Dari sekian banyak series Marvel Cinematic Universe yang tengah dikembangkan dan diproduksi oleh Marvel Studios, Daredevil: Born Again adalah salah satu series yang paling diantisipasi oleh para penggemar. Sayangnya, sama halnya seperti tayangan Hollywood yang terkena dampak protes dan mogok kerja Writers Guild of America, series perdana Daredevil di MCU ini juga harus berhenti produksi.

Terhitung sejak tanggal 2 Mei lalu, organisasi WGA yang melibatkan para sineas Hollywood ini mengumumkan mogok kerja sekaligus menyampaikan sejumlah tuntutan mereka. Salah satunya yang paling nyaring menuntut agar teknologi artificial intelligence tidak digunakan untuk membuat materi asli, menulis ulang naskah, dan menjadi sumber materi di industri perfilman Hollywood. Akibatnya beberapa proyek film dan series termasuk yang menjadi bagian dari MCU terpaksa dihentikan, sebut saja film Thunderbolts, Blade, Spider-Man 4 dan series Wonder Man, sebagai bentuk solidaritas terhadap para penulis di Amerika.

series Daredevil Berhenti Produksi

Sekarang menurut laporan teranyar dari Deadline, series Daredevil: Born Again baru saja berhenti produksi. Tadinya series terbesar MCU yang akan memiliki total delapan belas episode ini akan melangsungkan syutingnya di pusat produksi Hollywood yang berada di Silvercup Studios East, New York. Sebelumnya Silvercup Studios East memang menjadi sasaran utama pemogokan kerja WGA sejak tanggal 8 Mei lalu. Semua film dan series yang diproduksi di lokasi tersebut perlahan-lahan dihentikan sampai waktu yang belum ditentukan, setidaknya sampai WGA merasa tuntutan mereka telah terpenuhi.

Mengingat Daredevil: Born Again adalah series terbesar MCU, yang direncakanan untuk melangsungkan syutingnya selama delapan bulan, ada kemungkinan penghentian produksi ini akan berdampak juga pada jadwal lainnya. Untuk sekarang series yang akan dibintangi oleh Charlie Cox sebagai Daredevil dan Vincent D’Onofrio sebagai Kingpin ini masih dijadwalkan untuk rilis pada Musim Semi 2024. Namun karena situasi sekarang tampaknya masih harus kita lihat apakah Marvel Studios masih tetap mengincar jadwal yang sama atau akan memundurkannya.

Karena Marvel Studios dan Disney selaku perusahaan film yang menaungi waralaba MCU turut menghargai keputusan WGA dan tidak mengadakan upaya negosiasi, kemungkinan besar produksi series Daredevil: Born Again ini akan berhenti selama beberapa bulan ke depan. Semoga saja ini menjadi keputusan terbaik bagi semua orang, termasuk para penggemar yang tampaknya sudah cukup mengerti dengan situasi Hollywood saat ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.