Mengapa Yamato batal gabung Luffy? One Piece Chapter 1057 kemarin memperlihatkan bagaimana keputusan akhir dari Yamato. Anak dari Kaido tersebut memutuskan untuk tidak bergabung dengan kelompok Topi Jerami seperti yang dia inginkan sebelumnya. Hal ini tentunya mengejutkan banyak fans yang menduga bahwa Yamato akan menjadi Nakama baru. Namun, apakah keputusan untuk tinggal tersebut memang merupakan keinginan terbesar dari Yamato?

Seperti yang terungkap dalam chapternya kemarin, Yamato mengatakan kepada Momonosuke dan Kinemon serta Luffy bahwa dia tidak jadi bergabung dengan Luffy. Menurutnya, dia ingin menjalani hidup seperti Kozuki Oden terlebih dahulu. Dia ingin berkeliling wilayah Wano dan melakukan berbagai petualangan yang ada. Hal ini pun jelas membuat Kinemon dan Momonosuke tidak percaya dengan apa yang mereka dengar.

Hal tersebut wajar karena sejak lama Yamato sudah menggebu-gebu mengatakan bahwa dia ingin keluar dari wilayah tersebut. Dia ingin melihat luasnya dunia dengan berlayar dan menjadi bajak laut. Keputusan dari Yamato itu pun membuat Kinemon dan Momo heran, dan di sisi lain hal itu juga memang memunculkan kecurigaan. Inilah yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa Yamato kemungkinan besar berbohong kepada semuanya.

BACA JUGA: One Piece: Oda Ungkap Fakta Terbaru Shanks!

Apa Alasan Yamato Berbohong?

Alasan Yamato untuk memutuskan tinggal di Wano karena dia ingin melihat dan berpetualang seluruh negeri rasanya kurang masuk akal. Ada beberapa alasan terkait hal tersebut, pertama Wano kini sudah damai dan lepas dari Tirani. Tidak ada lagi kekerasan, kekejaman atau apa pun yang membuat mereka menderita. Lalu, apa yang ingin Yamato buktikan? Apa lagi yang ingin Yamato lakukan?

Kemudian, Oda sendiri sudah dengan jelas menghadirkan berbagai petunjuk mengenai Yamato yang kemungkinan besar akan bergabung dengan Luffy. Bahkan, di chapter sebelumnya Yamato dengan jelas menyatakan kepada kru Topi Jerami yang lain bahwa dia akan bergabung dengan mereka. Lalu, mengapa kemudian dia tiba-tiba berubah pikiran? Pasti karena sesuatu yang penting.

Alasan bahwa Yamato ingin berpetualang dan menjalani hidup seperti Kozuki Oden terlebih dahulu sebelum menjadi bajak laut kemungkinan adalah sebuah kebohongan besar. Yamato bukan ingin berpetualang seperti Oden, namun alasan sebenarnya kemungkinan adalah dia ingin melindungi negara tersebut. Hal ini mungkin karena rasa bersalah Yamato sebelumnya atas apa yang pernah ayahnya lakukan.

Namun, kemudian, Yamato melihat bagaimana pertarungan antara Momonosuke menghadapi admiral Aramaki. Dalam pertarungan tersebut Momonosuke memperlihatkan bagaimana tekadnya untuk bisa melindungi Wano. Dia memang memiliki keberanian, namun tidak dengan kekuatan. Mungkin, itulah yang kemudian membuat Yamato berpikir ulang untuk meninggalkan Wano.

BACA JUGA: 4 Perebut Kekuasaan di House of the Dragon!

Ide atau pemikiran dari Yamato tersebut memang masuk akal. Dia merasa bahwa Wano masih menjadi sebuah negara yang tidak memiliki pertanahan yang kuat. Wano hanya memiliki sisa-sisa Red Scabbards, yang mana rasanya hal tersebut masih belum cukup untuk menghadapi ancaman yang besar. Contohnya, mereka mungkin akan kewalahan menghadapi serangan admiral atau bahkan Yonko lainnya seperti Blackbeard.

Takdir Yamato Adalah Jadi Pelindung Wano?

Yamato sadar bahwa jika dia berbicara jujur, maka hal tersebut akan mempermalukan atau membuat Momonosuke dan yang lain sakit hati. Inilah yang mungkin menjadi alasan juga mengapa Yamato memutuskan untuk berbicara dengan Luffy tanpa Momonosuke ketahui. Dan sebelum Luffy benar-benar pergi, dia pun sempat mengatakan bahwa sekarang semuanya berada di tangan Yamato. Dia mempercayakan Wano kepada Yamato

Di sisi lain, Luffy sendiri ikut membantu Yamato melindungi dengan memberikan bendera kelompok Topi Jerami kepada Momonosuke. Dengan kata lain, jika kemudian Momo tahu apa motif sebenarnya dari Yamato bisa jadi dia akan mengusir Yamato dari Wano. Lagipula, keberadaan Yamato sebagai pelindung Wano sepertinya memang sudah menjadi takdir. Hal ini bisa kita lihat dari buah iblis yang dia konsumsi.

Pada chapter 1020 kemarin diketahui bahwa Yamato memakan buah iblis Inu Inu no Mi, Model: Oguchi no Makami. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kaido. Dan seperti yang Geeks ketahui, bahwa Oda Sensei memang senang untuk memasukan berbagai referensi menarik di dunia nyata untuk kemudian diaplikasikan dalam cerita One Piece, termasuk karakter Yamato.

BACA JUGA: One Piece: Ini Buah Iblis Pedang Zoro!

Menurut Kaido, buah iblis tersebut berasal dari sosok dewa penjaga Wano yang mana hal ini membuat Kaido kesal karena Yamato yang memakannya. Berdasarkan hal tersebut, seolah apa yang terjadi saat ini memang sudah menjadi takdir bagi Yamato. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana peran Yamato sebagai sosok pelindung dari Wano dalam menghadapi berbagai ancaman yang ada.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.