Perbedaan She-Hulk versi MCU & Komik. Setelah lama menanti, akhirnya para penggemar bisa kembali menyaksikan aksi sang Jade Giant MCU di serial She-Hulk: Attorney At Law. Menariknya, kali ini yang beraksi bukan hanya Bruce Banner/Hulk saja, tetapi juga sepupunya yang bernama Jennifer Walters/She-Hulk. Sebagai bintang utama, She-Hulk hadir dengan cukup memukau di episode perdana serialnya. Di mana dia menjelaskan sendiri asal-usul perubahan dan kekuatannya kepada para penggemar dengan kemampuan breaking the fourth wall.

Melihat apa yang terjadi di episode perdana Attorney At Law, termasuk proses Jen menjadi She-Hulk, ternyata ada beberapa perbedaan dengan kisah komiknya. Seperti apa kisah origin She-Hulk di Marvel Comics dan bagaimana Marvel Studios mengubahnya di MCU? Langsung saja simak perbedaan She-Hulk versi MCU & komik:

BACA JUGA: Mengenal Kekuatan Breaking the Fourth Wall She-Hulk!

Origin She-Hulk di Marvel Comics

Jennifer Walters alias She-Hulk adalah satu dari sekian banyak karakter yang merupakan kreasi langsung dari sang Legenda Marvel, Stan Lee. Debut di komik Savage She-Hulk #1 (1979), Jen adalah sepupu Bruce sekaligus pengacara sukses yang bekerja di kantor Kejaksaan. Suatu hari ketika dia menangani kasus yang berkaitan dengan mafia, pemimpinnya yang bernama Nick Trask menembak Jen saat sedang mengendarai mobil. Untungnya pada saat kejadian, Bruce yang tengah bersamanya langsung membawanya ke rumah dan melakukan transfusi darah agar Jen bertahan.

Perbedaan She-Hulk Versi MCU & Komik!, Greenscene

Melalui proses transfusi tersebut, darah Bruce yang mengandung radiasi Gamma masuk ke dalam tubuh Jen. Karena panik, Bruce sendiri baru sadar saat dia membawanya ke rumah sakit setelah proses transfusi selesai. Saat penyerangan kembali terjadi di rumah sakit, Jen untuk pertama kalinya berubah menjadi She-Hulk. Tubuhnya membesar, kulitnya menjadi hijau, dan kekuatannya kurang lebih sama seperti sepupunya tersebut. Perbedaan terbesarnya dengan Bruce terletak pada Jen yang masih memiliki kesadaran penuh setelah berubah menjadi She-Hulk.

Ketika Jen berubah menjadi She-Hulk, kekuatan ototnya akan meningkat berkali-kali lipat. Di mana dia mampu mengangkat beban seberat 100 ton dengan mudah dan juga melompat setinggi 180 meter dengan jarak sejauh 300 meter. Daya tahan tubuh She-Hulk juga sangat luar biasa, selain kebal terhadap segala macam serangan, kulitnya juga mampu menahan suhu ekstrem mulai dari -123 sampai 1650 derajat celcius. Dia juga mempunyai kekuatan healing factor yang memungkinkan setiap lukanya untuk sembuh lebih cepat dari manusia pada umumnya.

Penyesuaian di Marvel Cinematic Universe

Di She-Hulk Attorney At Law episode 1Marvel Studios telah melakukan beberapa penyesuaian terhadap origin She-Hulk (Tatiana Maslany). Pada dasarnya Jen masih sama seperti di komiknya, yaitu sepupu Bruce/Hulk (Mark Ruffallo) dan juga seorang pengacara. Perbedaannya mulai terasa saat Jen menceritakan asal-usulnya menjadi She-Hulk. Di mana semuanya tidak ada hubungannya dengan mafia, melainkan sesuatu yang berhubungan langsung dengan MCU, yaitu pesawat Sakaar yang juga sempat terlihat di film Thor: Ragnarok.

Perbedaan She-Hulk Versi MCU & Komik!, Greenscene

Pesawat tersebut tiba-tiba muncul di depan mobil yang tengah Jen kendarai bersama Bruce. Sehingga mobilnya jatuh ke jurang dan menyebabkan keduanya terluka. Seketika saat darah Bruce menetes ke saluran vena Jen, dia langsung berubah menjadi She-Hulk. Di MCU sama sekali tidak ada proses transfusi dan adegan rumah sakit seperti di komiknya. Singkat cerita, pada akhirnya Bruce dalam bentuk Smart Hulk memutuskan untuk membawa Jen ke kabin pantai rahasia untuk melatihnya.

Bruce awalnya mengira bawah sepupunya tersebut akan mengamuk ketika menjadi She-Hulk. Namun, ternyata Jen sama sekali tidak punya alter ego, melainkan tetap orang yang sama ketika dalam wujud She-Hulk. Meskipun ada beberapa perbedaan dengan originnya, tetapi penampilan dan kekuatannya masih sama. Di mana dia bisa mengangkat batu besar, melompat dengan sangat tinggi, sampai melakukan Hulk Clap. Hal yang menarik justru terletak pada darah She-Hulk yang ternyata dapat menyembuhkan luka parah di tangan Hulk akibat ‘Snap’ Infinity Stones di Avengers: Endgame.

BACA JUGA: 7 Villain yang Muncul di She-Hulk!

Apakah itu artinya darah She-Hulk bisa menyembuhkan luka orang lain? Jawabannya mungkin akan kita temukan di episode-episode She-Hulk: Attorney At Law selanjutnya. Meskipun ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok, tetapi pada dasarnya She-Hulk ada karakter yang sama seperti di komiknya. Jadi para penggemar sepertinya tidak terlalu kesulitan untuk mengikuti kisahnya di MCU. Jangan lewatkan aksi She-Hulk di episode selanjutnya yang akan tayang pada Kamis depan, 25 Agustus, hanya di Disney+.