Memasuki Fase 5, Marvel Cinematic Universe digadang-gadang akan mulai memanas dengan deretan tayangan menarik yang menjadi bagian dari Multiverse Saga. Salah satunya yang paling diantisipasi oleh banyak penggemar adalah film Blade mendatang yang akan dibintangi oleh aktor Mahershala Ali. Dijadwalkan untuk tayang pada tahun depan, Marvel Studios baru saja dilaporkan tunda produksi Blade di MCU. Banyak penggemar yang cemas hal tersebut akan berpengaruh juga pada jadwal perilisannya nanti.

Blade sendiri adalah film MCU mendatang yang dipastikan akan memboyong pemburu vampir Eric Brooks dalam bentuk live action. Itulah mengapa banyak penggemar horor Marvel yang sudah sangat tidak sabar ingin segera melihat filmnya. Disutradarai oleh Yann Demange berdasarkan naskah karya Michael Starrbury dan Nic Pizzolatto, film ini sebenarnya sempat dijadwalkan untuk memulai syutingnya pada bulan Mei sekarang di Trilith Studios, Amerika. Sayangnya rencana MCU tersebut terpaksa dibatalkan karena imbas dari protes besar-besaran penulis Amerika yang akhirnya tunda produksi Blade.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, Marvel studios resmi tunda produksi Blade di MCU sampai masalah terkait protes para penulis yang tergabung Writers Guild of America (WGA) rampung. Blade menjadi proyek pertama MCU yang resmi ditunda pasca protes WGA, sekaligus menandai penundaan kedua dari produksi film yang dibintangi oleh Mahershala Ali. Sebagai pengingat, penundaan pertamanya pada bulan Oktober 2022 lalu bahkan sampai membuat jadwal rilis Blade dimundurkan dari November 2023 ke September 2024.

Bagi yang belum tahu, WGA sendiri sempat mengadakan protes besar-besar kepada pemerintah Amerika pada tanggal 2 Mei kemarin. Beberapa tuntutannya adalah tentang bayaran yang layak, jadwal kerja yang sehat, serta penyesuaian aturan layanan streaming yang sebelumnya dianggap merugikan para penulis. Untuk sekarang masih belum diketahui secara jelas bagaimana respons pemerintah dalam menanggapi tuntutan tersebut. Yang jelas saat ini di industri perfilman Hollywood sendiri sudah banyak sineas yang terkena imbasnya karena harus menunda produksi bahkan jadwal perilisan filmnya.

Setelah Marvel Studios resmi tunda produksi film Blade, tidak sedikit penggemar yang mulai khawatir ke depannya akan ada film dan serial MCU lain yang tertunda juga. Salah satunya yang sudah mulai santer dirumorkan adalah serial Loki Season 2 yang rencananya akan dirilis tahun ini. Sedangkan film Blade sendiri untuk sementara masih dijadwalkan untuk tayang perdana pada 6 September 2024 mendatang. Kita lihat saja nanti seperti apa kabar selanjutnya, dan semoga saja masalah terkait protes WGA ini cepat selesai.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.