Oda ungkap buah iblis untuk pedang Zoro. Kekuatan dari buah iblis memang menjadi salah satu sumber kekuatan yang ada di seri One Piece. Ada banyak karakter dalam ceritanya yang memiliki kekuatan buah iblis, seperti sosok Monkey D. Luffy yang merupakan protagonis utama dalam serinya. Luffy selalu diperlihatkan memiliki cita-cita untuk menjadi seorang bajak laut, dan pergi ke pulau terakhir untuk menemukan One Piece.

Namun, untuk bisa mewujudkan mimpinya tersebut Luffy harus menghadapi berbagai rintangan. Seperti melawan bajak laut lain, angkatan laut, bahkan Yonko. Beruntung, Luffy memiliki kekuatan yang tangguh serta kemampuan buah iblis Gomu Gomu/Hito Hito, di mana berkat buah iblis tersebut Luffy bisa memiliki badan dan anggota tubuh lainnya yang lentur seperti karet.

Meskipun begitu, para fans sendiri berharap bahwa ada beberapa karakter lainnya yang juga memiliki kekuatan buah iblis. Dalam kru bajak laut Topi Jerami sendiri diketahui baru empat orang yang memiliki kekuatan buah iblis. Mereka adalah Luffy, Brook, Chopper, dan Robin. Bagaimana jika kemudian kru Topi Jerami lainnya memiliki kemampuan buah iblis?

BACA JUGA: One Punch Man: Saitama Penyebab Kiamat Bumi?

Pedang Zoro Miliki Buah Iblis?

Hal ini pun dijawab oleh Oda Sensei dalam kolom SBS Volume 98 kemarin. Dalam kolom SBS tersebut, seorang fan bertanya kepada Oda Sensei apa buah iblis yang cocok untuk kru Topi Jerami lainnya yang belum memiliki kekuatan buah iblis. Oda Sensei kemudian menjawab bahwa pertanyaan tersebut menarik dan kemudian menegaskan jawabannya.

Salah satu yang menarik dari jawaban Oda Sensei adalah tentang buah iblis untuk Zoro. Menurutnya, Roronoa Zoro cocok untuk mengonsumsi buah iblis Uo Uo no Mi, Model: Seiryu. Yang kemudian menjadi perhatian adalah jika Geeks perhatikan Oda mengatakan bahwa buah iblis Uo Uo tersebut bukan diberikan kepada Zoro, melainkan kepada pedangnya.

Oda sendiri beralasan bahwa akan sangat keren ketika sebuah pedang bisa berubah menjadi seekor naga. Alasan ini sebenarnya cukup masuk akal mengingat Zoro sendiri sudah sangat kuat meskipun tanpa kekuatan buah iblis. Karena itulah, sebagian fans sendiri beranggapan bahwa ketika sosok seperti Zoro memiliki kekuatan buah iblis maka hal itu akan mengurangi level “kekuatan” dari karakternya.

BACA JUGA: One Piece: 13 Misteri Wano yang Belum Terungkap!

Bagaimana kemudian senjata, khususnya pedang, memiliki kekuatan buah iblis sebenarnya bukan sesuatu yang baru di dunia One Piece. Sebelumnya, di arc Enies Lobby kita melihat bagaimana Spandam, pemimpin dari CP-9, memiliki sebuah pedang bernama Funkfreed. Pedang tersebut mampu berubah menjadi seekor gajah yang sangat besar dan menyerang lawannya dengan brutal.

Jauh sebelumnya pun Oda sudah memperlihatkan bagaimana sebuah senjata bisa memiliki kekuatan buah iblis. Lassoo merupakan anjing milik Mr. 4 di mana bentuk tubuhnya menyerupai sebuah meriam. Namun, dia merupakan seekor anjing hybrid hasil modifikasi Dr. Vegapunk. Pada intinya, sangat memungkinkan ketika sebuah benda hidup atau benda mati sekali pun memiliki kekuatan buah iblis.

Bagaimana Hal Ini Terjadi?

Yang kemudian masih menjadi misteri adalah bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Jika makhluk hidup, terutama manusia, mengonsumsi buah iblis semuanya masih masuk akal. Namun, ketika benda mati atau makhluk hidup lainnya kemudian memiliki kekuatan buah iblis hal inilah yang masih belum ada penjelasannya. Ini pun menjadi salah satu rahasia besar yang masih belum terpecahkan di serinya.

BACA JUGA: House of the Dragon: Inikah Tujuan Daemon di Episode 1?

Apakah mungkin semuanya ada kaitannya dengan DNA sebuah makhluk hidup? Atau ada faktor lainnya yang membuat semua hal itu terjadi? Mungkin, pada masa yang akan datang kita akan mengetahui rahasia ini melalui penjelasan Dr. Vegapunk. Terlepas dari hal tersebut, menarik memang untuk melihat jika salah satu dari pedang milik Zoro kemudian memiliki kekuatan buah iblis milik Kaido tersebut. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan pendapat Oda?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.