Series animasi The Simpsons terkenal sering berhasil meramalkan apa yang akan terjadi di dunia nyata dan berikut beberapa ramalan paling fenomenal. The Simpsons merupakan sebuah series animasi yang populer karya Matt Groenig. Ceritanya sendiri berfokus pada keluarga Simpsons, yaitu Homer, Marge, Bart, Lisa, dan Maggie dan para penduduk di sekitar kota Springfield.

The Simpsons merupakan salah satu animasi populer karena sering menghadirkan cerita politik, lingkungan, atau hal apa pun. Terkadang, animasi ini juga menghadirkan kejutan dengan mendatangkan berbagai bintang atau tokoh populer untuk menjadi cameo. Yang menarik adalah The Simpsons terkenal sering berhasil melakukan ramalan tentang apa yang akan terjadi di dunia nyata. Berikut adalah beberapa ramalan The Simpsons yang fenomenal.

Insiden Daging Kuda

Dalam sebuah cerita yang berjudul “Sweet Seymour Skinner’s Baadasssss Song,” seorang karakter bernama Doris, yang merupakan pekerja di kantin sekolah anak-anak, diperlihatkan menyiapkan makanan para siswa dari sebuah drum atau tong yang bertuliskan “Assorted Horse Parts” atau “Berbagai Jenis Bagian Tubuh Kuda.” Yang menarik adalah sekitar 19 tahun kemudian ada hal mengerikan kemudian terjadi.

Pada tahun 2013 kemarin, berbagai media di Inggris Raya ramai memberitakan jika dalam suplai daging sapi di negara mereka ternyata tercampur dengan daging kuda. Namun, ternyata ini bukan satu-satunya ramalan fenomenal dari The Simpsons mengenaii makanan. Dalam cerita lainnya, Doris pernah menyediakan makanan dengan menggunakan matras gym.

Hal tersebut dia lakukan untuk mengganti daging. Dan bertahun-tahun kemudian, muncul sebuah kabar yang kontroversial di mana perusahaan makanan penyedia makanan roti lapis, Subway, menggunakan bahan kimia berbahaya untuk tetap membuat roti mereka tetap renyah.

Perjalanan Ke Luar Angkasa

Sekitar dua dekade lalu, mungkin manusia masih belum terpikirkan bagaimana cara masyarakat sipil bisa pergi ke bulan selain harus jadi astronot terlebih dahulu. Namun, satu dekade terakhir ini sepertinya mimpi umat manusia untuk bisa pergi ke bulan bisa terwujud. Misalnya, sejauh ini kurang lebih ada empat perusahaan yang menyediakan jasa layanan pergi ke luar angkasa termasuk Space X.

Homer Simpson ternyata pernah terlebih dahulu melakukan hal tersebut dan meramalkan akan adanya layanan pergi ke luar angkasa. Dalam episode “Deep Space Homer” selain menghadirkan dua astronot Apolo 11, Buzz Aldrin, dan musisi populer, James Taylor, episodenya juga memperlihatkan tentang adanya layanan untuk para masyarakat sipil bisa pergi ke bulan seperti Homer.

Kemunculan Smartwatch

Dalam episode “Lisa’s Wedding,” ada banyak lelucon tentang teknologi masa depan yang dihadirkan oleh para penulis. Namun, dari sekian banyak lelucon masa depan tersebut ada satu hal yang benar-benar menjadi nyata. Di salah satu momen, seorang karakter bernama Hugh terlihat berbicara dengan jamnya. Bentuk jam yang Hugh gunakan sangat canggih dan modern mirip seperti Smarthwatch saat ini.

Dan siapa sangka puluhan tahun kemudian teknologi Smartwartch memang benar-benar terwujud. Beberapa tahun lalu, teknologi ini memang tidak terlalu populer. Namun, Geeks tentunya bisa melihat teknologi ini dalam beberapa tahun kebelakang yang mulai memiliki banyak persaingan bisnis. Bahkan, Smartwatch saat ini sudah dianggap sebagai salah satu barang penting.

Konser Lady Gaga

Superbowl adalah sebuah turnamen paling besar di Amerika. Ini merupakan turnamen nasional dari berbagai klub American Football. Karena menjadi acara besar, berbagai hal mewah dan luar biasa pun disuguhkan dalam pertandingannya. Dalam salah sati episode Superbowl di series The Simpsons, memperlihatkan bagaimana Lady Gaga mengunjungi Springfield. Dia bernyanyi sambil terbang di atas para penonton.

Lady Gaga kemudian turun dan bermain piano saat penampilannya tersebut. Entah memang sengaja atau tidak, pada acara Superbowl LI Halftime Show 2017 penyanyi Lady Gaga memang benar-benar tampil di acara tersebut menyanyikan dua lagu andalannya, ‘Poker Face’ dan ‘Bad Romance.’ Lady Gaga juga bernyanyi di atas para penotnon dan kemudian bermain piano menyanyikan lagunya yang lain.

