Selama 25 tahun series One Piece berjalan, tentunya ada alur cerita yang kontroversial yang muncul di kalangan fans. Series One Piece menjadi salah satu series yang memiliki alur cerita menarik di sepanjang kemunculannya. Ada puluhan arc atau alur cerita yang sudah Oda hadirkan di mana sebagian diantaranya mendapatkan pujian dari para fans. Sedangkan, sebagian lainnya justru menjadi kontroversi. Berikut adalah alur cerita One Piece paling kontroversial.

5Arc Pulau Manusia Ikan

Arc atau alur cerita yang paling kontroversiall dalam cerita One Piece yang pertama adalah pulau Manusia Ikan. Sebenarnya, arc ini tidak terlalu dibenci oleh para fans meskipun begitu alur ceritanya tetap dianggap sebagai salah satu yang paling kontroversial. Sebagai arc pertama pasca timeskip, arc ini menjadi momen pembuka bagi New World Saga yang masih berlangsung hingga sekarang.

Namun, ketika sebagian fans senang dengan apa yang muncul dalam ceritanya, seperti momen di mana kru Topi Jerami memperlihatkan kekuatannya, sebagian fans justru membencinya. Mereka menganggap jika alur ceritanya mirip dengan arc East Blue, sehingga tidak sedikit fans yang menyebut jika arc ini sebagai East Blue Saga 2.0. Selain alasan tersebut, ada juga alasan lain.

Bagaimana alur ceritanya menghadirkan kebencian dan rasisme antara manusia ikan dan manusia di daratan juga dianggap sebagai salah satu alasan dari munculnya kontroversi tersebut. Meskipun arc ini kemudian menjadi salah satu arc penting dalam ceritanya, namun hal itu ternyata tidak menghentikan kontroversi yang muncul di kalangan para fans.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.