Nilai buruan selalu menjadi elemen yang menarik yang muncul di seri One Piece. Para fans  selalu penasaran dengan nilai buruan seseorang. Nilai buruan merupakan salah satu sistem lainnya yang Pemerintah Dunia ciptakan. Hal ini sengaja mereka lakukan demi menjaga kedamaian dan juga ketertiban di seluruh dunia. Dengan adanya sistem nilai buruan tersebut, banyak pihak yang mencoba untuk menangkap para bajak laut yang ada.

Nilai buruan tersebut tidak bersifat tetap. Angkanya akan bergerak naik sesuai dengan apa yang sudah kita kerjakan atau lakukan. Contohnya adalah terlibat dalam pertempuran di Onigashima. Hal tersebut wajar mengingat bagaimana masifnya level pertarungan, dan juga banyaknya orang-orang yang terlibat dalam pertempuran tersebut. Dalam beberapa chapter kemarin, kita melihat sudah ada karakter yang mengalami peningkatan nilai buruan. Siapa saja?

Dracule Mihawk – 3,590,000,000 Belly

Seperti yang muncul dalam chapternya, Brannew menginformasikan bahwa nilai buruan Dracule Mihawk berada di angka 3,590,000,000 Belly. Angka tersebut hampir menyentuh 4 miliar Belly, di mana nilai buruannya jauh di atas Blackbeard bahkan Luffy. Para fans harus menunggu selama lebih dari dua dekade untuk mengetahui nilai buruan itu.

Dan yang menarik adalah nilai buruan ini hanya berbeda kurang dari 500 juta Belly dari Shanks. Para fans selalu penasaran dengan berapa nilai buruan dari Mihawk, mengingat reputasinya dan juga kemampuan berpedangnya. Mereka menduga bahwa nilai buruan Mihawk mungkin berada di atas 1 miliar Belly, yang mana ternyata prediksi tersebut terbukti benar.

Buggy – 3,189,000,000 Belly

Selain nilai buruan Mihawk, Brannew juga mengungkapkan nilai buruan dari Buggy yang mana menyentuh angka 3,1 miliar Belly. Sebuah angka yang sangat fantastis untuk sosok Buggy. Dalam artikel sebelumnya, muncul prediksi yang menyebutkan bahwa ada kemungkinan jika nilai buruan Buggy menyentuh lebih dari 2 miliar Belly. Hal ini mengingat statusnya sebagai sosok Yonko.

Dalam artikel lainnya juga menyebutkan bahwa kemungkinan nilai buruan Buggy ini akan menjadi sangat luar biasa. Mengapa? Karena, Buggy akan menjadi karakter dengan peningkatan nilai buruan paling besar dan drastis di sepanjang serinya. Peningkatan nilai buruan Buggy sendiri bisa mencapai 3 miliar lebih. Pasalnya, nilai buruan awal dari Buggy sendiri hanya 180 juta Belly.

Monkey D. Luffy – 3,000,000,000 Belly

Nilai buruan Luffy sebelumnya adalah 1.5 milliar Belly, nilai yang luar biasa dan merupakan nilai buruan tertinggi jika melihat rekan-rekan Supernova yang lain. Sudah sejak lama para fans memprediksi bahwa Luffy merupakan orang yang kemungkinan besar akan mengalahkan Kaido di arc ini, dan prediksi tersebut pada akhirnya memang terbukti seperti yang kita lihat di chaptrer 1050 kemarin.

Dengan satu lagi bajak laut kuat berhasil Luffy taklukan tentunya membuat dia semakin berbahaya dan menjadi incaran angkatan laut. Apalagi, Luffy berhasil mengalahkan makhluk paling kuat di dunia dan bajak laut paling “mahal” dengan nilai buruan mencapai 4 Milliar Belly. Nilai buruan Luffy sekarang berada di angka 3 milliar Belly, angka yang jauh lebih besar dari Blackbeard dan hampir sama dengan angka milik Shanks.

