu-satunya animasi barat dewasa yang bertema superhero atau pahlawan super. Kebanyakan animasi superhero atau pahlawan super menyasar para remaja atau anak-anak, namun untuk Invincible mereka memang sengaja menyasara para penonton dewasa. Diadaptasi dari komik yang sama karya Cory Walker dan Ryan Ottley, seriesnya mengikuti cerita dari komiknya dengan berbagai twist yang dihadirkan oleh sang penulis seperti konflik keluarga. Visual yang sangat eksplisit serta penuh adegan kekerasan, jadi beberapa alasan Invincible jadi animasi barat untuk dewasa. Bahkan, mereka tidak ragu untuk menghadirkan banyak adegan tersebut.

Futurama

Futurama merupakan salah satu series lainnya yang diciptakan oleh Matt Groening. Namun, berbeda dengan The Simpsons, Futurama menghadirkan tema cerita yang berbeda yaitu masa depan dan fiksi ilmiah. Dalam ceritanya, seorang pengantar pizza bernama Fry harus terjebak di dalam es pada era 90an dan kemudian terbangun pada masa depan. Dia kemudian membangun keluarga yang tidak biasa untuk bisa bertahan pada masa tersebut.

Baik Futurama, The Simpsons, atau pun Family Guy sama-sama mengadopsi tema sitkom keluarga. Namun, yang membedakan adalah Futurama sukses menghadirkan momen-momen epik dan konyol. Dan lelucon yang mereka suguhkan pun tidak terlalu vulgar, namun mampu dikemas dengan menarik yang membuat para penonton senang dengan momen atau poin-poin tersebut.

Rick & Morty

Bisa dibilang, Rick & Morty adalah animasi barat dewasa yang merupakan hasil evolusi di era modern saat ini. Alur ceritanya sendiri berfokus pada dua karakter yaitu seorang ilmuwan gila dan juga cucunya. Berbagai penemuan yang dilakukan oleh sang kakek sering kali membuat mereka berdua harus terlibat dalam sebuah petualangan yang epik dan seru serta menarik.

Rick & Morty berhasil mengombinasikan cerita fiksi ilmiah, drama komedi keluarga, storytelling, dan komedi improvisasi yang membuat series mereka unik. Berbagai hal atau momen dalam cerita Rick & Morty tidak jarang dikenang atau menjadi momen komedi di media sosial dan jadi meme. Dan sampai saat ini, seriesnya pun masih berjalan alias on going.

The Simpsons

Salah satu animasi barat dewasa paling populer dan ikonik, The Simpsons. Series karya Matt Groening ini merupakan salah satu animasi barat dewasa klasik yang memberikan pengaruh besar terhadap industri animasi, khususnya untuk series animasi barat dewasa. Bahkan, The Simpsons juga yang mempopulerkan animasi yang memang khusus untuk para penonton dewasa.

Animasi Barat Untuk Dewasa

Seperti halnya alur cerita dalam film kartun, banyak cerita yang mereka hadirkan merupakan hasil imajinasi sang penulis. Meskipun begitu, tema tentang sitkom keluarga dan komedi vulgar jadi hal yang banyak disoroti oleh seriesnya. Yang menarik adalah banyak alur cerita dari The Simpsons yang dianggap mampu untuk “meramal” kejadian epik yang terjadi di dunia nyata.

Family Guy

Alur cerita yang vulgar, komedi rasis, gambar eksplisit, dan berbagai hal dewasa lainnya adalah beberapa poin yang muncul dari series Family Guy. Saat ini, Family Guy adalah salah satu animasi barat dewasa populer selain juga The Simpsons. Family Guy bercerita tentang sosok Peter Griffin dan keluarganya di mana mereka banyak mengalami kejadian aneh dan unik dalam kehidupan sehari-hari.

Animasi Barat Untuk Dewasa

Satu hal yang jadi ciri khas dari Family Guy adalah mereka tidak pernah ragu untuk menghadirkan sesuatu dalam bentuk komedi. Mulai dari komedi agama, rasial, dan bahkan hal sensitif seperti sejarah. Tidak jarang orang yang merasa tersinggung dengan komedi yang mereka hadirkan, karena level komedi mereka yang terlalu vulgar dan berani. Namun, yang menarik justru ini yang jadi poin penting dari popularitas Family Guy.

Animasi barat untuk dewasa nyatanya tidak kalah populer dan ikonik jika dibandingkan dengan berbagai animasi lainnya yang biasa ditunjukan untuk anak-anak. Berbagai animasi barat dewasa ini memberikan opsi bagi para orang tua atau penonton dewasa ketika menonton televisi. Meskipun begitu, perlu jadi catatan jika alur cerita dan hal lain dalam series tersebut pun perlu ditanggapi secara dewasa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.