Hulk vs She-Hulk, siapa terkuat? Setelah sempat tidak terdengar kabar, Bruce Banner alias Hulk akhirnya kembali muncul di MCU melalui serial solo sepupunya, She-Hulk. Berjudul She-Hulk: Attorney At Law, serialnya sendiri berfokus pada Jennifer Walters, seorang pengacara yang bisa berubah menjadi Hulk versi wanita. Perubahannya sendiri bisa terjadi karena dia tidak sengaja terkena darah Bruce saat terlibat kecelakaan bersama. Origin MCU-nya ini bisa kita lihat juga di episode perdana serialnya yang tayang pada tanggal 18 Agustus kemarin.

Dengan cepat Jen berhasil membuktikan bahwa dia tidak membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengendalikan diri sekaligus menguasai kekuatannya. Karena faktanya dia tetap orang yang sama, meskipun telah berubah menjadi She-Hulk. Seperti yang terlihat di She-Hulk episode 1, dia langsung bisa mengangkat batu besar, melompat dari jurang ke atas tebing, dan yang lebih hebatnya lagi langsung bisa menguasai jurus thunderclap. Dari sinilah timbul pertanyaan, siapa sebenarnya yang lebih kuat di antara Hulk vs She-Hulk?

BACA JUGA: Perbedaan She-Hulk Versi MCU & Komik!

Pemenang Pertarungan di Marvel Comics

Sebelum membahas siapa yang terkuat antara Hulk vs She-Hulk di MCU, mari kita selami terlebih dahulu sejarahnya di Marvel Comics. Pada masa debutnya, Marvel memang sempat menggambarkan bahwa She-Hulk sangat kuat, tetapi tidak sekuat sepupunya Hulk. Walaupun begitu, perlu kita catat bahwa penggambaran tersebut terjadi pada masa lalu. Sedangkan untuk sekarang, pada kenyataannya She-Hulk juga terus berkembang menjadi sosok yang lebih kuat dari sebelumnya. Di Marvel Comics, dia tercatat pernah mengalahkan salah satu varian Thanos yang kekuatannya mirip seperti versi utamanya.

She-Hulk juga pernah mengamuk dampai akhirnya berhasil membunuh Vision, android sekaligus superhero yang terkenal sangat tangguh. Belum lama ini, dia bahkan mendapatkan kekuatan dari entitas kosmik Celestial. Sekarang, She-Hulk bukan hanya kuat, tetapi juga mampu memancarkan ledakan radiasi gamma yang berpotensi membuatnya lebih kuat dari Hulk. Di sisi lain, Hulk sebenarnya tidak jauh berbeda dari She-Hulk, dia kuat dan juga bisa mengeluarkan ledakan radiasi gamma.

Faktanya, legenda Marvel seperti Jack Kirby dan Stan Lee sendiri sempat mengatakan bahwa Hulk tidak mempunyai batasan kekuatan. Makin dia marah maka akan makin besar juga kekuatannya, hal inilah yang kemudian membuatnya bisa melakukan banyak hal luar biasa. Mulai dari melompat keluar orbit, membawa planet di punggungnya, merobek realitas dengan thunderclap, sampai memukul mundur timeline. Sedangkan kesadaran Jen saat menjadi She-Hulk justru membuat emosinya lebih stabil, sehingga kekuatannya tidak akan meledak-ledak seperti Hulk.

BACA JUGA: Ini Penyebab Hulk Semakin Lemah di MCU!

Berdasarkan perbandingan tersebut, cukup aman untuk kita simpulkan, bahwa sampai sekarang pun Hulk masih lebih unggul alias lebih kuat dari She-Hulk di Marvel Comics. She-Hulk sendiri mungkin akan setuju dengan perbandingan ini, dan tidak terlalu peduli juga siapa yang lebih kuat, karena dia dan Hulk adalah sepupu yang hubungannya cukup baik. Alih-alih saling bertarung, mereka lebih sering bekerja sama untuk menghasilkan kolaborasi duo gamma yang mematikan. Apakah hal yang sama berlaku juga di Marvel Cinematic Universe?

Hulk vs She-Hulk, Siapa Pemenangnya di MCU?

Pada dasarnya Hulk dan She-Hulk tidak ada bedanya, baik di Marvel Comics maupun MCU. Mereka berdua sama-sama karakter kuat yang mungkin akan masuk daftar ‘Top 10 Karakter Terkuat di MCU‘. Namun, berdasarkan apa yang terlihat di serial She-Hulk episode 1, ada kemungkinan hasil pertandingan antara keduanya akan berbeda dengan di komik. Mengapa hal itu bisa terjadi? Sebenarnya ada cukup sejumlah alasan yang membuat She-Hulk tampak lebih unggul dari Hulk di MCU.

Yang pertama dia mampu menguasai dan mengolah kekuatannya lebih cepat, hal inilah yang kemudian membuat Hulk merasa iri. Kedua, dia mempunyai darah yang dapat menyembuhkan tangan Hulk. Padahal selama beberapa tahun terakhir, luka Hulk yang disebabkan oleh snap Infinity Gems sangat sulit untuk pulih. Ketiga, kecerdasan Jen memungkinkan dia untuk meniru jurus-jurus Hulk dengan cepat, termasuk thunderclap. Saat mereka berdua bertarung di episode kemarin, memang tidak ada yang keluar sebagai pemenang, karena She-Hulk dan Hulk lebih dahulu berdamai untuk memperbaiki bar.

Walaupun begitu, jika diteruskan bukan tidak mungkin She-Hulk akan bisa mengalahkan Hulk. Terlebih lagi saat ini Hulk sedang berada dalam fase ‘Smart’ Hulk, yang mungkin akan menahan emosinya sehingga dia tidak bisa mengamuk seperti dahulu. Seperti yang kita tahu, saat menjadi Hulk di film The Avengers, dia pernah dengan mudah merobohkan monster Leviathan dengan satu tangan. Sedangkan sekarang, banyak penggemar yang meragukannya, karena Smart Hulk telah menjadikan karakterya lebih ‘ramah’ dan ‘sulit marah’.

BACA JUGA: Ini Penyebab Hulk Semakin Lemah di MCU!

Di sisi lain, perkembangan Jen sebagai She-Hulk terbilang pesat. Apalagi dia juga mempunyai darah yang berpotensi membuatnya mempunyai kemampuan healing factor. Bagaimana menurut kalian? Lagi-lagi, siapa pun yang jadi pemenangnya, She-Hulk sebenarnya tidak terlalu peduli. Karena menurutnya karier sebagai pengacara jauh lebih penting daripada menjadi superhero. Sepertinya akan menarik melihat bagaimana She-Hulk nantinya menjaga keseimbangan antara kariernya sebagai pengacara sekaligus superhero di MCU. Kita lihat saja nanti seperti apak perkembangan karaktenrya ya, Geeks.