The Flash adalah film DC Universe mendatang yang dipastikan akan menampilkan lebih dari satu Batman sekaligus. Hal tersebut bisa terjadi karena ulah Barry Allen alias Flash melakukan perjalanan waktu dan tiba di semesta alternatif dengan Batman versi Michael Keaton di dalamnya. Padahal sebelumnya dia sudah diperingatkan oleh mentornya Batman versi Ben Affleck bahwa mengubah masa lalu bisa menghancurkan segalanya. Terlepas dari plot filmnya, kali ini kita akan menjelajahi lima perbedaan besar antara Batman Keaton dan Batfleck yang sama-sama muncul di The Flash nanti. Penasaran? Check this out, Geeks!

Postur Tubuh

Perbedaan paling mendasar antara Batman Keaton dan Batfleck di The Flash adalah postur dari keduanya. Debut di film Batman garapan sutradara Tim Burton pada tahun 1989, aktor Michael Keaton terkenal sebagai salah satu pemeran Bruce Wayne dalam sejarah DC yang posturnya relatif lebih kecil dari pemeran lain. Di sisi lain Ben Affleck justru mempunyai tinggi dan ukuran tubuh yang mungkin paling besar di antara para aktor yang pernah memerankan Batman lainnya. Hal inilah yang membuat Batman Keaton dengan tinggi sekitar 1,75 meter, tampak lebih kecil jika dibandingkan Batfleck yang tingginya mencapai 1,93 meter, belum lagi berat badannya yang lebih besar karena lebih berotot.

Keragaman Gadget

Perbedaan selanjutnya yang mungkin cukup menonjol adalah keragaman dan kecanggihan gadget yang dimiliki oleh Batfleck di film The Flash jika dibandingkan dengan Batman Keaton. Kita semua mungkin sepakat bahwa karakter Bruce Wayne yang diperankan Ben Affleck terlihat lebih kaya secara finansial, di mana dia sering terlihat ke luar rumah menggunakan mobil mewah. Hal yang sama juga terasa pada kendaraan super Batfleck yang lebih beragam, seperti Batwing, Batmobile, dan Batcycle, serta gadgetnya yang juga terbilang lebih canggih. Untuk Batman Keaton sendiri, dia juga memang terlihat sangat kaya. Namun secara teknologi, gadget dan kendaraannya tidak secanggih milik Batfleck.

Nuansa Karakter

Meskipun Batman yang diperankan oleh Michael Keaton dan Ben Affleck di The Flash punya sejumlah kemiripan, misalnya sama-sama melanggar ‘No Kill Rule’, tetapi nuansa karakter dari keduanya sangatlah berbeda. Penggambaran Bruce Wayne yang dihadirkan oleh Keaton terasa lebih sederhana, santai, dan bahkan terbilang periang. Namun karakter yang sama tidak akan kita rasakan dari Batfleck yang lebih sering terlihat punya nuansa kelam dan serius. Awalnya banyak penggemar yang tidak suka dengan kepribadian gothic Batfleck, tetapi seiring berjalannya waktu tidak sedikit yang mulai menerima fakta bahwa karakternya memang terasa cukup mirip dengan versi komiknya.

Sepak Terjang

Di film The Flash nanti penggambaran usia antara Batman Keaton dan Batfleck sebenarnya cukup berdekatan. Keduanya sama-sama digambarkan sebagai Bruce Wayne versi senior yang sudah mempunyai banyak pengalaman. Namun jika dibandingkan, pengalaman keduanya bisa dibilang masih punya jarak yang cukup siginifikan. Di mana Batfleck yang berusia 50-an mungkin tidak punya sepak terjang sebanyak Batman Keaton yang usianya sudah lebih dari 70 tahun. Hal ini terbukti dari deskripsi karakter Batman Keaton yang digambarkan sudah pensiun karena mungkin tidak ada lagi villain Gotham yang mengganggunya, sedangkan Batfleck masih belum berhasil mengalahkan Joker.

Kisah Origin

Perbedaan terakhir antara Batman versi Michael Keaton dan Ben Affleck di The Flash dapat kita lihat dari origin karakternya. Saat Batman Keaton pertama kali muncul di film solonya yang rilis tahun 1989, sudah diceritakan bahwa orang tuanya dibunuh oleh Jack Napier alias Joker. Hal inilah yang secara tidak langsung mendorongnya untuk melanggar No Kill Rule dengan menghabisi nyawa Joker dan Penguin di filmnya. Sedangkan sampai hari ini masih belum terungkap siapa yang telah membunuh kedua orang tua Batfleck. Namun di sisi lain dia merupakan satu-satunya Batman versi live action yang telah mendirikan Justice League bersama Flash, Superman, Cyborg, Wonder Woman, dan Aquaman.

Itulah lima perbedaan fundamental antara Batman Keaton dan Batfleck yang sebentar lagi akan kembali di film The Flash. Di balik semua perbedaan ini keduanya sama-sama telah berhasil menjadi Batman versi masing-masing yang punya keunikan tersendiri. Dan yang terpenting mereka tidak melenceng terlalu jauh dari materi aslinya. Pada dasarnya keduanya masih tetap manusia kaya raya bernama Bruce Wayne yang mengandalkan teknologi dan gadget untuk beraksi sebagai sang Caped Crusader. Jangan lewatkan aksi kedua Batman tangguh ini di film The Flash yang akan tayang perdana pada 16 Juni nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.