Akuisi 20th Century Fox

Pada 2017, perusahaan Disney melakukan pembicaraan dengan pengusaha media, Rupert Murdoch, untuk membeli berbagai aset mereka mulai dari studio film dan berbagai kanal siaran. Tujuannya, Disney ingin membangun platform streaming yang kemudian rilis pada 2019 yaitu Disney Plus. Rumah produksi tersebut juga menyediakan sumber daya yang baik bagi studio film di bawah naungannya, Marvel Studios. Dan akhirnya Disney sukses akuisisi Fox.

ramalan the simpsons paling fenomenal

Namun, salah satu episode The Simpsons ternyata pernah menghadirkan episode di mana 20th Century Fox memang berada di bawah naungan Walt Disney. Dalam ceritanya Homer Simpsons dijelaskan bekerja untuk Alec Baldwin dan Kim Basinger. Homer kemudian memiliki sebuah ide cerita yang menurutnya menarik untuk diangkat menjadi film. Dia kemudian menelpon sebuah perusahaan studio film yang tidak lain adalah 20th Century Fox yang di bawahnya terdapat tulisan jika perusahaan tersebut berada di bawah naungan Walt Disney.

Donald Trump Jadi Presiden

Ini adalah episode yang banyak diperbincangkan oleh orang-orang di dunia, terutama para penduduk di Amerika. Mereka menganggap jika penulis The Simpsons “benar-benar gila” karena memprediksi hal ini. Dalam episode “Bart to the Future” memperlihatkan Bart Simpson melihat Lisa dan kembarannya dari masa depan. Ternyata, pemimpin dari negara tersebut adalah Lisa Simpson.

ramalan the simpsons paling fenomenal

Lisa mengatakan bahwa Amerika butuh memperbaiki ekonomi pasca Donald Trump menjadi presiden. Dan pada 2016, dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pengusaha tersebut benar-benar menang dan menjadi presiden. Dalam animasi The Simpson, Donald Trump turun bersama Homer menggunakan eskalator. Dalam kehidupan nyata, Trump turun bersama istrinya, Melania, menggunakan eskalator.

Pandemi Global

Dalam episode “Marge in Chains” diperlihatkan seluruh penduduk kota Springfield mengalami sebuah penyakit bernama Osaka Flu. Penyakit ini muncul setelah berbagai macam produk dari luar negeri tiba dan menjamur di wilayah tersebut. Yang menarik adalah Osaka Flu mirip dengan COVID-19 yang sempat mewabah beberapa tahun lalu. Namun, perbedaanya adalah asal dari penyakit tersebut.

ramalan the simpsons paling fenomenal

Dalam episode itu pun para ilmuwan dan dokter belum mengetahui caranya untuk menaklukan Osaka Flu sehingga mereka yang sakit hanya diminta untuk beristirahat total. Dan hal ini juga sempat terjadi di dunia nyata, sampai kemudian terdapat berbagai vaksin yang bisa mencegah kembali virus COVID-19 kembali muncul.

Hancurnya Kapal Selam Titan

Ramalan The Simpson paling fenomenal paling baru adalah hancurnya kapal selam Titan, yang saat ini masih jadi perbincangan dunia. Beberapa waktu lalu, sebuah perusahaan bernama Ocean Gate membuka layanan untuk berwisata ke dalam air yaitu melihat bangkai kapal Titanic. Bangkai kapal Titanic sendiri berada di ribuan meter dari permukaan laut. Sayangnya, kapal selam itu hancur dan semua penumpangnya tewas.

ramalan the simpsons paling fenomenal

Banyak orang yang kemudian mengaitkan hal ini dengan salah satu episode The Simpson di mana Homer juga pergi ke bawah laut dan terjebak di sana. Namun, ada berbagai perbedaan dari kedua hal ini. Homer menyelam untuk mencari harta karun, sedangkan kelima korban berusaha untuk melihat bangkai kapal Titanic. Homer pun berhasil diselamatkan oleh rekannya, sedangkan kelima orang tersebut tidak bisa selamat dari tekanan bawah laut.

Para penulis dari series animasi The Simpsons bisa jadi sebenarnya hanya menggunakan imajinasi mereka ketika menulis cerita untuk berbagai episode tersebut. Namun, siapa sangka jika penulisan cerita mereka mampu meramalkan berbagai kejadian di dunia nyata. Sebagian peristiwa mungkin hanya kebetulan sama, namun sebagian lainnya seolah-olah memang sudah diramalkan akan terjadi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.