Dalam arc Sabaody para fans mengenal sosok Shakkey. Dia adalah pemilik sebuah bar di kepulauan Sabaody, di mana Luffy dan semua kru Topi Jerami bersembunyi. Rekan mereka, Hachin dan Camie, yang memperkenalkan kru Topi Jerami dengan Shakkey. Di sisi lain, di sini juga mereka bisa bertemu dengan sosok Rayleigh yang notabene adalah ahli cat lapisan kapal yang juga adalah mantan wakil raja bajak laut.

Meskipun hanya muncul sebentar selama di arc Sabaody, para fans sendiri tertarik dengan sosok Shakkey. Apalagi, mereka juga tertarik dengan kisah atau cerita masa lalunya. Namun, Oda sendiri masih belum memberikan informasi apa pun tentang Shakkey. Hanya sedikit informasi yang kita ketahui tentang sosok Shakkey. Pertama, Hachin mengatakan bahwa beberapa dekade lalu Shakkey adalah bagian dari bajak laut terkenal.

Kedua, dia mengenal sosok Garp yang mana para fans menduga hal ini berkat pengalamannya menjadi bajak laut. Namun, dalam bocoran terkait chapter 1059 Oda kemudian menghadirkan sebuah fakta menarik dan terbaru mengenai sosok Shakkey. Seperti yang banyak kita duga, dia memang bukanlah sosok sembarangan. Lalu, siapa sebenarnya Shakkey?

BACA JUGA: One Piece: Oda Ungkap Usia Topi Jerami!

Siapa Sebenarnya Shakkey

Dalam informasi bocoran untuk chapter 1059, terungkap bagaimana Rayleigh datang ke Amazon Lilly untuk membantu Hancock menangani masalahnya. Amazon Lilly kedatangan pihak angkatan laut yang Koby pimpin, serta sosok Blackbeard dan krunya yang mengincar buah iblisnya. Namun, kejutan pun muncul setelah Rayleigh berhasil menengahi pertempuran tersebut.

Rayleigh tidak datang sendiri. Ternyata, dia datang bersama dengan sosok Shakkey. Dalam chapternya kemudian kita mendapatkan fakta penting, di mana ternyata Shakkey merupakan pemimpin dari Amazon Lilly dua generasi sebelumnya. Selain itu, dia juga merupakan mantan kapten atau pemimpin dari kelompok bajak laut Kuja. Artinya Shakkey adalah sosok yang kuat.

Namun, sayangnya, di chapter 1059 sendiri kita tidak melihat seperti apa kekuatan epik dari Shakkey. Yang pasti, mungkin kita bisa melihat gambaran kekuatan Shakkey dari sosok Hancock. Apakah Shakkey jauh lebih kuat atau tidak dari Hancock memang masih menjadi misteri untuk saat ini. Hal ini pun memunculkan pertanyaan besar lainnya, apakah Shakkey memiliki Haki atau buah iblis?

Teori Apakah Shakky Mantan Anggota Kelompok Rocks - Dafunda.com

Berdasarkan terungkapnya fakta ini, ada beberapa hal yang terjawab dengan baik. Pertama, melalui fakta ini kita akhirnya tahu bahwa bajak laut terkenal yang pernah menjadi bagian dari petualangan Shakkey bukanlah Rocks melainkan Kuja. Karena itulah, rasanya wajar jika kemudian dia pernah bertarung melawan Garp dan bahkan mengenalnya karena menghadapi pihak angkatan laut adalah resiko yang harus dia jalani.

BACA JUGA: Oda Ungkap Musuh Terakhir Luffy di One Piece!

Kedua, kita akhirnya mendapatkan konfirmasi mengenai spekulasi yang sebelumnya beredar bahwa ada kemungkinan jika dia pernah tinggal atau menjadi bagian dari Amazon Lilly. Hal ini mengingat bagaimana Gloriosa mengenal sosok Shakkey. Fakta tersebut juga menarik karena melihat bagaimana keputusan dari Shakkey untuk tidak tinggal di Amazon Lilly pasca dia tidak lagi berkuasa. Dia lebih memilih untuk tinggal di Sabaody dan membuka sebuah bar. Apakah ini merupakan rencananya untuk mengamankan diri dari angkatan laut? Atau justru ada alasan lainnya yang jauh lebih pribadi?

Shakkey Adalah Ibu Mihawk?

Terdapat sebuah teori yang cukup menarik yang berkembang di kalangan para fans yaitu Dracule Mihawk sebenarnya adalah anak dari Silvers Rayleigh dan Shakkey. Manganya sendiri dianggap sudah memberikan petunjuk mengenai hal tersebut. Misalnya, yang pertama adalah Shakky berhenti menjadi anggota bajak laut 40 tahun yang lalu.

Kemudian pola jubah atau pakaian yang dikenakan oleh Rayleigh – bagian dalamnya – sama dengan milik Mihawk. Mihawk sendiri memiliki Hobi yang sama dengan sosok Shakky, senang membaca berita, mencari informasi dari koran, sambil minum-minuman beralkohol. Dari segi struktur wajah pun wajah Mihawk dianggap memiliki kemiripan dengan sosok Shakkey.

Kaido's Wife and Yamato's Mother - One Piece

Gloriosa sendiri sempat mengatakan kepada Hancok bahwa pemimpin terdahulu juga mengalami “virus” yang sama ketika dia begitu menyukai sosok Luffy. Virus tersebut tidak lain adalah cinta. Melihat spekulasi di atas, dan juga fakta bahwa Shakkey adalah mantan penguasa Amazon Lilly, ada kemungkinan besar bahwa Shakkey pun mengalami hal yang sama. Gloriosa sendiri menyebutkan bahwa dia berhasil selamat dengan cara kabur dari Amazon Lilly.

BACA JUGA: Oda Resmi Kenalkan 7 Karakter Baru One Piece!

Hal ini juga yang mungkin Shakkey lakukan dahulu, yang mana hal tersebut sesuai dengan keadaan yang terjadi saat ini. Shakkey kemudian tinggal di Sabaody dan tidak kembali ke Amazon Lilly sampai saat ini. Fakta terbaru mengenai Shakkey ini tentunya sangat luar biasa. Menarik untuk kita nantikan ada fakta apa lagi yang akan Oda suguhkan dalam ceritanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.