Jinbe – 1,100,000,000 Belly

Jinbe adalah kru Topi Jerami yang memiliki mimpi untuk mengakhiri permusuhan antara manusia ikan dan manusia, selain mengikuti Luffy dan membantunya mewujudkan mimpi sebagai seorang raja bajak laut. Meskipun pada awalnya Jinbe mungkin hanya ingin membayar “hutang” yang dia buat dulu kepada Ace sebelum dia tewas, namun pada akhirnya dia sadar bahwa Luffy bukanlah sosok biasa.

Dalam pertempuran di Onigashima, Jinbe harus berhadapan dengan sosok Who’s Who. Dia adalah mantan anggota dari CP-9 dan juga bagian dari kelompok Flying Six. Yang menarik dari pertarungan mereka adalah terungkapnya fakta tentang sosok Nika. Nilai buruan Jinbe saat ini berhasil melampaui 1 milliar Belly, yang mana sebenarnya angka ini terlalu besar. Pasalnya, Jinbe hanya menghadapi Flying Six yang notabene levelnya berada di bawah All-Stars.

Sanji – 1,032,000,000 Belly

Sanji merupakan salah satu dari tiga monster dalam kru Topi Jerami, selain Zoro dan Luffy. Di sepanjang pertempuran Onigashima ini banyak momen epik yang terjadi terutama terhadap sosok Sanji. Misalnya, bagaimana Sanji berhasil membangkitkan kekuatan dahsyat dalam dirinya berkat mengaktifkan Raid Suit. Dan efek dari hal tersebut adalah dia mampu bertarung melawan Queen.

Pertarungan antara Sanji melawan Queen menjadi salah satu pertarungan yang cukup mendapatkan perhatian dari para fans. Queen sendiri merupakan sosok terkuat nomor dua di kelompok bajak laut Beast. Namun, sayangnya, hal ini ternyata belum cukup untuk meningkatkan nilai buruan Sanji yang mana justru Jinbe yang jauh lebih besar nilai buruannya. Masih belum kita ketahui apa faktor lainnya yang membuat nilai buruan Sanji lebih kecil dari Jinbe.

Nico Robin – 930,000,000 Belly

Berbicara mengenai Nico Robin, sebenarnya ada hal menarik dari sosoknya. Bukan mengenai kekuatan atau karakternya, melainkan nilai buruan yang dia miliki. Nilai buruan Robin sendiri sebelumnya hanya 130 juta Belly. Sebuah angka yang cukup kecil sebenarnya jika melihat siapa sebenarnya sosok Robin. Namun, pasca apa yang terjadi di Wano di mana Robin berhasil mengalahkan Black Maria kemungkinan angka tersebut akan meroket.

Dan ternyata, prediksi tersebut terbukti benar. Dalam ceritanya, Nico Robin menjadi lawan bagi Black Maria setelah dia menggantikan posisi dari Sanji, yang tidak bisa bertarung melawannya. Pertarungan melawan Black Maria menjadi momen pembuktian kekuatannya yang sudah meningkat drastis. Dan berdasarkan informasi yang ada, nilai buruan Nico Robin kini hampir menyentuh 1 miliar Belly yaitu di angka 930 juta Belly.

Usopp – 500,000,000 Belly

Penembak jitu dari kelompok bajak laut Topi Jerami. Usopp merupakan anggota awal dari kru tersebut di mana dia bergabung dalam arc Desa Syrupp. Sejak pertama kali muncul dalamcerita, Usopp memang sudah terkenal memiliki kelebihan dalam hal menggunakan ketapel. Namun, seiring waktu, Usopp menunjukan peningkatan kekuatannya dalam hal persenjataan dan sekaligus juga dalam hal menembak tepat.

Selama di Onigashima, Usopp memang tidak terlalu banyak bertarung seperti halnya Nami. Dia hanya berlari-lari dari satu lantai ke lantai yang lain bersama Otama untuk memberikan Kibi Dango. Meskipun begitu, Usopp juga yang kemudian menyelamatkan nyawa Kikunojo dan juga Kinemon yang terluka parah akibat pertarungan sebelumnya. Yang menarik adalah nilai buruan Usopp semakin meningkat di angka 500 juta Belly.

