Berikut adalah kematian tragis She-Hulk di Marvel. She-Hulk adalah karakter yang baru-baru ini melakukan debut MCU dengan serial solonya yang berjudul She-Hulk: Attorney at Law. Karakter yang mempunyai nama asli Jennifer Walters (Tatiana Maslany) ini pada akhirnya mendapatkan kekuatan Hulk setelah terkena darah sepupunya, Bruce Banner/Hulk (Mark Rufallo). Kisah live action-nya ini kurang lebih sama seperti yang terjadi di Marvel Comics.

Walaupun begitu, karena serialnya baru menayangkan episode perdana, banyak yang penasaran apakah She-Hulk akan mempunyai takdir yang sama seperti di komiknya. Di mana dia mengalami sejumlah kematian tragis dan terus-menerus bangkit kembali. Sambil menunggu apa yang akan terjadi di serialnya nanti, kali ini mari kita bahas seperti apa saja pengalaman kematian She-Hulk di Marvel Comics. Di mana semua kematiannya terbilang tidak biasa dan cukup mengerikan. Check this out, Geeks!

BACA JUGA: Perbedaan She-Hulk Versi MCU & Komik!

Ditembak oleh Agen Nicholas Trask

Kematian pertama Jen terjadi tepat sebelum dia menjadi She-Hulk di komik Savage She-Hulk #1 (1980) karya Stan Lee, John Buscema, Chic Stone, dan Joe Rosen. Semuanya bermula saat dia menangani sebuah kasus yang melibatkan komplotan mafia Nicholas Trask. Sebagai seorang pengacara yang mengatas namakan hukum, Jen harus memastikan bahwa para mafia juga tidak kebal hukum. Sayangnya ketika tengah mencoba membuktikan hakl tesebut, Nicholas Trask menyuruh seorang agennya untuk menembak mati Jen.

Persitiwa ini pada akhirnya membuat sepupunya, Bruce, mau tidak mau harus melakukan transfusi darah untuk menyelamatkan Jen. Awalnya upaya Bruce ini memang terlihat seperti berhasil meloloskan Jen dari kematian. Namun, pada kenyataannya di komik The Immortal She-Hulk (2020) karya Al Ewing, Jon Davis-Hunt, Marcio Menyz, dan Cory Petit, terungkap bahwa sebenarnya pada saat itu Jen sudah benar-benar mati. Alih-alih tiba di alam baka, Jen justru melihat Green Door dan bangun dalam rumah sakit dengan kekuatan baru yang memungkinan dia berubah menjadi She-Hulk.

Dibunuh oleh Thanos

Sebagai seorang Avengers, She-Hulk juga tidak luput dari peristiwa memilukan Civil War II yang menewaskan sejumlah superhero. Di kisah karya Brian Michael Bendis, David Marquez, Clayton Cowles, dan Justin Ponsor ini, awalnya seorang Inhuman bernama Ulysses memprediksi bahwa Thanos akan menginvasi Bumi. Sang Mad Titan nantinya akan mencuri cosmic cube dan kemudian melenyapkan dunia dengan artefak kosmik tersebut. Para superhero Bumi hanya punya waktu tiga jam untuk mencari cara agar bisa mengalahkan Thanos.

BACA JUGA: Ini Penyebab Hulk Semakin Lemah di MCU!

Dalam prosesnya, She-Hulk adalah salah satu superhero yang berhadapan langsung dengan sang Mad Titan. Setelah menembaknya dengan misil ke perut She-Hulk, Thanos menghajarnya dan membuatnya mengalami luka yang sangat parah. Berdasarkan penjelasan She-Hulk di komik Immortal She-Hulk, pada saat itu dia memang mati dan para superhero tidak bisa melakukan apa-apa untuk menyelamatkannya. Namun, lagi-lagi dia melihat Green Door dan akhirnya bangkit kembali dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

Dibunuh oleh Ras Alien Cotati

Kematian She-Hulk yang paling baru terjadi di peristiwa Empyre (2020) karya Al Ewing, Dan Slott, Valerio Schiti, dan Marte Gracia. Di kisah ini, para superhero termasuk She-Hulk harus pergi ke Bulan untuk menghadapi ras alien Cotati. Di mana ras alien yang bentuknya menyerupai tanaman ini mempunyai tujuan ingin melenyapkan semua kehidupan di galaksi. Mengetahui bahwa She-Hulk adalah sosok yang sangat kuat, para Cotati lantas memisahkannya dengan superhero lain.

Pada titik inilah mereka membunuh She-Hulk dan menggunakan jasadnya untuk menyusup ke Avengers dan melawan para superhero. Karena pada dasarnya dia sudah mati oleh Cotati, jadi She-Hulk tidak ingat bahwa dia menyerang superhero lain. Setidaknya sampai dia bangkit kembali setelah melewati Green Door seperti sebelumnya.

BACA JUGA: Hulk vs She-Hulk, Mana Jagoan Terkuat?

Itulah tiga kematian tragis She-Hulk di Marvel Universe. Meskipun tidak banyak yang sadar, tetapi semua kematian ini memang benar-benar She-Hulk alami. Jika saja dia tidak melewati Green Door, maka She-Hulk tidak mungkin masih bisa beraksi sampai sekarang. Berdasarkan semua kematiannya ini, tidak sedikit penggemar yang berspekulasi bahwa She-Hulk abadi. She-Hulk sendiri mengaku bahwa dia tidak bisa menjelaskan fenomena yang dia alami, yang jelas baik Green Door memang sering muncul ketika seorang Hulk mati. Apakah hal serupa akan terjadi juga di MCU? Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.