Kehadiran mutan di Marvel Cinematic Universe sebenarnya telah lama penggemar nantikan. Sejak hak atas karakter X-Men beralih dari Fox ke Marvel, tinggal menunggu waktu sampai akhirnya semesta MCU penuh dengan mutan. Beberapa waktu lalu, film Doctor Strange 2 bahkan telah memunculkan ikon mutan seperti Professor X di universe alternatif Earth-838. Itu artinya, cepat atau lambat para mutan juga akan muncul di universe utama MCU.

Menariknya, tidak perlu menunggu waktu yang lama sejak Professor X muncul, Marvel Studios baru saja memperkenalkan konsep ‘mutasi’ di semesta utama. Melalui serial Ms. Marvel episode terakhir yang berjudul ‘No Normal‘, Marvel secara tidak langsung telah mengonfirmasi bahwa mutan eksis. Bagaimana ini bisa terjadi dan akankah hal tersebut berpengaruh terhadap masa depan mutan di MCU? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks.

BACA JUGA: Penjelasan Credit Scene Serial Ms. Marvel!

Apakah Ms. Marvel Mutan?

Seperti yang kita tahu, Kamala Khan alias Ms. Marvel (Iman Vellani) merupakan karakter yang berasal dari Marvel Comics. Debut di komik All-New Marvel NOW! (2014), Ms. Marvel sebenarnya bukanlah mutan, melainkan Inhuman. Di Marvel Comics sendiri, Inhuman adalah ‘cabang’ dari ras manusia yang merupakan hasil eksperimen Kree. Di kisah Infinity, Marvel menceritakan bahwa awal Ms. Marvel menjadi Inhuman adalah karena dia terpapar Terrigen Mist. Akibatnya kekuatan Inhuman di dalam tubuh Ms. Marvel mulai bangkit dan mengubahnya menjadi manusia super.

Namun, ternyata kasusnya di MCU tidak seperti apa yang Marvel ceritakan di komiknya. Di MCU sendiri Ms. Marvel mendapatkan kekuatannya setelah dia mengenakan gelang sakti yang membuatnya bisa mewujudkan kristal dengan imajinasinya. Menjelang akhir Ms. Marvel episode 6, dia terlihat berbicara dengan Bruno (Matt Lintz) terkait asal-usulnya. Meskipun mereka berdua sama-sama tahu bahwa Ms. Marvel adalah keturunan Djinn, tetapi Bruno mengatakan bahwa dia lebih dari itu. Ketika Bruno meneliti tubuhnya, ternyata ada semacam ‘mutasi’ di dalam tubuh Ms. Marvel.

BACA JUGA: Marvel: 5 Adegan Ranjang Paling Kontroversial!

Yang lebih menariknya lagi, ketika Bruno dan Ms. Marvel membahas tentang mutasi, terdengar tema musik dari X-Men: The Animated Series. Bagi para penggemar setia Marvel, tentunya pengungkapan mutasi dan musik dari serial X-Men lebih dari sekadar petunjuk. Apakah ini artinya Ms. Marvel versi MCU adalah seorang mutan? Sampai sekarang Marvel Studios sendiri masih belum mengeluarkan peryataan resmi terkait pengungkapan yang cukup mengejutkan tersebut. Yang jelas, kecil kemungkinan jika Marvel memunculkan adegan tersebut hanya untuk bersenang-senang saja.

KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.