Pasukan Revolusi atau Revolutionary Army adalah kelompok non bajak laut yang menjadi incaran Pemerintah Dunia. Meskipun pasukan revolusi tidak berada di laut, eksistensinya sama seperti bajak laut bahkan lebih mendapatkan perhatian. Contohnya adalah Monkey D. Dragon yang menjadi sosok paling buron dalam cerita One Piece, selain Sabo. Pasukan Revolusi sendiri merupakan salah satu organisasi yang sangat berpengaruh di dunia.

Mereka sering kali membantu sebuah wilayah untuk bisa lepas dari cengkraman Pemerintah Dunia, dengan cara membantu untuk menghadirkan kudeta. Sejauh ini, memang belum banyak informasi yang Oda hadirkan tentang Pasukan Revolusi terutama mengenai anggotanya. Sampai saat ini, jumlah pasti anggota Pasukan Revolusi masih belum kita ketahui secara pasti. Bisa jadi jumlahnya ada ratusan atau mungkin bahkan ribuan. Namun, ada beberapa karakter dari Pasukan Revolusi yang sudah Oda hadirkan. Siapa saja?

BACA JUGA: 5 Ending Anime Paling Kontroversial!

Hack

“Hundreth Dan” Hack adalah seorang pasukan penjaga di pulau manusia ikan dan juga merupakan salah satu anggota dari Pasukan Revolusi. Hack terkenal memiliki kekuatan manusia super. Dia bisa menghentikan serangan dari seorang gladiator dengan tubuh yang besar, dengan memegang senjata milik lawannya. Sang lawan kemudian mengaku bahwa dia tidak bisa menggerakan senjatanya ketika Hack memegangnya.

Seperti umumnya para pejuang dari pulau manusia ikan, Hack juga merupakan salah satu pengguna Karate Manusia Ikan, di mana levelnya diketahui sudah berada di level 100. Dia  sekarang sudah menjadi instruktur bagi yang lain. Hack bisa menghancurkan musuhnya hanya dengan satu kali serangan, menggunakan karate manusia ikan level tinggi.

Inazuma

Sosok Inazuma pertama kali muncul pada saat Luffy berhasil menemukan sebuah “celah” di level 5.5 di penjara Impel Down, saat berusaha menyelamatkan Ace. Ternyata tempat tersebut adalah bangunan rahasia yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu, dan merupakan bagian dari pasukan revolusi.

Inazuma sendiri adalah “wakil” dari Emporio Ivankov. Kekuatan dari Inazuma ini unik, karena dia mampu memotong apa pun bagaikan kertas. Hal itu karena dia merupakan pemakan buah iblis Choki Choki no Mi. Inazuma menjabat sebagai wakil komandan dalam Pasukan Revolusi. Meskipun Inazuma lebih sering memperlihatkan kemampuan buah iblisnya, Inazuma juga adalah seorang petarung yang baik. Bahkan, para tahanan level 6 pun memberikan pujian kepada Inazuma.

BACA JUGA: One Piece: 7 Bajak Laut yang Dikalahkan Topi Jerami!

Lindbergh

Lindberg merupakan pemimpin dari pasukan revolusi untuk bagian selatan. Dia mirip seperti Chopper, di mana Lindberg merupakan hewan, lebih tepatnya kucing yang berasal dari suku Mink. Sebagai penduduk suku Mink, Lindberg tentunya memiliki kemampuan bertarung yang baik dan juga mampu menggunakan teknis khas Mink, Electro. Meskipun begitu, Lindberg jarang memperlihatkan kemampuannya.

Dia lebih sering memperlihatkan kemampuannya dalam membuat teknologi persenjataan. Selain digunakan untuk melakukan penyerangan, Lindberg juga sering membuat senjata untuk pasukan revolusi yang lain. Salah satu senjata yang pernah dia buat adalah “Cool Shooter” dimana senjata tersebut bisa membekukan beberapa bagian dari tubuh targetnya. Yang menarik, banyak fans berspekulasi bahwa Lindbergh adalah pengkhianat di Pasukan Revolusi. Namun, masih belum ada konfirmasi mengenai hal ini.

Koala

Jika dalam ranking militer, pangkat Koala berada di tengah-tengah. Belum banyak informasi yang Oda hadirkan tentang Koala, tapi yang pasti Koala merupakan ahli dalam bela diri terutama Karate. Mirip seperti Jinbe, Koala mampu mengalahkan musuh-musuhnya dengan mudah dengan menggunakan jurus karatenya.

Sebenarnya wajar jika Koala memiliki kemampuan Karate dari pulau ikan, pasalnya dia dahulu pernah mendapatkan pertolongan dari kru bajak laut Fisher Tiger. Koala juga memiliki kemampuan dalam menggali berbagai informasi penting. Contohnya adalah ketika dia memberikan laporan tentang mineral yang ada di wilayah Wano, yang menjadi salah satu sumber kekuatan senjata yang diproduksi di pabrik senjata di sana.

BACA JUGA: One Piece: Benarkah Kuzan Mengabdi Pada Blackbeard?

Emporio Ivankov

Emporio Ivankov merupakan salah satu komandan dan juga orang kepercayaan dari pimpinan pasukan revolusi yaitu Monkey D. Dragon. Ivankov merupakan Okama terkuat yang pernah ada. Meskipun penampilan dan perilakunya sangat konyol, kekuatan Ivankov tidaklah sembarangan. Dari segi bela diri, Ivankov memiliki ilmu bela diri Newkama Kenpo. Mirip seperti jurus yang dimiliki oleh Mr. 2, hanya saja Ivankov lebih mahir menggunakan jurus tersebut.

Ivankov juga memiliki jurus yang menarik seperti Deathwink, di mana ketika dia mengedipkan mata akan ada ledakan yang muncul. Ivankov merupakan pemakan buah iblis Horu Horu no Mi, di mana mampu mengubah berbagai hormon atau memanipulasi hormon. Contohnya, dia bisa mengubah pria menjadi wanita atau sebaliknya. Berkat kekuatan Ivankov ini, Luffy berhasil selamat dari racun Magellan. Ivankov juga merupakan rekan dekat dari Dragon.

1
2