Setelah melihat penampilan Josh Brolin’ Thanos di Infinity Saga, banyak penggemar yang penasaran dengan ancaman besar selanjutnya di MCU. Di Multiverse Saga ini, tidak membutuhkan waktu yang lama bagi penggemar untuk mengetahui siapa big bad villain setelah Thanos. Dia adalah Jonathan Major’ Kang the Conqueror yang terkenal sebagai musuh Avengers sekaligus penjelajah waktu dari abad ke-31. Salah satu variannya yang bernama He Who Remains bahkan pernah muncul sebagai penguasa timeline di serial Loki.

Beberapa hari yang lalu dalam acara Comic-Con 2022, Marvel Studios baru saja mengungkap judul dari dua film Avengers selanjutnya, yaitu The Kang Dynasty dan Secret Wars. Berdasarkan hal tersebut, cukup jelas bahwa Kang akan menjadi ancaman besar bagi para Avengers dan bahkan multiverse Marvel secara keseluruhan. Di mana hal tersebut justru memicu pertanyaan lain, siapa sebenarnya yang lebih brutal di antara Kang dan Thanos? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita bandingkan kebrutalan mereka dari akarnya langsung, yaitu Marvel Comics.

BACA JUGA: Deretan Proyek MCU di Phase 5 & Phase 6!

Kang the Conqueror

Sebagai seorang supervillain terkenal di Marvel Comics, Kang the Conqueror debut melalui komik Avengers #8 yang rilis pada tahun 1964. Nama aslinya adalah Nathaniel Richards dan dia adalah salah satu musuh kuat bagi Avengers. Sebagai seorang penjelajah waktu, Kang bertujuan ingin menghilangkan kebosanannya dengan berkeliling timeline dan menjadi penguasa. Mulai dari zaman mesir kuno, di mana dia menjadi Rama Tut. Kemudian menjadi Scarlet Centurion saat pertama kali bertemu Avengers. Yang paling sering adalah sebagai Kang, sebelum dia akhirnya pensiun menjadi penguasa waktu Immortus.

Sesuai dengan namanya, dia adalah orang yang selalu berusaha menaklukan dunia dan timeline secara keseluruhan. Meskipun tidak mempunyai kekuatan super, tetapi dia adalah sosok yang sangat cerdas dalam menyusun strategi. Itulah mengapa Avengers sering kewalahan ketika berhadapan dengannya. Belum lagi dia juga pandai bertarung, serta mempunyai teknologi, senjata, dan battle armor masa depan yang sangat canggih dan juga kuat. Dengan kapal penjelajah waktunya, Kang juga terbukti mampu mendapatkan apa pun yang dia mau, termasuk senjata, sekutu, bahkan pasukan.

Dari segi kebrutalan, Kang termasuk salah satu supervillain yang cukup brutal di Marvel Comics. Dengan kekuatannya, dia pernah berhasil menguasai Bumi utama dan ribuan Bumi alternatif. Dia bahkan pernah menghancurkan kerajaannya sendiri yang disebut Chronopolis dan semua orang yang tinggal di dalamnya. Termasuk pujaan hatinya yang bernama Ravonna Reslayer. Demi mencapai tujuannya dia tidak akan segan-segan membunuh, termasuk membunuh anaknya yang bernama Marcus Kang. Begitu juga dengan para superhero, seperti Avengers, Inhuman, dan bahkan versi mudanya sendiri.

Thanos the Mad Titan

Di Marvel Comics, Thanos adalah supervillain tangguh yang muncul setelah Kang, tepatnya di komik Iron Man #55 yang rilis pada tahun 1972. Dia adalah alien dari Titan yang sejak kecil mempunyai masa lalu kelam. Sebagai anak dari seorang Eternal bernama A’Lars, dia justru mempunyai penampilan buruk rupa seperti Deviant. Itulah mengapa sejak kecil dia sudah terkucilkan. Karier supervillainnya bermula setelah dia bertemu dengan entitas kosmik bernama Death. Di mana untuk mendapatkan perhatiannya, Thanos bercita-cita untuk melenyapkan setengah kehidupan alam semesta dengan Infinity Gems/Stones.

Bedanya dengan Kang, sejak awal Thanos mempunyai fisik seorang Eternal/Deviant yang terkenal kuat, kebal, dan nyaris abadi. Bahkan saat senjata Infinity Gauntlet-nya belum dilengkapi Infinity Gems, dia mampu membuat Avengers kewalahan. Dia pernah mengalahkan sejumlah powerhouse di Marvel Universe, termasuk Thor, Hulk, dan anaknya Thane yang pada saat itu dirasuki oleh Phoenix Force. Semua itu karena sejak awal Thanos adalah seorang petarung tangguh dan juga mempunyai tingkat kecerdasan di atas rata-rata. Dia juga mempunyai pasukan Black Order yang membantunya mencari Infinity Gems.

BACA JUGA: Inikah Pengganti Infinity Gauntlet di MCU?

Dari tujuan gilanya saja, kita sudah bisa tahu bahwa Thanos adalah supervillain yang brutal. Sejauh ini tidak ada satu orang pun yang ingin membunuh setengah kehidupan di alam semesta demi memuaskan pujaan hatinya, selain Thanos sendiri. Sebelum mencapai tujuannya tersebut, Thanos bersama Black Order-nya bahkan sudah cukup sering berkeliling kosmos hanya untuk menguasai suatu planet dan membunuh setengah penghuninya dengan sesuka hati. Dia bahkan tidak ragu membunuh orang-orang yang menghalanginya, baik itu musuh maupun orang terdekatnya.

KE HALAMAN 2

1
2