Shanks si Rambut Merah merupakan pemimpin dari kelompok bajak laut Rambut Merah, yang penuh dengan misteri. Padahal, mereka adalah kelompok bajak laut pertama yang muncul dalam cerita One Piece. Namun, sampai sejauh ini, Eiichiro Oda justru belum banyak memberikan informasi mengenai kelompok bajak laut tersebut. Hal tersebut membuat banyak para fans penasaran dengan mereka.

Kru bajak laut Shanks berbeda seperti kru bajak laut Yonko pada umumnya. Mereka tidak memiliki banyak armada dan divisi komando. Shanks hanya punya satu kapal saja, yang digunakan juga para krunya. Tapi, meskipun Shanks tidak seperti kebanyakan para Yonko lainnya, bukan berarti mereka adalah kelompok yang lemah. Justru mereka adalah salah satu kelompok bajak laut yang banyak mendapatkan respect.

Kemudian, seperti yang ada di paragraf sebelumnya, kekuatan mereka yang masih misterius, sepertinya sengaja Oda Sensei sembunyikan sampai waktunya tepat. Namun, ada beberapa momen yang memperlihatkan sedikit kemampuan mereka, terutama kemampuan Haki mereka. Seluruh kru dari Shanks si Rambut Merah kemungkinan memiliki kemampuan Haki.

BACA JUGA: One Piece: Ryokugyu Pemilik Pedang Hitam?

Berbagai Kemampuan Haki Kru Rambut Merah

Contoh pertama adalah ketika Shanks ditodong pistol oleh bandit, ketika mereka sedang bersandar di desa Foosha. Bandit yang mengancam Shanks tersebut tidak lain adalah Higuma. Melihat momen itu, dalam sekejap Lucky Roo, yang jaraknya jauh dari kapal dan daratan, tiba-tiba ada di samping Shanks. Hal ini membuktikan kalau Roo punya kecepatan yang dahsyat, terlepas dari badannya yang gemuk.

Bisa jadi, badan gemuk Roo berguna untuk menyimpan tenaganya dalam mempersiapkan keadaan yang genting. Mengapa kemudian kemampuan tersebut berkaitan dengan Haki? Pasalnya, level kecepatan tersebut tidak mungkin mampu manusia biasa lakukan. Bahkan, kemampuan bergerak cepat lainnya, seperti Soru, hanya bisa dilakukan oleh mereka yang punya kemampuan Haki.

Artinya Roo punya kemampuan Haki dahsyat yang bahkan kemampuan tersebut melampaui Soru. Kemudian, saat perang besar Marineford pecah, ketika Luffy yang tidak sadarkan diri akan dibawa oleh Law untuk dirawat, Kizaru mencoba mengejarnya. Beruntung, Ben Beckman yang duduk di tiang kapal mencoba mengancamnya dan Kizaru pun sampai terkejut dengan kemunculan Ben Beckmann. Kizaru juga sempat memperlihatkan “kekagumannya” akan sosok Ben Beckman.

Hal tersebut seolah menunjukan bahwa Kizaru tahu, Ben Beckman bisa membunuhnya dengan senjata tersebut dan hal itu hanya bisa terjadi oleh mereka yang mempunyai Haki. Dengan menggunakan Haki, seseorang bisa menahan bentuk asli dari pengguna buah iblis logia. Artinya, dengan menggunakan peluru berlapis Haki yang Ben tembakan, Kizaru bisa saja tewas seketika apalagi jika mengarah pada bagian kepala.

Juga, dalam salah satu cerita gambar sampul (cover story) nampak Yasopp memegang sebuah senapan laras panjang sambil tertawa melihat nilai buruan Usopp. Satu hal yang menarik dari detail ini adalah ketiga karakter yang sudah muncul dalam cerita – Lucky Roo, Yasopp, dan Ben Beckmann – sama-sama menggunakan senjata api. Jika Geeks perhatikan, Mayoritas dari kru Shanks sepertinya lebih mahir menggunakan senjata api  daripada menggunakan senjata lainnya seperti pedang. Tapi, hal itu juga sama berbahayanya apalagi jika senjatanya terlapisi oleh Haki.

BACA JUGA: 6 Kontroversi Terbesar di One Piece!

Kru Yang Spesial

Seperti yang kita ketahui, kemampuan Haki mampu seseorang alirkan ke senjata yang  mereka gunakan. Contohnya adalah Black Sword dan juga panah dari suku Kuja. Hal ini juga sama kru Shanks lakukan. Senjata api adalah salah satu senjata paling berbahaya. Dan sekarang mereka menambahkannya dengan Haki, yang artinya senjata tersebut jadi jauh lebih berbahaya lagi. Daya tahan, daya hancur, dan elemen lainnya tentu akan mengalami peningkatan yang pesat.

Kesimpulannya adalah seluruh kelompok bajak laut Shanks, sepertinya mengandalkan kemampuan Haki mereka dalam bertempur, terutama Armament Haki. Bukan tidak mungkin juga jika mereka memiliki kemampuan Conqueror Haki. Dan hal ini pun sepertinya memberikan gambaran tentang pertarungan besar, yang banyak fans spekulasikan akan muncul pada masa yang akan datang yaitu pertarungan Blackbeard vs Shanks. Ini akan menjadi pertarungan antara Haki melawan buah iblis. Siapakah dari yang akan menang? Kita nantikan saja ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.