Semua fans dari seri One Piece tentu mengenal siapa sosok Dracule Mihawk. Rasanya kita tidak perlu lagi meragukan sosok Mihawk sebagai salah satu karakter terkuat di seri One Piece saat ini. Meskipun dia tidak memiliki kemampuan buah iblis, tetapi kemampuan berpedang dari Mihawk sangatlah dahsyat. Hampir tidak ada yang bisa menandingi kemampuan berpedangnya.

Selain itu, dia juga sangat handal dalam sebuah pertarungan. Seperti yang Geeks semua sudah ketahui, bahwa Mihawk dahulu adalah rival terkuat dari Shanks, salah satu Yonko yang berkuasa di wilayah New World. Kabar mengatakan bahwa setiap kali mereka berdua bertarung, seluruh Grand Line akan terguncang. Whitebeard sendiri mengakui bahwa pertarungan antara Shanks dan Mihawk sangat legendaris dan menakjubkan.

Mihawk juga sering kali mencari keberadaan Shanks untuk menantangnya bertarung. Dengan kemampuan berpedangnya yang sangat luar biasa, Mihawk saat ini menyandang gelar ahli pedang terkuat di dunia. Tidak ada ahli pedang lain yang bisa menandingi kehebatan Mihawk, setidaknya untuk saat ini. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang menganggap Mihawk memiliki kemampuan yang setara dengan Shanks.

BACA JUGA: One Piece: Ini Alasan Mihawk Buru Angkatan Laut?

Namun, benarkah demikian? Meskipun nampaknya kemampuan mereka seimbang, sepertinya hal itu tidaklah benar. Terdapat sebuah teori yang menjelaskan bahwa justru Mihawk merupakan sosok yang jauh lebih dahsyat daripada sosok Shanks. Artinya, Mihawk jauh lebih kuat dari Shanks. Ada beberapa poin penjelasan yang coba mengungkapkan mengapa kemudian hal tersebut bisa terjadi.

Apakah Shanks Seorang Ahli Pedang?

Di berbagai sumber informasi seperti manga, Vivre Cards, databook, dan sebagainya semuanya mengonfirmasi bahwa Shanks adalah seorang ahli pedang. Dalam salah satu databook, Shanks memiliki julukan “swordmaster.” Sumber lainnya menyebut Shanks sebagai seorang “Great Swordsman” atau “Ahli Pedang hebat” ketika mereferensikan kedatangan Mihawk kepada Shanks.

Hal tersebut menunjukan bahwa Shanks adalah seorang ahli pedang yang sangat kuat dan bukan hanya seseorang dengan menggunakan pedang atau mampu mengayunkan pedang. Dan juga yang menarik muncul di Novel Zoro. Dalam ceritanya, ketika angkatan laut berada di sebuah bar dan berdiskusi tentang siapa sosok ahli pedang terkuat menurut mereka, muncul 5 nama yang populer.

BACA JUGA: One Piece: Mengenal Pedang Hitam Mihawk!

Mereka adalah Mihawk, Zoro, Vista, Ryuma, dan juga Shanks. Artinya, di dunia One Piece pun Shanks memang diakui sebagai seorang ahli pedang. Ketika membandingkan antara Mihawk dan Shanks, pihak angkatan laut sempat menyinggung “Swordmanship” atau “Keahlian/Kemampuan berpedang.”

Kemampuan Berpedang

Bila membandingkannya dengan sosok Shanks, Mihawk dispekulasikan jauh lebih hebat dan lebih lihai dalam hal berpedang. Meskipun hanya muncul sedikit, namun dari beberapa momen kemunculan Mihawk mungkin hal tersebut ada benarnya. Dalam berbagai sumber yang ada, kemampuan mata elang yang tajam dari Mihawk dan pedang hitam Yoru, serta bagaimana Zoro begitu bernafsu untuk mengalahkannya, menjadi bukti lain bahwa Mihawk adalah yang terbaik.

Kemudian, dijelaskan juga bahwa Mihawk sudah mencapai puncak kemampuan berpedangnya sejak lama. Dia memburu setiap bajak laut yang ada saat masih menjadi Shichibukai dan dia melakukannya dengan mudah. Di sisi lain, hal tersebut juga dia lakukan karena kebosanan yang dia alami karena tidak ada sosok yang mampu menandingi kekuatannya.

BACA JUGA: Daredevil Kembali Beraksi di Trailer Baru She-Hulk!

Kekuatan Seutuhnya

Berdasarkan penjelasan di atas ada dua hal yang terbukti. Pertama, Shanks adalah seorang ahli pedang hebat di dunia One Piece. Kedua, meskipun begitu, Mihawk jauh lebih ahli dan merupakan ahli pedang yang jauh lebih dahsyat dari Shanks. Lalu, apa yang kemudian menjadi alasan Mihawk jauh lebih kuat dari Shanks? Julukan Mihawk sebagai “Ahli Pedang Terkuat di Dunia” bukan hanya sekedar julukan.

Hal ini bahkan tertuang di databook, di mana Mihawk menjadi “yang terkuat” bukan hanya sekedar titel atau julukan saja tetapi juga dalam makna yang sebenarnya. Selain itu, juga dikatakan bahwa Shanks pernah menjadi rival atau mampu menandingi kekuatan Mihawk. Hal ini artinya Mihawk dan Shanks pernah memiliki kekuatan atau kemampuan seimbang, sampai kemudian Mihawk berhasil melampauinya.

Popularitas

Dalam kolom SBS Volume 73, Oda menyebutkan bahwa Mihawk merupakan salah satu sosok legenda di dunia One Piece bersama dengan Shanks dan Whitebeard. Meskipun hal ini bukan merupakan konfirmasi langsung mengenai level mereka, pernyataan Oda tersebut membuktikan bahwa Mihawk memiliki posisi yang sama dengan Whitebeard atau Shanks. Mihawk adalah salah satu legenda.

BACA JUGA: Inikah Pemilik Pertama Buah Iblis Luffy?

Jadi, kesimpulannya, meskipun perbedaanya tidak terlalu besar, Mihawk tetap terbukti jauh lebih kuat dan lebih ahli daripada sosok Shanks. Mihawk unggul di hampir semua aspek yang ada daripada sosok Shanks. Dan faktanya, Shanks pun ternyata adalah seorang ahli pedang. Dari semua petunjuk yang ada mendukung argumen bahwa Mihawk jauh lebih kuat dari Shanks. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan hal ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.