Seri Jujutsu Kaisen karya Gege Akutami merupakan sebuah seri bergenre shonen yang menghadirkan berbagai kemampuan dan teknik unik, yang bisa kita lihat dari para karakternya. Cerita dari serinya sendiri berfokus pada pertarungan antara penyihir Jujutsu dengan para arwah kutukan dan juga villain lainnya, yang mencoba menghancurkan bumi dengan memanfaatkan Energi Kutukan.

Berbicara mengenai kekuatan atau Teknik Kutukan di serinya, ada beberapa teknik yang cukup populer di kalangan fans. Contohnya adalah Infinite Void milik Goto Satoru, penyihir Jujutsu paling kuat di dunia. Atau Domain Expansion milik Sukuna sang raja kutukan, yaitu Malevolent Shrine. Namun, seperti yang disebutkan di atas, serinya menghadirkan banyak Teknik Kutukan epik dan juga luar biasa tidak terkecuali teknik Cursed Speech milik Toge Inumaki.

Teknik tersebut menjadi kekuatan andalan dari sang karakter, yang di sepanjang serinya sangat jarang berbicara kecuali ketika bertarung. Dan ada alasan mengapa kemudian dia melakukan hal tersebut, atau ada alasan mengapa Inumaki sangat jarang berbicara. Lalu, bagaimana kemudian cara kerja atau seperti apa penjelasan mengenai Cursed Speech milik Toger Inumaki ini?

BACA JUGA: One Piece: Ini Keunggulan Bajak Laut Shanks!

Penjelasan Mengenai Teknik Cursed Speech

Meskipun kemunculan berbagai teknik dahsyat dan juga karakter menarik di sepanjang serinya sejauh ini berhasil merebut hati para fans, namun teknik milik Inumaki ini juga tidak kalah menarik. Togae Inumaki merupakan murid kelas dua dari SMK Jujutsu Tokyo. Meskipun secara penampilan Inumaki mungkin nampak seperti sosok yang pendiam, namun faktanya, dia adalah sosok yang berbahaya.

Hal ini karena Teknik Kutukan Cursed Speech yang dia miliki. Sesuai namanya, Cursed Speech merupakan sebuah Teknik Kutukan yang sangat dahsyat yang merupakan warisan dari keluarga Inumaki. Penggunanya akan mampu mengeluarkan atau menyalurkan energi kutukan melalui ucapan mereka, dan hal tersebut akan kemudian memanipulasi tekad dalam diri targetnya.

Teknik Cursed Speech ini akan berlaku ketika Inumaki melepaskan jubah yang menutupi mulutnya. Dan jika Geeks perhatikan, ada sebuah tanda khusus yang unik di bagian mulutnya. Tanda khusus tersebut merupakan segel bergambar mata ular dan juga taring, yang membuat Cursed Speech bisa dia gunakan. Teknik ini sangat berguna dalam pertarungan, karena mampu Inumaki gunakan dalam serangan jarak jauh.

Bahkan, yang juga epik adalah Teknik Kutukan ini mampu penggunanya lakukan melalui berbagai medium seperti telepon. Dalam momen Kyoto Good Will, di mana dua SMK Jujutsu – yaitu Tokyo dan Kyoto – saling berkompetisi, Inumaki menggunakan Teknik Kutukan tersebut kepada sosok Miwa melalui telepon. Artinya, tidak peduli seberapa jauh jarak Inumaki dan targetnya, selama ada medium yang bisa dia gunakan untuk menjangkau targetnya maka dia akan bisa memengaruhi targetnya.

BACA JUGA: One Piece Red: Para Villain ini Bakal Muncul!

Efek Negatif Cursed Speech di Jujutsu Kaisen

Apakah Teknik Kutukan Toge Inumaki ini memiliki efek negatif terhadap penggunanya? Jawabannya adalah ya. Teknik Kutukan ini mungkin nampak tidak begitu mematikan, apalagi terhadap penggunanya. Namun, faktanya, justru sebaliknya. Setiap serangan epik yang Inumaki lakukan dengan teknik ini akan berpengaruh juga terhadap tubuh atau sosoknya.

Sehingga, ketika Inumaki menghadapi lawan yang kuat dan dia perlu menggunakan teknik ini secara penuh, artinya akan ada efek samping yang juga kuat yang akan dia rasakan. Bahkan, bukan tidak mungkin jika Inumaki beresiko menghancurkan tubuhnya sendiri ketika dia menggunakan terlalu sering dan terlalu kuat kekuatannya. Pada intinya, semakin kuat dan epik serangan yang Inumaki lakukan, maka akan semakin besar juga efek negatif yang dia rasakan.

Hal inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa Inumaki selalu membawa semacam obat batuk sirup, karena tekniknya memengaruhi tenggorokannya. Obat itu berfungsi untuk menyembuhkan rasa sakit tersebut. Efek paling buruk yang mungkin akan Inumaki rasakan adalah dia akan kehilangan suaranya, karena terlalu kuat dalam menggunakan kekuatan tersebut.

Batas kekutan dari Cursed Speech ini bisa kita lihat dalam beberapa momen di serinya. Misalnya, ketika Inumaki mulai batuk dan mengeluarkan darah. Artinya, dia sudah mulai mencapai batas kekuatannya. Dan ketika dia sudah mencapai batasnya, Inumaki mau tidak mau harus mengurangi penggunaan tekniknya.

