Kekuatan epik dari Crocodile sebenarnya muncul dalam pertempuran Marineford. Nampak dia berhasil menandingi kemampuan Doflamingo, Mihawk, dan bahkan Sakazuki. Dia juga sempat berhasil menghilangkan nyawa Whitebeard, sebelum kemudian Luffy mencegahnya. Terlepas dari hal itu, mengingat bagaimana lawan yang pernah dia hadapi adalah sosok yang hebat, Crocodile sepertinya mampu menandingi kekuatan mereka dengan caranya sendiri.

Hal ini tentunya memberikan bukti sekuat apa sosok Crocodile. Dan yang pasti juga adalah kekuatannya tentu sudah bertambah setelah apa yang terjadi sebelumnya. Crocodile mungkin tidak berlatih secara terang-terangan seperti kru Topi Jerami, namun dia tetap berlatih meningkatkan kekuatannya. Crocodile masih tetap menjadi ancaman besar bagi Luffy rasanya memang masuk akal.

Bergabungnya Crocodile dengan Cross Guild, serta ada sosok Mihawk dan Buggy di sana, tentunya bisa menambah kekuatan ketika mereka kembali bertarung. Selain dalam hal pertarungan, ancaman yang mungkin muncul dari sosok Crocodile adalah kemungkinan Crocodile masih mengincar salah satu Senjata Kuno, Pluton. Bahkan, mungkin dia juga adalah sosok yang Caribou maksud.

Meskipun dalam ceritanya kita tidak melihat bagaimana Crocodile begitu menggebu-gebu berambisi mencari keberadaan Pluton, bukan tidak mungkin jika dia masih memiliki hasrat tersebut. Dengan Caribou yang mencuri dengan tentang Pluton, dan asumsi bahwa Crocodile adalah pria yang Caribou maksud, Crocodile masih menjadi ancaman besar bagi Luffy semakin masuk akal.

BACA JUGA: One Piece: Nilai Bounty Xebec Lampaui Roger?

Kesimpulan

Jika Caribou berhasil menyampaikan hal ini kepada Crocodile, dan dia berhasil mengambil alih kendali Wano untuk kemudian mengaktifkan Pluton, maka dia bukan hanya menjadi ancaman besar bagi Luffy. Dia juga akan menjadi ancaman besar bagi seluruh dunia. Dengan semua kecerdasan dan kekuatannya, Crocodile bukanlah sosok yang bisa kita anggap remeh.

Saat ini, dia mungkin tidak akan memberikan Luffy tantangan yang besar setelah berhasil membangkitkan kekuatannya. Namun, dia mungkin bisa memberikan kesulitan dan mimpi buruk terhadap karakter Topi Jerami lainnya. Belum lagi, adanya ancaman Crocodile kembali mengincar Pluton setelah mengetahui Senjata Kuno tersebut ada di Wano. Dan tentunya, Crocodile kini memiliki tambahan tenaga lain setelah Baroque Works yaitu Cross Guild. Kita nantikan saja aksi selanjutnya dari Crocodile ya Geeks!

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.