Marvel Universe merupakan semesta komik superhero yang telah menjadi rumah bagi para superhero terkenal seperti para anggota Avengers. Dikenal sebagai Earth’s Mightiest Heroes, Avengers yang ada di Marvel Universe sendiri terbilang punya kisah yang jauh lebih beragam daripada versi live action-nya di MCU. Hal inilah yang selalu membuka kesempatan untuk terjadinya crossover antara Avengers dengan karakter-karakter dari franchise lain. Pada artikel kali ini kita akan mengeksplorasi lima kisah crossover menarik yang menceritakan kolaborasi Avengers dengan franchise terkenal lain!

Avengers & Justice League

Crossover yang paling sering diharapkan oleh banyak penggemar komik superhero di seluruh dunia adalah kolaborasi antara Avengers dengan franchise Justice League dari DC Comics. Sampai hari ini ada cukup banyak kisah crossover yang menceritakan kerja sama maupun permusuhan mereka. Misalnya Amalgam Universe yang menceritakan karakter gabungan dari kedua semestanya, misalnya Iron Man dan Green Lantern menjadi Iron Lantern, Spider-Man dan Superboy menjadi Spider-Boy, dan lain sebagainya.

crossover avengers

Selain itu ada juga crossover epik Avengers/JLA atau JLA/Avengers (2003-2004) yang ditulis serta digambar oleh kolaborator Marvel dan DC. Kisahnya sendiri dimulai dengan Marvel’ Grandmaster dan DC’ Krona yang saling bersaing dan malah membuat kedua semesta terancam. Untuk menghentikan kedua supervillain kosmik tersebut, para superhero dari franchise Avengers dan Justice League mau tidak mau harus saling bekerja sama dan menyatukan pikiran. Sampai akhirnya kedua semesta berhasil diselamatkan.

Avengers & Transformers

crossover avengers

Lewat kolaborasi antara Marvel dan IDW Publishing berjudul New Avengers/Transformers (2007), Avengers pernah diceritakan melakukan crossover dengan franchise robot yang bisa berubah bentuk Transformers. Di komik ini Tony Stark alias Iron Man melihat berita yang mengabarkan bahwa sejumlah alien robot telah melakukan invasi ke Bumi. Hal ini lantas mendorong Iron Man untuk menciptakan armor Anti-Transformer dan mengajak para Avengers untuk menyerbu markas alien robot yang ternyata adalah Decepticons. Pada saat yang bersamaan Optimus Prime dan Autobots lainnya datang untuk membantu. Karena mereka merasa bertanggung jawab untuk melindungi Bumi dari para Cybertronian jahat.

Avengers & Capcom

crossover avengers

Pertama kali diperkenalkan melalui video game pertarungan, Avengers terbilang cukup sering melakukan crossover dengan para karakter dari franchise Capcom. Termasuk di komik Marvel vs. Capcom Infinite: Infinite Horizons (2017) yang berlangsung di semesta alternatif Earth-30847. Baik di komik maupun gamenya, plot Infinity Horizons bercerita tentang kerja sama superhero Marvel yang sebagian besarnya adalah anggota Avengers dengan superhero Capcom seperti Ryu, Megaman, Dante, Chris Redfield, dan sebagainya. Musuh utama mereka adalah Ultron Sigma yang menjadi Ultron Omega setelah berhasil mendapatkan kekuatan Infinity Stones dari kedua semesta yang bergabung.

Avengers & Godzilla

crossover avengers

Pada tahun 1970-an, Marvel Comics pernah mendapatkan hak karakter untuk Godzilla dan semua kaiju yang ada dalam ceritanya. Hal ini langsung dimanfaatkan oleh mereka untuk merilis komik crossover antara Avengers dan franchise Godzilla. Di komik ini diceritakan bahwa Godzilla akhirnya tiba di Kota New York dan menyebabkan kekacauan tingkat Avengers. Sebagai Earth’s Mightiest Heroes, para Avengers langsung pergi ke lokasi Godzilla dan mencoba melawannya. Dalam prosesnya Avengers hampir saja kalah karena ternyata Godzilla punya kulit tebal dan serangan atomic breath yang mematikan. Mereka baru bisa mengusir Godzilla setelah melalui pertempuran yang sangat melelahkan.

Avengers & Evil Dead

Kisah crossover Avengers terakhir dengan franchise lain yang cukup menarik untuk diikuti adalah komik Marvel Zombies vs. Army of Darkness (2007). Sesuai dengan judulnya di komik ini karakter utama dari franchise Evil Dead yang bernama Ash Williams diceritakan masuk ke dalam semesta Marvel yang para anggota Avengers-nya menjadi Zombie. Mengingat masing-masing kisah sudah penuh dengan adegan yang brutal, pertempuran antara Ash dan zombie Avengers ini mungkin menjadi salah satu komik paling brutal dalam sejarah. Di mana zombie yang harus dihadapi oleh Ash dengan tangan gergaji mesinnya adalah para metahuman yang memiliki kemampuan super.

Itulah lima crossover Avengers dengan franchise lain yang mungkin paling terkenal dalam sejarah media hiburan. Kelima crossover di atas secara tidak langsung telah menghasilkan momen-momen yang tak terlupakan dalam sejarah komik. Karena kapan lagi penggemar Avengers dan penggemar franchise lainnya bisa menikmati kolaborasi epik antara Captain America dan kawan-kawan dengan karakter-karakter favorit mereka. Di sisi lain lewat kisah crossovernya kita juga bisa tahu bagaimana interaksi menarik antara semua karakternya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.