BACA JUGA: One Piece: Benarkah Kuzan Mengabdi Pada Blackbeard?

Kata-kata yang Inumaki Ucapkan di Jujutsu Kaisen

Dengan Teknik Kutukan yang dia miliki, Inumaki bisa saja melukai orang-orang yang ada di sekitarnya. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa kemudian dia sangat jarang berbicara. Selain itu, hal tersebut juga menjadi alasan mengapa dia sering berbicara yang terdengar seperti meracau. Inumaki sering kali mengatakan sesuatu yang mungkin tidak jelas saat berbicara dengan orang lain.

Misalnya, ketika Inumaki berbicara dengan Itadori dan yang lain. Biasanya, respon yang dia keluarkan hanya satu kata, dan itu pun sering kali merupakan nama-nama makanan terutama jenis ikan. Namun, ternyata kata-kata tersebut bukan berarti tidak memiliki makna. Lalu, apa arti dari berbagai kata yang pernah Inumaki ucapkan?

  • Shake dan Shake Sushi (鮭鮨 しゃけすし): Kata Shake bisa kita artikan sebagai “Salmon” atau ikan Salmon. Kata ini sering dia gunakan ketika menyetujui tentang sesuatu.
  • Okaka (おかか): Kata Okaka berarti serutan ikan cakalang. atau “Bonito flakes.” Berbeda dengan kata “Shake”, Inumaki menggunakan kata “Okaka” ketika dia tidak setuju atau menunjukan ketidak setujuannya terhadap sesuatu.
  • Takana (高菜 たかな): “Takana” dalam bahasa Jepang berarti daun acar sawi. Inumaki menggunakan kata ini untuk memperlihatkan kekhawatirannya atau kecemasannya.
  • Sujiko (筋子 すじこ) dan Ikura/Igura (イクラ): Kedua kata tersebut dalam bahasa Jepang bisa kita artikan sebagai telur ikan salon. Namun, Inumaki menggunakan dua kata tersebut dalam dua situasi yang berbeda. Kata Sujiko Inumaki gunakan untuk mendapatkan perhatian dari orang-orang. Sedangkan, kata Ikura/Igura merupakan bentuk umpatan dari Inumaki. Selain Igura, sebenarnya Inumaki juga menggunakan kata “mentaiko” sebagai bentuk umpatan.
  • Konbu/Kombu (昆布 こんぶ): Kombu merupakan salah satu jenis dari rumput laut. Inumaki biasanya menggunakan kata ini untuk menyapa atau sebagai bentuk sapaan.
  • Tuna Tuna (ツナツナ) dan Tuna Mayo (ツナマヨ): Kedua kata tersebut mereferensikan pada kata ikan tuna. Dan sama halnya dengan Sujiko dan Igura, kedua kata ini pun memiliki arti yang berbeda bagi Inumaki. Dia akan menggunakan Tuna Tuna untuk meminta orang lain melihat ke arah yang dia tunjuk. Sedangkan, Inumaki menggunakan kata Tuna Mayo untuk memaksa seseorang berbicara.

Bukan Hanya Toge Inumaki

Satu hal yang menarik dari Teknik Kutukan ini adalah fakta bahwa ternyata bukan hanya klan Inumaki saja yang bisa menggunakannya. Sosok salah satu penyihir Jujutsu terkuat lainnya, Yuta Okkotsu, ternyata mampu menggunakan teknik ini seperti yang bisa kita lihat dalam cerita di seri Jujutsu Kaisen 0. Mengingat siapa sosok Yuta sebenarnya, mungkin memang tidak mengherankan jika dia bisa “menirukan” atau menggunakan teknik tersebut.

Mengapa kemudian Yuta Okkotsu mampu melakukan teknik milik klan Inumaki ini? Besar kemungkinan hal tersebut ada kaitannya dengan sumber kekuatan dari Yuta, yaitu Rika. Rika adalah Ratu Kutukan yang menjadi sekutu bagi Yuta. Meskipun Rika adalah arwah kutukan, namun dia sering kali melindungi dan juga membantu Yuta dengan memberikannya Energi Kutukan.

BACA JUGA: Jujutsu Kaisen: 4 Tubuh ini Pernah Dikuasai Kenjaku!

Dengan adanya Rika, Yuta mampu mempraktikan berbagai Teknik Kutukan dahsyat, termasuk menirukan teknik Cursed Speech. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika Yuta tidak terkoneksi atau terhubung dengan Rika. Yuta hanya bisa menggunakan kekuatan dari Rika selama lima menit, dan setelah semua itu selesai maka dia juga akan kembali seperti semula. Namun, entah karena Yuta memiliki Energi Kutukan yang besar atau dia lebih ahli dalam penggunaan tekniknya, yang menarik adalah Yuta tidak mengalami efek negatif apa pun setelah menggunakan teknik tersebut.

Teknik Kutukan Cursed Speech milik Toge Inumaki merupakan sebuah teknik yang sangat kuat, namun memiliki efek negatif yang juga besar. Meskipun begitu, bukan berarti menjadi sesuatu yang mustahil bagi Toge Inumaki untuk bisa meningkatkan kekuatan tersebut. Bukan tidak mungkin juga jika kemudian Inumaki akan mampu menciptakan Domain Expansion dengan meningkatkan level kekuatan Cursed Speech tersebut.