Trafalgar Law – 3,000,000,000 Belly

Bukan hanya Luffy, kapten Worst Generation lainnya, Law, juga memiliki nilai buruan yang sama yaitu 3 miliar Belly. Law juga merupakan Worst Generation lainnya yang terlibat dalam pertempuran di Wano. Dia sudah menjadi bagian dari aliansi besar Luffy bahkan sebelum arc Wano mulai. Dia pun merupakan salah satu sosok yang ikut bertarung melawan Kaido.

Law merupakan sosok yang cerdas, di mana dia memiliki rencananya sendiri untuk mengalahkan Kaido. Meskipun tidak ikut mengalahkan Kaido, Law bersama Kid bekerja sama untuk mengalahkan Big Mom. Hal ini bisa berhasil berkat kebangkitan buah iblis Ope Ope miliknya yang membuat Big Mom tidak berdaya. Berdasarkan hal tersebut, mungkin nilai buruan Law akhirnya menyentuh angka 3 miliar Belly.

Eustass Kid – 3,000,000,000 Belly

Kapten dari bajak laut Kid dan merupakan salah satu dari Worst Generation yang ikut bertarung melawan Kaido dan Big Mom. Kid sempat menolak untuk bergabung dengan Luffy dalam aliansi besarnya, namun kemudian kejutan muncul di mana Kid bersama Law dan Luffy bekerja sama untuk menghadapi Kaido. Di Onigashima sendiri Kid bertarung melawan beberapa musuh.

Yang pertama adalah Scratchmen Apoo. Kid bertarung melawan Apoo karena dia dendam pada sosoknya yang sudah mengkhianatinya di awal arc Wano. Kid juga terlibat dalam pertarungan melawan Kaido dan Big Mom. Bahkan, Kid menjadi salah satu orang yang berperan dalam mengalahkan sosok Big Mom. Hal inilah yang kemudian membuat Kid juga mendapatkan angka 3 miliar Belly.

Crocodile – 1,965,000,000 Belly

Dalam One Piece chapter 1056 kemarin Oda Sensei memperkenalkan para fans dengan sebuah organisasi baru. Dalam chapter tersebut dijelaskan bahwa beberapa mantan Shichibukai, seperti Crocodile dan Dracule Mihawk, menjadi bagian dari organisasi baru itu. Setelah sekian lama menghilang, akhirnya sosok Crocodile kembali muncul dan langsung menghadirkan kehebohan.

Kemunculan kembali Crocodile dan juga organisasi Cross Guild tentunya mengejutkan banyak fans. Pasalnya, mereka menduga jika Crocodile memiliki misi lainnya. Ternyata, dalam chapter 1058 terungkap bahwa dia ingin membuat sebuah organisasi atau kelompok yang akan membuat para angkatan laut ketakutan. Menarik tentunya untuk melihat nilai buruan Crocodile bisa mencapai angka yang begitu besar.

Roronoa Zoro – 1,111,00,000 Belly

Zoro merupakan tangan kanan dari Luffy dengan kekuatannya yang dahsyat. Dia juga merupakan sebagai salah satu ahli pedang terkuat dalam ceritanya. Zoro memiliki mimpi untuk menjadi ahli pedang terkuat di dunia, mengalahkan Mihawk. Perlahan tapi pasti, Zoro berusaha untuk mewujudkan mimpinya tersebut, meskipun memang rasanya masih sangat jauh bagi Zoro untuk melampaui Mihawk.

Nilai buruan Zoro sendiri akan meningkat cukup tinggi pasca arc Wano ini. Pasalnya, Zoro mampu berhadapan langsung dengan Kaido dan juga Big Mom. Bahkan, Zoro pun mampu untuk mengalahkan tangan kanan dari Kaido yaitu King yang merupakan bagian dari ras Lunarian. Dan hal ini terbukti di mana nilai buruan Zoro sekarang berada di angka 1,1 miliar, yang mana hal ini menjadi angkat yang sangat fantastis.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.