Franky – 394,000,000 Belly

Franky adalah salah satu kru Topi Jerami terkuat setelah Luffy, Zoro, Sanji, dan Jinbe. Dalam pertempuran di Onigashima ini dia cukup banyak membantu aliansi Luffy untuk bisa menang. Sebelumnya, Franky mampu membuat Big Mom marah setelah dia menggilas wajahnya. Dan puncak petualangan dari Franky sendiri adalah ketika dia bertarung melawan Sasaki.

Salah satu anggota Flying Six ini pun cukup memberikan kerepotan bagi Franky, sebelum kemudian Sasaki berhasil dikalahkan. Sebagian fans merasa bahwa pertarungan Franky ini kurang begitu epik, seperti di arc Dressrosa. Namun, terlepas dari hal itu, kontribusi Franky selama pertempuran ini sangatlah besar. Nilai buruan baru dari Franky sendiri saat ini berada di angka 394 juta Belly. Yang unik adalah Pemerintah Dunia mengganti foto Franky dengan kepala Sunny.

Brook – 383,000,000 Belly

Brook adalah salah satu sosok karakter yang cukup berpengaruh di arc Whole Cake Island, di mana big Mom sendiri sangat menyukai sosok Brook. Dia juga mampu menandingi kekuatan Big Mom meskipun hanya sebentar. Selama pertempuran di Onigashima, memang Brook nampak tidak terlalu banyak bertarung selain membantu yang lain membuka jalan untuk Luffy menuju atap.

Selebihnya, Brook menjadi sosok yang menemani dan membantu Robin untuk bisa kabur dari CP-0. Meskipun begitu, kontribusi ini pun cukup membantu kru Topi Jerami memenangkan pertempuran. Dan jika tidak ada Brook, mungkin Robin sudah tertangkap oleh CP-0. Nilai buruan Brook sendiri saat ini mengalami kenaikan yang lumayan besar, yaitu mencapai 383 juta Belly.

Nami – 366,000,000 Belly

Terakhir adalah Nami. Dia merupakan salah satu dari tiga kru bajak laut Topi Jerami yang paling lemah. Namun, bukan berarti dia bisa dipandang remeh saat berhadapan dengan musuh. Nami pernah menjadi seorang kucing pencuri dan pernah menjadi anak buah dari bajak laut Arlong, yang mana hal itu memberikannya sedikit kemampuan untuk bertarung. Kemampuan tersebut sering dia gunakan dalam berbagai pertempuran.

Kemampuan Nami bertambah setelah dia memiliki salah satu Homies milik Big Mom, yaitu Zeus. Hal ini bisa kita lihat dalam pertempuran melawan Ulti, di mana berkat kerja sama Zeus dan Nami, mereka mampu menaklukan salah satu Flying Six tersebut. Nilai buruan Nami saat ini mencapai 366 juta Belly, angka yang cukup luar biasa melihat bagaimana pencapaian Nami di arc Wano ini.

Tony Tony Chopper – 1000 Belly

Chopper adalah karakter yang paling underrated dalam cerita One Piece. Meskipun begitu, Chopper merupakan salah satu karakter favorit dari para fans. Pemerintah Dunia mungkin tidak sadar bahwa dibalik wajahnya yang lucu dan imut, terdapat sosok monster mengerikan yang siap menghancurkan apa pun yang ada di depannya. Kemampuan medis Chopper pun membuat Queen terkejut.

Sayangnya, berdasarkan informasi di chapter 1058 diketahui bahwa nilai bounty Chopper lagi-lagi tidak terlalu signifikan. Nilai terbarunya hanya 1000 Belly, yang mana hal ini seolah memperlihatkan bahwa Pemerintah Dunia begitu memandang sebelah mata Chopper. Mungkin, hal ini ada benarnya mengingat Chopper hanya bertarung sekali menghadapi Queen. Namun, angka tersebut rasanya masih terlalu kecil.

Itulah nilai bounty terbaru dari para karakter, yang terlibat dalam perang besar di Onigashima. Perang yang muncul dalam arc Wano Country ini merupakan perang terbesar yang pernah muncul dalam cerita One Piece. Selain akibat pertempuran di Onigashima, beberapa faktor lainnya juga memengaruhi sebagian nilai buruan para karakter yang ada di serinya ini.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.