Mantan Shichibukai dan juga bagian dari pasukan revolusi, Bartholomew Kuma adalah sosok yang misterius dan masih banyak pertanyaan terkait dengan karakter ini. Sosok Kuma sudah muncul sebelum timeskip terjadi. Dia sempat terlibat dalam beberapa momen, seperti di arc Thriller Bark atau ketika berada di Sabaody. Dialah yang kemudian menjadi penyebab timeskip terjadi di One Piece.

Dalam ceritanya, kita mengetahui bahwa Kuma bukanlah sosok sembarangan. Dia memiliki kemampuan dari buah iblis Nikyu Nikyu no Mi, di mana dia mampu menahan serangan musuh dengan mudah. Dengan kekuatan ini juga Kuma bisa “mengirim” orang kemana pun yang dia inginkan. Namun, semua hal yang terjadi dengan Kuma masih menjadi misteri sampai saat ini. Lalu, sebenarnya apa yang terjadi kepada Kuma selama ini?

Apa yang Terjadi Pada Kuma? 

Ada banyak hal yang Kuma lakukan selama ini yang membuat para fans penasaran dan bingung. Contohnya adalah dengan menyelamatkan kru topi jerami dengan mengirim mereka ke sebuah tempat dan melindungi Thousand Sunny sampai mereka kembali. Banyak fans yang kemudian berspekulasi bahwa sebenarnya Kuma memiliki koneksi mendalam dengan Pasukan Revolusi.

Namun, yang menjadi pertanyaan besar lainnya adalah mengapa dia mau menjadi percobaan pemerintah dunia dan Dr. Vegapunk. Seperti yang kita ketahui, Bartholomew Kuma memutuskan untuk menjadi bahan percobaan Dr. Vegapunk untuk proyek Pacifista. Dr. Vegapunk menggunakan bagian tubuh Kuma untuk jadi bahan penelitian. Banyak spekulasi bermunculan mengapa Kuma mau melakukan hal tersebut, salah satunya adalah sebagai bentuk pengorbanan demi menyelamatkan umat manusia.

BACA JUGA: Demon Slayer: Mengapa Anting Tanjiro Ditakuti Muzan?

Meskipun begitu, apa yang terjadi kepada Kuma benar-benar sangat mengerikan. Kuma kemudian menjadi budak mainan bagi para kaum naga langit. Kita melihat bagaimana para kaum naga langit tersebut memperlakukan budak-budak mereka dengan semena-mena, termasuk Kuma. Dalam arc Reverie, kita melihat bagaimana kondisi Kuma yang sangat menyedihkan di mana dia menjadi kendaraan bagi keluarga Saint Rosward.

KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.