Di tengah-tengah banyaknya elemen yang menarik yang muncul dalam seri One Piece, salah satu yang cukup unik adalah sistem nilai buruan. Nilai buruan merupakan sebuah sistem lainnya yang Pemerintah Dunia ciptakan. Hal ini sengaja mereka lakukan demi menjaga kedamaian dan juga ketertiban di seluruh dunia. Sistem nilai buruan ini pun sengaja mereka ciptakan sebagai upaya untuk bisa menangkap para penjahat yang ada.

Seperti yang kita ketahui, dunia One Piece sangatlah luas dengan berbagai pulau dan bagian daratan lain. Meskipun angkatan laut memiliki armada yang besar, namun untuk bisa menangkap semua buronan tersebut tentunya akan menjadi sebuah pekerjaan yang sangat sulit. Karena itulah, sistem nilai buruan ini tercipta untuk mempermudah Pemerintah Dunia menjalankan tugasnya.

One Piece: Inikah Nilai Bounty Angkatan Laut?, Greenscene

Namun, bagaimana jika kemudian pembuat sistem buruan justru yang sekarang menjadi buruan? Hal inilah yang terjadi di chapter 1056 kemarin. Dalam chapternya terdapat informasi bahwa organisasi baru, Cross Guild, membuat sayembara berupa nilai buruan kepada siapa pun yang berhasil menghabisi atau menangkap angkatan laut. Ini merupakan langkah gila dan paling berani yang pernah muncul di seri One Piece.

Belum pernah sebelumnya ada yang berani melakukan hal tersebut. Roger atau pun Kaido atau Whitebeard sekali pun tidak berani melakukan hal tersebut. Namun, yang menjadi pertanyaannya kemudian berapa nilai buruan yang mereka berikan kepada para pihak angkatan laut? Apakah sistem penilaiannya sama?

BACA JUGA: Marvel: Para Avengers yang Dipecat!

Nilai Buruannya Berdasarkan Pangkat?

Ketika seorang bajak laut sudah mendapatkan perhatian dari angkatan laut terkait apa yang mereka lakukan, maka angkatan laut akan menawarkan sejumlah uang bagi siapa pun yang bisa menangkap atau membawa para penjahat atau bajak laut tersebut ke pihak angkatan laut. Dalam poster buruan yang pihak angkatan laut sebarkan ke seluruh dunia selalu terdapat tulisan “hidup atau mati”.

Namun, ketika pihak angkatan laut yang menjadi incaran, tidak ada tulisan tersebut dalam poster buruan mereka. Berdasarkan dari apa yang muncul di chapter 1056 kemarin, Cross Guild hanya memberikan bintang kepada para angkatan laut tersebut. Tidak ada informasi apa maksud bintang tersebut. Apakah merupakan level ancaman, pangkat, atau hal lainnya.

One Piece: Inikah Nilai Bounty Angkatan Laut?, Greenscene

Meskipun begitu, asumsi yang paling banyak muncul adalah bintang tersebut merupakan pangkat mereka. Seperti yang kita ketahui, angkatan laut memiliki pangkat yang terstruktur mulai dari yang paling bawah sampai paling atas. Untuk membedakan dengan angkatan laut, Cross Guild menilai mereka kemungkinan dari pangkatnya. Misalnya, Rear Admiral yang merupakan pangkat tertinggi keempat di angkatan laut.

Bisa juga Komodor yang merupakan pangkat tertinggi kelima di angkatan laut. Kemudian ada posisi Kapten, yang mana seperti yang sudah kita ketahui, mereka biasanya bertugas untuk menjadi pemimpin dari beberapa cabang angkatan laut yang ada di pulau-pulau di seluruh dunia. Mereka yang berpangkat Captain, akan dianggap sudah memiliki pengalaman dan kemampuan bertarung yang baik.

BACA JUGA: One Piece: 7 Pencapaian Besar Para Yonko!

Mereka juga diketahui memiliki kemampuan buah iblis dan sangat paham dalam taktik bertarung. Yang paling terakhir adalah Lieutenant, Lieutenant Junior Grade, dan Ensign. Ketiga pangkat itu berada di posisi paling bawah yang termasuk pangkat perwira angkatan laut. Sedangkan, untuk pangkat paling atas ada wakil admiral, admiral, dan Fleet admiral.

1
2