Hampir semua orang sepertinya tahu tentang karakter spons kuning, Spongebob SquarePants. Spongebob menjadi salah satu karakter kartun populer di seluruh dunia. Spongebob sendiri dikenal sebagai karakter yang selalu ceria dan juga sedikit konyol. Tapi, sosok karakter Spongebob sendiri sebenarnya terinspirasi dari sosok dalam kehidupan nyata. Sang kreator, Stephen Hillenburg, merupakan salah satu inspirasi karakter Spongebob.

Dalam cerita seriesnya, selain Spongebob kita juga mengenal karakter utama lain seperti Squidward Tentacles, Patrick Star, Sandy Cheeks, Mr. Krab, dan bahkan Gary. Sebenarnya para karakter tersebut terinspirasi dari berbagai komedian yang ada di dunia nyata. Dan semua komedian tersebut berasal dari era klasik.

Hillenburg, dalam wawancara dengan Washington Post di tahun 2009, pernah mengatakan bahwa spons terkenal tersebut bisa lahir berkat memorinya tentang sosok Laurel dan Hardy, komedian duo yang dikenal karena komedi situasi yang sangat lucu. Mereka berdualah yang sangat mempengaruhi karakter Spongebob dan Patrick.

Hillenburg menjelaskan bahwa Spongebob terinspirasi dari Laurel, yang merupakan sosok “polos” dari pasangan tersebut. dan selama empat musim penayangan Spongebob, karakternya sering digambarkan sebagai sosok yang polos. Hillenburg juga menegaskan bahwa Spongebob merupakan sosok yang “benar-benar polos, bukan seorang yang bodoh.

Sosok figur lainnya yang juga menginspirasi karakter Spongebob adalah Pee-wee Herman. Pee-wee Herman merupakan figur yang dikenal karena tidak sabaran, bertingkah seperti anak-anak, ceria, dan yang paling penting adalah ekspresi wajahnya yang sangat aneh. Namun, tetap ada sisi agresif dalam sosok Pee-wee Herman. Hal ini juga diperlihatkan oleh Spongebob, yang terkadang diperlihatkan sangat agresif meskipun tidak sesering tetangganya, Squidward.

Figur yang menginspirasi Spongebob selanjutnya adalah Jerry Lewis, yang disebutkan oleh Hillenburg dalam USA Today pada 2002 lalu, sebagai seseorang yang sangat menggambarkan sosok Spongebob. Hillenburg mengatakan bahwa Jerry Lewis memiliki karakter “seorang yang optimis tapi sedikit konyol, dan berakter seperti anak-anak.

Berdasarkan apa yang diungkapkan oleh Hillenburg, jelas figur yang dianggap polos, kekanak-kanakan, dan selalu ceria menjadi inspirasi dari sosok Spongebob. Kita baru melihat bagaimana sifat asli Spongebob tersebut ketika dia berinteraksi dengan karakter yang lebih dewasa seperti Mr. Krab atau Squidward. Sayangnya, sepeninggalan Hillenburg karakter Spongebob SquarePants berubah drastis.

Sosok figur Hillenburg tersebut mulai ditinggalkan, dan Spongebob kini berubah menjadi sosok yang aneh dan sebagian orang justru beranggapan bahwa Spongebob dan Patrick berubah menjadi bodoh. Perbedaan kualitas ini terasa jelas, dimana banyak dari para fans yang masih mengingat dialog atau bahkan adegan dari berbagai episode klasik Spongebob. Dan tim produksi serinya sadar betul akan hal ini, karena itulah di sosial medianya mereka lebih sering mengunggah video dari episode lama. Apakah seri kartun Spongebob akan “tenggelam” di kemudian hari? Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.