Avengers adalah tim superhero terbaik Marvel yang sebenarnya membuka keanggotaan untuk semua superhero di Bumi. Pertama kali berdiri sekitar 60 tahun yang lalu, ada banyak sekali karakter yang bergabung dengan Avengers. Beberapa di antaranya ada yang menjadi anggota tetap dan ada juga yang hanya singgah sementara untuk melindungi Bumi. Hal yang sama juga berlaku untuk versi superhero remaja, Young Avengers.

Terlepas dari tujuan para anggotanya, tim Avengers sendiri biasanya tidak pernah sampai menghentikan mereka hanya untuk kesalahan kecil. Namun, dalam kasus yang paling jarang, ternyata ada juga superhero yang pada akhirnya memaksa Avengers untuk memecat mereka. Dari mulai yang diberhentikan dengan hormat sampai tidak hormat, berikut ini para superhero yang pernah Avengers pecat dari tim mereka!

BACA JUGA: Bukan Avengers, Ini Tim Superhero Pertama Marvel!

Yellowjacket (Hank Pym)

Sebagai anggota tetap Avengers, Hank Pym/Yellowjacket pernah tertangkap basah oleh Captain America saat tengah memukuli musuhnya dengan brutal di komik The Avengers #213. Takut akan dikeluarkan, dia lantas mengirim pasukan robot yang hanya bisa dia kalahkan untuk menyerang Avengers. Meskipun awalnya berhasil, tetapi rencana busuk tersebut akhirnya dibongkar oleh istrinya yang juga seorang Avengers, yaitu Janet Van Dyne/Wasp. Pada akhirnya Avengers tetap melangsungkan sidang pemecatan dan Hank Pym tidak pernah kembali lagi untuk waktu yang lama.

Iron Man

Di Marvel Comics, Iron Man terkenal sebagai pendiri Avengers, bersama Ant-Man, Wasp, Hulk, dan Thor. Walaupun begitu, dia juga pernah melakukan hal buruk kepada timnya di kisah Armor Wars. Di mana dia tidak sengaja membuat banyak supervillain kabur dari penjara. Captain America yang melihat hal tersebut lantas membantu Iron Man untuk menyelesaikan masalahnya, sebelum akhirnya menyuruh Iron Man untuk mengakui kesalahannya. Alih-alih mengaku, dia malah menghajar Captain America, sampai para Avengers melihat hal tersebut sebagai sebuah pelanggaran. Atas perbuatannya ini Iron Man akhirnya diusir dari Avengers.

Moondragon

Moondragon adalah salah satu anggota Avengers yang mempunyai tujuan mulia, yaitu menghapus perang di alam semesta. Sayangnya, untuk mencapai tujuan tersebut dia justru ‘mencuci otak’ semua orang agar tidak berperang dan membuatnya tampak seperti dewa. Ketika Avengers mengetahui perbuatannya di komik Avengers #219, dia melakukan banyak cara untuk menyembunyikan kesalahannya, termasuk mengendalikan pikiran Thor. Saat para Avengers lain berhasil mengalahkannya, mereka kemudian memecat dan membawa Moondragon ke Asgard agar Odin bisa menghukumnya sebagai seorang dewi.

BACA JUGA: Para Avengers ini Berkhianat Jadi Villain!

Scarlet Witch

Sejak awal Wanda Maximoff/Scarlet Witch memang terkenal sebagai sosok yang paling perasa di antara para Avengers. Ketika kejadian buruk menimpanya, di mana dia harus kehilangan anak kembarnya yang bernama Tommy dan Billy, Scarlet Witch melakukan sesuatu yang tidak terduga di kisah Avengers Disassembled. Dia mengamuk dan menggunakan kekuatannya untuk merusak realitas di sekitarnya. Karena perbuatan tersebut, pada akhirnya Avengers secara resmi mengeluarkan Scarlet Witch. Tidak lama setelah itu banyak anggota lain yang juga ikut keluar untuk menenangkan diri.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.