Seri Hunter x Hunter karya Yoshihiro Togashi memperkenalkan sosok Gon Freecs sebagai karakter utamanya. Dia terkenal sebagai calon Hunter terbaik pada masa depan, dan hal tersebut memang terbukti. Sejak usianya masih kecil, Gon sudah memperlihatkan kemampuan dan kekuatannya. Sebelum dia mempelajari tentang konsep Nen, dia bahkan sudah mampu menggunakan berbagai jenis kemampuan tanpa dia sadari.

Setelah Gon Freecs mempelajari konsep Nen, dia pun mulai mengembangkan kemampuan tersebut. Jenis Nen dari Gon Freecs sendiri adalah Enchancement, yang artinya dia memiliki kemampuan fisik yang luar biasa dan di atas rata-rata karakter lainnya. Sesuai dengan nama jenis Nennya, Gon juga mampu mengatur intensitas dan volume serangannya. Gon pun kemudian mengembangkan teknik Nen miliknya sendiri, yang kemudian dia beri nama Jajanken.

Apa itu Jajanken?

Nama Jajanken sendiri berasal dari kata “Janken,” yang merupakan permainan suit dalam bahasa Jepang. Sedangkan kata “Jajan” sendiri merupakan kata yang mirip dengan suara yang biasanya muncul saat merepresentasikan sesuatu. Berdasarkan hal itu, nama Jajanken sendiri dianggap sebagai pilihan yang tepat dan mampu menggambarkan level kekuatan dan kecerdasan Gon sebagai Hunter.

BACA JUGA: 5 Cyborg Terkuat di Anime !

Teknik Jajanken berhasil Gon kembangkan setelah dia mengetahui seberapa penting dan dalamnya koneksi Jajanken dalam ilmu bela diri. Sebagai sumber dari berbagai teknik yang ada, Jajanken memperlihatkan Gon dengan menggunakan aura yang ada dalam dirinya untuk kemudian dikumpulkan dan kemudian dialirkan ke tangannya. Gon kemudian akan memperkuat serangannya tersebut dengan menggunakan teknik lain, seperti Ko.

Jajanken memiliki tiga subjenis yang berhasil Gon kembangkan selama bertahun-tahun. Jenis utamanya sendiri Gon beri nama Jajanken: Rock. Inilah teknik yang membuat Gon mengumpulkan auranya dan kemudian mengalirkannya ke tangan untuk menghasilkan serangan dahsyat. Bahkan, Hunter terkuat pun akan mampu takluk dalam satu serangan ini. Hal tersebut sempat Gon praktikan kepada Genthru di arc Greed Island.

Bahkan, bukan tidak mungkin serangan Jajanken ini mampu menghabisi nyawa orang lain. Ketika Gon membangun Ren miliknya, teknik Jajanken Gon justru akan semakin kuat, yang mana hal ini membuat Jajanken: Rock menjadi serangan paling kuat di serinya sejauh ini. Dalam pertarungan melawan Knuckle, terdapat penjelasan bahwa Jajanken adalah teknik yang kuat, karena untuk bisa meningkatkan kekuatan serangan, Gon benar-benar menurunkan pertahanannya.

BACA JUGA: Hunter X Hunter: Ini Cara Mencegah Kematian Netero!

Dengan begitu, aura yang Gon keluarkan bisa fokus pada satu titik yang hasilnya dia mampu menghasilkan kekuatan dahsyat untuk waktu singkat. Meskipun begitu, memang ada efek samping yang harus Gon terima dan hadapi ketika mengakses kekuatan ini. Dia menjadi rawan terkena serangan balik musuh, karena pertahannya menjadi lemah. Namun, ketika serangan ini mengenai musuh, dua kemungkinan yang terjadi kepada musuh yaitu tewas atau tidak sadarkan diri.

KE HALAMAN 2

1
2