Hukuman Bagi Kuma di One Piece?

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, sejauh ini masih belum ada alasan jelas mengapa Kuma rela mengorbankan dirinya untuk menjadi bahan percobaan Dr. Vegapunk. Dan yang juga menjadi pertanyaan adalah mengapa kemudian dia rela menjadi budak bagi kaum naga langit. Banyak karakter di serinya menyebutkan bahwa Kuma sudah “tewas.” Namun, Sabo dan yang lain tidak mau percaya akan hal tersebut.

Spekulasi mengenai Kuma yang berkorban demi umat manusia dengan menjadi Pacifista memang cukup masuk akal. Namun, bagaimana dengan Kuma yang menjadi budak kaum naga langit? Mengapa mereka melakukan hal tersebut? Ada kemungkinan bahwa hal tersebut merupakan bentuk hukuman yang harus Kuma terima akibat keinginannnya dan juga atas apa yang dia lakukan.

Sebelum Kuma berubah menjadi Pacifista dan menjadi bahan penelitian Dr. Vegapunk, dia sempat mengatakan bahwa dia ingin Vegapunk melakukan sesuatu. Kuma ingin sang ilmuwan membuat program khusus untuknya, di mana dia akan melindungi kapal Thousand Sunny selama dua tahun sampai Luffy kembali. Mengapa kemudian Vegapunk mau menerima keinginan tersebut? Apakah Vegapunk juga ada koneksi dengan hal tersebut?

BACA JUGA: Hunter X hunter: Mengenal Jajanken, Teknik Andalan Gon!

Sabo dan Pasukan Revolusi Berhasil Selamatkan Kuma

Melihat dan mengetahui bagaimana para kaum naga langit memperlakukan Kuma dengan semena-mena, serta bagaimana kondisi Kuma yang menyedihkan, akhirnya Sabo dan para komandan Pasukan Revolusi memutuskan untuk menyelamatkan rekannya tersebut. Bagaimana perkembangan misi tersebut tidak kita ketahui sampai chapter 1054 kemarin.

Dalam chapter tersebut kita akhirnya tahu apa yang terjadi kepada Kuma. Sabo dan para komandan Pasukan Revolusi akhirnya berhasil menyelamatkan Kuma dari wilayah Mary Geoise. Ini bukan sebuah misi yang mudah, mengingat mereka harus berhadapan dengan dua admiral yaitu Fujitora dan Aramaki. Kedua admiral tersebut tidak bisa berbuat banyak, karena tidak ingin ada kehancuran besar terjadi di Mary Geoise.

Kabar ini tentunya mengonfirmasi berbagai hal yang muncul sebelumnya. Misalnya, muncul spekulasi bahwa Sabo tewas dalam peristiwa tersebut. Hal ini berdasarkan surat kabar dan reaksi orang-orang saat mengetahui kabar tentang Sabo. Ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa Sabo dan yang lain memutuskan untuk mengakhiri nyawa Kuma, demi mengakhiri penderitaannya.

BACA JUGA: One Piece: 5 Keluarga Kuat di Lautan!

Nasib Kuma Selanjutnya di One Piece

Sosok Kuma mungkin berhasil mereka selamatkan. Namun, dia bukan lagi sosok yang mereka kenal sebelumnya. Semenjak dia menjadi robot tanpa pikiran bagi Pemerintah Dunia, Kuma benar-benar sudah kehilangan untuk berpikir dan merasakan dirinya sendiri. Dia bahkan tidak peduli dan tidak merasakan bagaimana ada banyak pedang menancap di tubuhnya.

Lalu, bagaimana nasib Kuma selanjutnya? Untuk saat ini, kita masih belum tahu pasti apa yang akan terjadi pada Kuma. Namun, dengan sosoknya yang ada di tangan yang tepat, bukan tidak mungkin jika Kuma akan kembali seperti semula. Pasukan Revolusi tentunya akan berusaha untuk memulihkan semua ingatan dari Kuma. Jika pun kemudian mereka tidak mampu melakukannya, bisa jadi ada cara lain yang bisa dilakukan.

Misalnya, dengan melakukan program ulang isi kepala atau tubuh Kuma. Sehingga, dia akan mengikuti perintah Dragon atau para Komandan Pasukan Revolusi. Bagaimana Kuma berhasil kembali tentunya menjadi tanda bahwa dia juga akan menjadi sosok penting di akhir ceritanya. Bagaimana kemudian peran penting Kuma pada masa yang akan datang? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter One Piece yang akan datang ya Geeks!

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.