She-Hulk adalah superhero Marvel yang sebentar lagi akan debut di Marvel Cinematic Universe dengan serial solonya. Berjudul She-Hulk: Attorney at Law, serial ciptaan Jessica Gao ini akan bercerita tentang asal-usul Jennifer Walters (Tatiana Maslany) menjadi She-Hulk. Di mana dia secara tidak sengaja terkena darah yang mengandung radiasi gamma dari sepupunya, Bruce Banner/Hulk (Mark Rufallo). Sejak saat itulah dia menjadi sosok wanita kuat berkulit hijau yang terkenal sebagai Hulk versi wanita.

Meskipun pada dasarnya kekuatan She-Hulk sama seperti Hulk, tetapi ada satu kemampuan unik yang membedakannya, yaitu ‘Breaking the Fourth Wall’. Berdasarkan apa yang terlihat di trailernya, kemampuan ini ternyata akan Marvel hadirkan juga di serial solonya nanti. Di Marvel Universe sendiri sebenarnya tidak banyak yang bisa melakukan breaking the fourth wall. Hal itulah yang membuat She-hulk lebih spesial dari sebagian besar karakter Marvel. Sebelum membahas keunggulan dari kemampuan ini, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu fourth wall, khususnya di Marvel Universe.

BACA JUGA: Simak Transformasi Jennifer Walters Menjadi She-Hulk!

Fourth Wall di Marvel Universe

Di industri teater dan hiburan lainnya, fourth wall adalah istilah yang biasanya dipakai untuk menjelaskan tembok imaginer yang memisahkan sebuah pertunjukan dengan dunia nyata. Istilah ini awalnya datang dari panggung teater dengan tiga tembok yang mengelilinginya, serta tembok keempat yang tidak terlihat di depannya. Karena tembok keempat tersebut berfungsi agar penonton bisa mengikuti jalan cerita yang ada di dalamnya. Meskipun mereka bisa melihat apa yang terjadi di dalamnya, tetapi umumnya kisah dan para karakternya justru tidak menyadari keberadaan para penonton.

Untuk di Marvel Universe sendiri fourth wall kemudian diaplikasikan pada halaman komik atau layar kaca. Dari situlah kemudian muncul kemampuan super ‘breaking the fourth wall’ yang Marvel sematkan kepada para karakter yang menyadari keberadaan pembaca/penonton. Para karakter ini biasanya akan berinteraksi dengan sosok yang ada di luar kisahnya demi kebutuhan komedi. Namun tidak jarang juga para karakter ini melakukan sesuatu yang extrem seperti mencoba mengubah kisahnya sendiri, seperti yang sering She-Hulk lakukan.

Keunggulan She-Hulk Bisa Menembus Fourth Wall

Meskipun bukan karakter yang paling populer dengan kemampuan ini, tetapi She-Hulk adalah karakter Marvel yang berhasil menembus fourth wall. Peristiwa ini terjadi saat dia baru pertama kali mendapatkan serial komik solonya sendiri yang berjudul Savage She-Hulk (1980–1982). Di komik karya John Byrne ini, She-Hulk sering kali melakukan breaking the fourth wall untuk berinteraksi dengan pembaca. Hal ini tentunya membuat para penggemar mempunyai kedekatan khusus dengan karakter favoritnya tersebut.

BACA JUGA: Para Penipu yang Berhasil Menyusup ke Avengers!

Bahkan dalam kesempatan lain, dia juga cukup sering menggunakan kemampuan ini untuk berargumen dengan penulisnya, Byrne, dan juga para editor dari Marvel Comics. Tidak seperti karakter Marvel lain, She-Hulk mampu mengendalikan ceritanya sendiri dengan kemampuan unik ini. Termasuk saat dia mencoba menculik Bryne dan mengurungnya di lemari, karena menurut She-Hulk penulisnya ini terlalu narsis. Di trailer She-Hulk: Attorney at Law, dia terlihat berbicara kepada penonton, sementara Hulk di belakangnya terlihat bingung karena tidak tahu sepupunya tersebut tengah berbicara dengan siapa.

1
2