Dalam cerita One Piece ada banyak tingkatan pedang yang sudah Oda perkenalkan. Tingkatan pedang ini biasanya digunakan untuk mengukur sedahsyat dan sekuat apa pedang yang seorang karakter gunakan. Semakin kuat pedangnya, artinya semakin dahsyat juga kekuatan dan kemampuannya. Sejauh ini, kurang lebih ada tiga tingkatan pedang yang sudah muncul di ceritanya.

Pertama adalah Meito atau pedang yang populer. Pedang yang masuk dalam kategori Meito adalah pedang yang sudah sangat dikenal oleh banyak orang. Mereka akan tahu pedang tersebut hanya dengan melihatnya. Kemudian, yang kedua adalah Yoto atau yang biasa kita kenal dengan pedang kutukan. Pedang Yoto biasanya memiliki sebuah kutukan yang akan dirasakan oleh para pengguna pedangnya.

Namun, seperti yang pernah Kouzaburo jelaskan bahwa tidak ada kutukan dalam pedang. Hal tersebut bisa saja terhindar jika keberuntungan si pengguna lebih unggul atau memiliki tekad yang lebih besar. Terakhir adalah pedang Kokuto atau hitam. Pedang jenis ini adalah pedang yang memiliki koneksi kuat dengan penggunanya. Menurut Tenguyama, si pengguna harus memiliki koneksi yang mendalam (juga dilapisi Haki) sehingga pedang tersebut berubah warna menjadi hitam.

BACA JUGA: One Piece: Haki Rayleigh Lampaui Yonko?

Mengenal Pedang Yoru

Berbicara mengenai pedang hitam terdapat satu pedang yang sangat populer di ceritanya sampai saat ini, yaitu Yoru. Kokuto Yoru atau pedang Yoru merupakan pedang dengan kualitas tertinggi di kelasnya (Saijo O Wazamono) dan merupakan milik ahli pedang terbaik di dunia, Dracule Mihawk. Pedang ini setara dengan pedang dengan kualitas yang sama seperti Murakumogiri milik Whitebeard.

Dari segi desain dan bentuk, Yoru memiliki bentuk yang berbeda dengan jenis pedang yang umumnya ada di seri One Piece. Kita bisa lihat bagaimana bagian tajam dari pedangnya memiliki ukuran yang besar. Kemudian pada bagian gagang dan tengahnya juga memiliki ukuran yang tidak kalah besar. Berbeda dengan umumnya pedang-pedang yang ada, di mana desainnya mengikuti katana.

Berdasarkan informasi yang ada, tinggi dari pedang ini juga tidak biasa yaitu mencapai dua meter, melebihi sedikit tinggi Mihawk yang berada di angka 198 cm. Meskipun bisa digunakan dengan satu tangan, namun Mihawk sendiri lebih sering menggunakan kedua tangannya untuk mengayunkan pedang ini. Kemungkinan karena ukurannya yang besar. Kemudian, sesuai dengan namanya, bagian runcing atau bagian tajam dari pedang Yoru memiliki warna hitam pekat. Hal ini pun sesuai dengan artinya dalam bahasa Jepang, di mana “Yoru” berarti malam.

BACA JUGA: One Piece: 5 Teori Gila Tentang Laugh Tale!

Bukti Kedahsyatan Yoru

Sejauh ini, memang Oda Sensei masih belum memperlihatkan secara penuh kedahsyatan dari pedang Yoru. Namun, kita bisa melihat sedikit kemampuan pedang ini saat Mihawk gunakan dalam pertempuran di Marineford. Sebagai pedang dengan kualitas terbaik, pedang ini memang cocok untuk digunakan oleh sosok ahli pedang terbaik di dunia seperti halnya Mihawk.

Sebagai pedang hitam, kualitasnya bahkan jauh melebihi pedang lain. Bahkan, ada anggapan pedang hitam ini adlaah pedang terkuat di dunia. Dalam ceritanya sendiri diketahui bahwa durabilitas atau daya tahan dari sebuah pedang hitam seperti Yoru sangat luar biasa. Bahkan, seekor dinosaurus sekali pun tidak akan mampu untuk membengkokan pedang ini meskipun hanya satu milimeter.

One Piece: Alasan di Balik Bounty Mihawk yang Melebihi Bounty Seorang Yonko

Dalam arc Baratie, kita melihat bagaimana Mihawk mampu menghancurkan kapal perang jenis Galeon milik Don Krieg dan pasukannya hanya dengan satu ayunan. Kemudian, dalam perang puncak di Marineford kita melihat bagaimana satu ayunan Yoru mampu menghancurkan gunung es yang tercipta berkat teknik Ice Age milik Aokiji. Selain serangannya, gelombang kejut (shockwave) dari serangan Yoru pun sangat luar biasa menghancurkan.

BACA JUGA: One Piece: Oda Ungkap Fakta Baru Shakkey!

Pada intinya, Yoru merupakan sebuah pedang yang sangat dahsyat di seri One Piece sejauh ini. Yoru merupakan kepanjangan dari kaki dan tangan Mihawk dalam pertempuran. Untuk saat ini, masih belum ada yang sanggup menandingi kedahsyatan dari pedang Yoru. Selain Yoru, pedang hitam lainnya dalam seri ini adalah Shusui milik dewa pedang dari Wano, Shimotsuki Ryuma. Apakah zoro akan mampu membuat salah satu pedangnya menjadi pedang hitam? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.