Dalam Cerita One Piece kelompok Topi Jerami terkenal sebagai salah satu kru bajak laut terkuat. Mereka semua memiliki kekuatan yang dahsyat. Dan hal tersebut memang benar, di mana masing-masing kru memiliki keahlian dan kelebihan masing-masing. Misalnya Nami, yang memiliki kemampuan navigasi yang sangat luar biasa.

Meskipun mereka termasuk salah satu kru terkuat dengan kemampuan dan kelebihan masing-masing, dalam kekuatan fisik tidak semuanya memiliki kelebihan ini. Usopp adalah salah satunya. Dia menjadi salah satu kru paling lemah dan penakut daripada Nico Robin atau Franky. Bahkan, bisa kita katakan bahwa Usopp adalah kru Topi Jerami paling lemah. Dan hal ini adalah sesuatu yang Oda Sensei sendiri akui.

Penjelasan Oda Sensei

Menurut Oda, dia memang sengaja menghadirkan sosok Usopp sebagai kru Topi Jerami yang paling lemah. Dalam sebuah wawancara untuk One Piece 10th Treasure yang rilis pada 2007 silam, Eiichiro Oda sempat mengatakan bahwa tidak peduli seberapa banyak jumlah kru Topi Jerami, sosok Usopp akan selalu menjadi yang terlemah. Hal itu sengaja dia lakukan demi menjaga keseimbangan cerita.

BACA JUGA: Inikah Wujud Odin di God of War Ragnarok?

Oda juga menjelaskan bahwa karakter Usopp memang sengaja dia hadirkan sebagai sosok yang lemah, demi bisa juga menjaga kedekatan dengan para pembaca. Karena, dari semua karakter kru Topi Jerami sosok Usopp adalah yang paling “normal.” Karena tidak memiliki keunggulan dalam segi fisik, Usopp lebih sering menggunakan kemampuan otak dan keahlian lainnya saat bertarung.

One Piece Konfirmasi Anggota Topi Jerami Terlemah!, Greenscene

Dan sejauh ini, memang apa yang Oda ucapkan tersebut terbukti. Usopp mungkin bukanlah sosok yang paling kuat, namun dia memiliki jasa dan juga kontribusi yang besar. Misalnya, di cerita awal serinya Usopp memiliki kontribusi bagi Luffy untuk mendapatkan kapal bajak laut pertamanya yaitu Going Merry. Hal ini berkat koneksi Usopp dengan sosok Kaya.

Meskipun Luffy yang kemudian mengalahkan Kapten Kuro, namun koneksi Usopp dengan Kaya yang kemudian menjadi jalan Luffy memiliki kapal pertamanya. Hal ini setelah Kaya mengetahui jika Usopp juga ingin menjadi seorang bajak laut. Sehingga, selain menjadi wujud terima kasih, Kaya juga berusaha untuk mewujudkan mimpi dari Usopp dan juga Luffy.

BACA JUGA: One Piece: Nilai Bounty Xebec Lampaui Roger?

Kemudian, Usopp juga memberikan kontribusinya di arc Dressrosa. Dialah yang berhasil mengalahkan Sugar, berkat kekuatan Observation Haki dan juga kecerdasannya dalam menyusun strategi. Jika bukan karena Usopp, mungkin semua yang berubah menjadi boneka akibat ulah Sugar masih belum akan bisa kembali menjadi manusia.

1
2