Lima belas tahun berdiri, Marvel Cinematic Universe telah menjadi fenomena dalam industri perfilman Hollywood bahkan dunia. Dengan kesuksesan yang luar biasa, waralaba dari Marvel Studios ini telah melambungkan nama dari banyak aktor dan aktris yang pernah terlibat dalam proyek-proyeknya, baik itu film maupun series. Namun, pada kenyataanya tidak semua pengalaman berkolaborasi dengan MCU berakhir dengan kepuasan dari kedua belah pihak. Dalam artikel ini, kita akan membahas tujuh aktor yang ternyata mengaku menyesal atas keputusan mereka untuk gabung dengan MCU!

Edward Norton sebagai Hulk

aktor menyesal gabung mcu

Sebelum perannya diambil alih Mark Rufallo, aktor Edward Norton (Glass Onion) pernah menjadi Bruce Banner alias Hulk di film The Incredible Hulk (2008). Sayangnya tidak lama setelah filmnya rilis, baik Norton maupun pihak Marvel Studios sama-sama menyampaikan kepada publik bahwa mereka mengalami sejumlah perbedaan kreatif yang kemudian menyebabkan sejumlah konflik di balik layar. Aktor yang sekarang menghindari film superhero ini bahkan mengaku sangat menyesal gabung MCU, di mana kekesalannya dia layangkan kepada studio dan juga sutradara filmnya Louis Leterrier (Fast X).

Christopher Eccleston sebagai Malekith

Tidak banyak orang yang tahu bahwa di balik make-up tebal karakter Malekith versi MCU ada wajah aktor veteran Christopher Eccleston (Doctor Who). Hal ini jugalah yang kemudian membuat sang aktor menyesal gabung dengan MCU, walaupun pernah mendapatkan peran villain utama di film Thor the Dark World (2013). Eccleston sempat menyatakan bahwa dia tidak menyukai pengalaman bekerja di film tersebut. Dia merasa terbatas dalam mengekspresikan karakternya. Kekesalannya ini diperparah dengan banyak adegan dari Malekith yang pada akhirnya dihapus dari versi final film kedua Thor tersebut.

Frank Grillo sebagai Crossbones

aktor menyesal gabung mcu

Sebagai aktor yang pernah beberapa kali memerankan karakter Brock Rumlow alias Crossbones, Frank Grillo (Point Blank) ternyata baru-baru ini mengaku bahwa dia menyesal telah gabung MCU. Alasannya karena menurut dia Marvel Studios tidak memberikannya kesempatan untuk tampil lebih banyak, sehingga dia tidak bisa menyampaikan cerita origin dan perkembangan Crossbones yang sebenarnya cukup menjanjikan. Penyesalannya ini Grillo sampaikan setelah DC Studios merekrutnya beberapa waktu lalu untuk mengisi suara karakter Rick Flag, Sr. di series animasi Creature Commando. Ada kemungkinan dia juga akan memainkan versi live actionnya pada masa jagat sinema DC Universe.

Hugo Weaving sebagai Red Skull

aktor menyesal gabung mcu

Tahukah kalian siapa aktor di balik sosok Red Skull yang debut di film Captain America: The First Avenger (2011)? Dia adalah Hugo Weaving (The Matrix) yang hanya memainkan perannya di satu film saja, sebelum akhirnya mengaku menyesal telah gabung MCU dan kemudian digantikan oleh aktor lain. Penyesalan Weaving muncul setelah dia merasa terlalu terikat dengan kontrak MCU yang membatasi kebebasannya untuk mengambil peran lain. Selain itu ada juga rumor yang menyebutkan bahwa ketidakmampuan Marvel dalam memenuhi bayaran yang diminta, membuat Weaving tidak mau mengulang perannya. Terakhir kali karakternya muncul, Red Skull hanya disuarakan oleh Ross Marquand.

Idris Elba sebagai Heimdall

Penggemar setia Marvel pasti tahu siapa Idris Elba (Luther: The Fallen Sun). Bagaimana tidak, aktor yang satu ini telah memerankan karakter Heimdall di banyak film MCU, khususnya waralaba Thor. Namun siapa sangka ternyata Elba termasuk salah satu aktor yang pernah mengaku menyesal gabung MCU. Meskipun pada dasarnya Elba mengakui bahwa dia menghargai kesempatan untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek MCU, tetapi dia juga merasa bahwa peran Heimdall tidak memberinya banyak kesempatan untuk mengekspresikan kelihaian aktingnya. Menurutnya dia lebih banyak menunggu di lokasi syuting sambil mengenakan rambut palsu dan make-up yang konyol.

Mickey Rourke sebagai Whiplash

Mickey Rourke (Sin City) adalah aktor veteran yang berhasil membawakan karakter Ivan Vanko alias Whiplash ke layar lebar melalui film Iron Man 2 (2010). Di filmnya musuh Tony Stark alias Iron Man ini diceritakan mempunyai kecerdasan seperti ayahnya yang memungkinkan dia untuk menciptakan arc reactor sendiri. Meskipun perannya cukup berkesan, ternyata mantan petinju yang sekarang lebih aktif sebagai aktor ini mengaku menyesal gabung MCU. Rourke merasa bahwa karakternya kurang tergarap dengan baik dalam pengembangan cerita dan juga durasi tampil di filmnya.

Terrence Howard sebagai War Machine

aktor menyesal gabung mcu

Di antara para aktor yang mengaku menyesal gabung MCU, mungkin yang paling nyaring suaranya adalah Terrence Howard. Aktor yang pada tahun 2008 memerankan karakter James Rhodes (pra-War Machine) di film pertama Iron Man ini bahkan pernah mengatakan “Iron Man telah menghancurkan karier saya.” Semuanya bermula ketika pihak Terrence dan Marvel Studios melakukan negosiasi untuk perannya di film Iron Man 2. Rumornya pihak Terrence menginginkan bayaran yang lebih besar dari pemeran utama Robert Downey Jr, sehingga Marvel terpaksa merelakannya dan menggantinya dengan Don Cheadle.

Itulah para aktor yang mengaku menyesal telah gabung MCU. Meskipun MCU telah menjadi salah satu tonggak dalam industri perfilman Hollywood, tetapi tidak semua orang yang pernah terlibat di dalamnya merasa harus berterima kasih. Para aktor di atas adalah contoh orang yang pada akhirnya justru merasa keterlibatannya telah sedikit mengganggu kehidupannya. Secara tidak langsung masalah yang dialami oleh para aktor ini mengingatkan kita bahwa meskipun MCU menawarkan peluang besar, tetapi tidak semuanya bisa berakhir sesuai dengan harapan banyak orang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.