Dalam One Piece 1053, Wano akhirnya kembali seperti sedia kala, setelah sangat lama mereka harus menanggung derita. Kekalahan Kaido dan juga Big Mom serta Orochi akhirnya memberikan perubahan besar dan juga fajar baru bagi Wano. Kita melihat bagaimana Luffy dan yang lain sedang berpesta merayakan kemenangan mereka. Meskipun begitu, di sisi lain, ada hal besar terjadi.

Apoo datang membawa surat kabar yang memperlihatkan nilai buruan baru dari trio Worst Generation, yaitu Trafalgar Law, Eustass Kid, dan Monkey D. Luffy. Kemudian, kita juga mengetahui bahwa sudah ada sosok nama lain yang akan menggantikan Kaido dan Big Mom untuk posisi Yonko. Lalu, apa lagi yang menarik dari One Piece 1053? Berikut ulasannya.

Pemerintah Dunia Takut Klan D

Bukti bahwa Pemerintah Dunia khawatir dan takut akan klan D semakin jelas terlihat. Di awal chapternya, salah satu Gorosei meminta angkatan laut untuk menghapus nama “D.” yang ada dalam poster buruan terbaru ketiga Worst Generation. Namun, sayangnya, hal tersebut tidak bisa mereka lakukan karena proses percetakan sudah terjadi. Dan di sisi lain, poster buruan tersebut sudah mulai tersebar kemana-mana.

Mengapa kemudian salah satu Gorosei ingin menghapus huruf tersebut dari nama di posternya, kemungkinan ada kaitannya dengan Luffy dan buah iblis Nika. Mereka mungkin khawatir bahwa orang-orang akan semakin kehilangan kepercayaannya terhadap Pemerintah Dunia. Juga, mereka mungkin takut bahwa rahasia besar yang tersimpan selama ini akhirnya terbongkar.

BACA JUGA: Begini Cara Jitu Kalahkan Spider-Man!

Nilai Buruan Terbaru

Salah satu hal yang juga menarik yang muncul di chapter ini adalah nilai buruan terbaru dari Worst Generation. Berdasarkan dari apa yang muncul dalam ceritanya, nilai buruan terbaru dari Law, Luffy, dan juga Kid ternyata adalah masing-masing 3 miliar Belly. Ini menjadi peningkatan nilai paling drastis yang pernah terjadi dalam seri One Piece. Namun, nilai buruan ini pun memunculkan kontroversi di kalangan fans.

Pasalnya, nilai buruan ketiganya sama dianggap sebagai sesuatu yang tidak adil. Pertama, Luffy menghadapi Kaido sendirian – meskipun sempat ada pertarungan bersama-sama. Kedua, nilai buruan Kaido jauh lebih besar dari Big Mom dan Kaido sendiri adalah sosok paling kuat dan “mahal” di dunia, yang artinya nilai buruan Luffy setidaknya harus berada di angka 4 miliar Belly. Sedangkan, untuk Law dan Kid, nilai tersebut mungkin terlalu besar. Mungkin di angka 1-2 milliar Belly masih bisa masuk akal.

Tenguyama Adalah Kozuki Sukiyaki

Salah satu fakta epik yang muncul di chapter 1053 adalah terungkapnya informasi yang sebenarnya mengenai Tenyuama Hitetsu. Dia bukanlah sosok biasa. Ternyata dia merupakan sosok Kozuki Sukiyaki yang menyamar. Menurutnya, dia sengaja menyamar menjadi Tenguyama untuk menutupi kesalahannya yang sudah membuat Orochi mampu untuk berkuasa dan mengubah Wano menjadi neraka.

Sukiyaki sempat terjebak dan terkurung di bawah istananya. Dan untuk mengisi kekosongan, dia pun membuat boneka kokeshi. Selain itu, ternyata, membuat pedang  merupakan hobi semata meskipun dia sangat ahli dalam melakukan hal tersebut. Namun, yang menarik adalah bagaimana Sukiyaki berhasil kembali menemukan arti hidupnya disaat dia hendak mengakhiri hidup. Sayangnya, sebelum Sukiyaki menjelaskan hal itu, Robin memotong pembicaraan dengan membahas Pluton.

BACA JUGA: Film One-Punch Man Gandeng Sutradara Fast Furious!

Lokasi Pluton Terungkap di One Piece 1053

Robin dengan tegas bertanya kepada Sukiyaki tentang keberadaan Pluton di Wano. Dia menjelaskan bahwa Poneglyph yang ada di Alabasta tertulis bahwa lokasi Pluton ada di Wano. Dan Sukiyaki pun kemudian menegaskan bahwa memang Pluton ada di Wano. Hal tersebut seolah mengonfirmasi teori yang berkembang sebelumnya mengenai alasan mengapa klan Kozuki menutup perbatasan Wano.

Dalam artikel sebelumnya pun sempat ada pembahasan mengenai kemungkinan Pluton ada di tanah Wano, dan menjadi alasan mengapa Wano menjadi negara tertutup. Beberapa petunjuk seperti cuaca ekstrem dan berbagai hal lainnya mendukung spekulasi bahwa Pluton kemungkinan ada kaitannya dengan pengendalian cuaca. Mungkin, kedepannya kita akan mendapatkan informasi lebih mengenai Pluton.

Ryokugyu dan Buster Call

Setelah sekian lama menjadi misteri, akhirnya sosok admiral misterius Green Bull alias Ryokugyu muncul secara fisik. Dari informasi yang muncul di chapternya, nama asli dari Green Bull sendiri adalah Aramaki. Dan dia memang ternyata memiliki kekuatan buah iblis, di mana dia mampu menciptakan tanaman dan juga menyerap nutrisi atau cairan dari orang lain atau benda lainnya.

Akhirnya, kita pun tahu tentang alasan mengapa Ryokugyu tidak makan selama tiga tahun karena dia selalu mencuri nutrisi atau cairan milik orang lain. Dan yang juga menarik adalah kemungkinan Buster Call akan muncul di Wano. Hal ini setelah Green Bull menghubungi salah satu angkatan laut dan meminta kapal perang untuk pergi ke Wano. Tujuannya hanya satu yaitu memburu sosok Monkey D. Luffy.

BACA JUGA: One Piece: Ryokugyu Dalang Penangkapan Sabo?

Para penduduk Wano dan juga aliansi bajak laut Topi Jerami sedang merayakan pesta kemenangan mereka saat ini. Para penduduk dan semuanya bersuka ria menikmati malam tersebut. Namun, tanpa mereka sadari bahwa ancaman nyata masih ada. Dan ancaman tersebut sepertinya akan segera muncul dalam waktu dekat. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi selanjutnya pada chapter selanjutnya.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/