Sudah hampir satu bulan berlalu sejak Writers Guild of America melakukan protes dan mogok kerja besar-besaran di Hollywood. Dampaknya hampir terasa di semua lini baik serial maupun film, tanpa terkecuali jagat sinema Marvel Cinematic Universe yang rencana selama dua tahun ke depan sebenarnya sudah cukup matang. Kali ini karena tuntutan para penulis Hollywood tidak kunjung dipenuhi, Disney dan Marvel Studios terpaksa kembali hentikan produksi film dan serial MCU Fase 5 yang cukup diantipasi penggemar.

Beberapa waktu lalu, penggemar Marvel di seluruh dunia sebenarnya sudah cukup bersedih dengan penghentian produksi film Blade bahkan sebelum syutingnya dimulai. Seakan masih belum cukup tidak lama setelah itu serial Daredevil: Born Again juga menyusul Blade ke gudang penyimpanan sementara Disney yang entah kapan akan kembali dibuka. Hal yang sama juga dirasakan oleh Sony yang belum lama ini terpaksa menghentikan produksi serial Marvel mereka, yaitu Silk: Spider Society dan Spider-Man Noir. Mirisya, sepertinya kekecewaan penggemar masih akan terus bertambah dalam waktu dekat ini.

Baru-baru ini Deadline mengonfirmasi bahwa Disney dan Marvel Studios kembali menutup produksi film dan serial Fase 5 MCU, yaitu Thunderbolts dan Wonder Man. Alasannya masih sama seperti sebelumnya, yaitu karena terkena dampak dari protes Writers Guild of America yang saat ini menghentikan sebagian besar produksi yang berlangsung di Atlanta, Amerika. Banyak penggemar yang cukup terkejut dengan berita ini karena ternyata banyak sekali produksi tayangan MCU yang Disney hentikan dalam waktu berdekatan.

Thunderbolts sendiri adalah film yang bisa dibilang sangat diantipasi oleh banyak penggemar di seluruh dunia. Pasalnya karena filmnya akan menceritakan petualangan tim super baru MCU yang terdiri dari para karakter abu-abu, seperti Yelena Belova, Red Guardian, US Agent, Taskmaster, dan masih banyak lagi. Sedangkan Wonder Man adalah serial MCU yang dimaksudkan untuk memperkenalkan salah satu anggota Avengers terkuat dalam sejarah komik. Sayangnya, kita tidak tahu kapan keduanya akan kembali diproduksi.

Untuk sekarang masih belum ada tanda-tanda kapan permasalahan Writers Guild of America akan selesai. Sehingga bukan tidak mungkin selanjutnya Disney juga akan hentikan produksi tayangan MCU lainnya. Saat ini yang terancam adalah produksi serial Agatha: Coven of Chaos, film Captain America: New World Order, dan Deadpool 3 yang masing-masing tengah berjalan. Semoga saja masalah ini tidak berpengaruh pada semua jadwal perilisan serial dan film MCU ini yang umumnya akan jatuh pada tahun depan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.